Apa itu tabulampot tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda.Tabulampot sendiri adalah proses penanaman tanaman buah di dalam pot. Cara yang satu ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin menanam tanaman buah, namun dengan lahan yang sempit atau terbatas.

Apa itu Tabulampot dari Definisi Lengkapnya Hingga Sejarahnya

Tabulampot menjadi solusi budidaya tanaman buah di dalam pot yang sudah populer dilakukan, terutama di perkotaan. Metode tabulampot dikenal sejak tahun 1970-an yang menjadi metode tanam dengan lahan yang terbatas.

Seiring dengan berjalannya waktu, metode penanaman ini semakin berkembang dari jenis pohon yang ditanam hingga penerapan teknologinya. Jika dulu metode ini diterapkan karena manfaatnya, kini tabulampot banyak diterapkan karena segi artistiknya. Banyak yang menanam tabulampot sebagai hobi.

Hingga kini, sudah ada banyak jenis tanaman yang ditanam di dalam pot dan bisa tumbuh subur. Meski demikian, tidak semua tanaman buah bisa tumbuh subur dengan metode tabulampot.

Beberapa jenis tanaman yang termasuk sulit berbuah dengan tabulampot antara lain adalah rambutan, kelengkeng, hingga manggis. Sedangkan jenis tanaman yang mudah berbuah dengan metode ini adalah tanaman sawo, jambu air, mangga, jeruk, dan juga sawo.

Apa Saja Kelebihan dari Tabulampot

Tabulampot banyak dibudidayakan sebagai penghias rumah, pekarangan, maupun hunian. Metode inipun menawarkan beberapa kelebihan bagi Anda pecinta tanaman buah, seperti yang berikut ini :

  • Dengan penggunaan pot sebagai media penanaman, maka tanaman bisa dipindahkan secara lebih mudah
  • Tanaman yang di tanam di dalam pot membuat lingkungan menjadi lebih nampak rapi
  • Bisa dijadikan sebagai penyegar ruangan
  • Perawatannya cukup mudah dilakukan
  • Tanaman buah akan menghasilkan buah-buahan segar yang bisa dijual atau bisa juga dikonsumsi sendiri

Dengan beberapa kelebihan di atas, maka tidak heran jika tabulampot buah banyak dipilih untuk dibudidayakan. Sistemnya pun mudah diterapkan bagi siapa saja.

Apa Saja Manfaat dari Tabulampot

Selain menawarkan kelebihan di atas, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat dari proses penanaman tanaman buah ke dalam pot, seperti yang berikut ini :

  • Tabulampot buah bisa membuat halaman rumah mejadi lebih menarik dan juga asri, sehingga penghuni rumah bisa lebih betah saat berada di hunian
  • Mampu menjadi tanaman hias sekaligus sumber nutrisi dari buah-buahan yang dihasilkan
  • Cocok bagi Anda yang memiliki lokasi lahan terbatas karena areal tanam yang tidak terlalu luas
  • Perkembang biakan tanaman yang tidak merusak area pekarangan

Cara Budidaya Tabulampot

Tabulampot memberikan tantangan bagi pecinta tanaman, dimana mereka harus mengembangbiakan tanaman di dalam pot dan bukannya di lahan luas yang semestinya. Cara budidaya tabulampot sendiri sebaiknya dilakukan dengan teknik yang benar, agar tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah secara optimal.

Berikut ini adalah cara membudidayakan tanaman di dalam pot yang bisa Anda coba :

  • Menyiapkan Bibit Tanaman

Agar tanaman yang dikembangkan biasakan di pot bisa berhasil, ada baiknya memilih jenis bibit yang baik dan berkualitas. Untuk dijadikan sebagai tanaman tabulampot, sebaiknya dicari dari bibit hasil perbanyakan vegetatif.

Vegetatif sendiri adalah bibit yang didapatkan dari hasil okulasi dan penyambungan atau cangkok. Anda bisa membelinya dengan mudah untuk menjamin kualitasnya.

  • Menyiapkan Media Tanam

Ada banyak jenis media tanam yang bisa digunakan. Meski demikian, media tanam yang dipilih sebaiknya bisa menyimpan air dan juga memasok nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk berkembang.

Beberapa media tanam yang digunakan bisa beragam seperti halnya campuran tanah, kompos, dan juga arang sekam. Selain itu, bisa juga dari pupuk kandang, campuran tanah, dan sekam padi. Media ini pun bisa Anda beli jika dirasa sudah untuk membuatnya sendiri.

Jika sudah, Anda bisa mulai menyiapkan pot sebagai wadahnya dan pastikan pot tersebut memiliki kaki yang memisahkan pot dengan tanah di bawahnya. Pot yang digunakan bisa terbuat dari jenis bahan yang beragam, mulai dari pot dari tanah, kayu, atau pot dari semen.

  • Mulai Penanaman

Anda bisa memulai langkah penanaman, dengan mengikuti cara yang berikut ini :

  • Siapkan media tanam lalu ayak dan buang kerikilnya
  • Siapkan pot sesuai dengan ukuran tanaman yang akan dibudiyakan
  • Letakkan pecahan genteng di dasar pot lalu letakkan juga lapis ijuk
  • Isi dengan media tanam sampai dengan setengah tinggi pot
  • Pangkas sebagian daun atau batang bibit agar penguapan berkurang
  • Siram dengan air agar tetap lembab
  • Simpan tabulampot di tempat yang teduh baru ketakkan di tempat terbuka setelah 1 minggu

Bibit yang sudah dijadikan sebagai tanaman tabulampot, jangan dibiarkan begitu saja. Rawat tabulampot dengan cara melakukan penyiraman dan juga pemupukan agar tanaman bisa semakin berkembang dan subur. Perawatan tanaman tentunya disesuaikan dengan jenis tanaman yang dikembangkan biakan.

10 Contoh Jenis Buah yang Bisa Dibudidayakan dengan tabulampot

Bagi Anda yang tertarik dengan apa itu tabulampot, ada baiknya untuk menyimak jenis tanaman yang sudah sering dijadikan tabulampot, seperti jenis tanaman yang berikut ini :

1. Tabulampot Bluberry

Tanaman buah yang satu ini meski di kembangbiakan di dalam pot, namun tetap bisa tumbuh dengan produktivitas yang tinggi.

2. Tabulampot Jambu Biji

Meski memiliki batang yang kokoh, namun kini jambu biji sudah banyak yang dikembangkan di dalam pot.

3. Tabulampot Semangka

Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran 50 cm agar tanaman ini bisa tumbuh secara lebih maksimal. Semangka sebaiknya dirawat dengan baik terutama dengan diperhatikan penyiramannya karena tumbuh kembangnya dipengaruhi oleh ketersediaan air.

4. Tabulampot Jeruk Nipis

Ada juga jeruk nipis yang dimanfaatkan buahnya untuk membuat minuman hingga campuran ke dalam masakan. Tanaman ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan mudah untuk berbuah.

5. Tabulampot Anggur

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di lokasi yang memiliki suhu tinggi serta lembab. Selain itu keberadaan matahari juga menjadi penentu dari lebat tidaknya tanaman buah yang satu ini.

6. Tabulampot Stoberi

Tanaman buah yang satu ini bisa tumbuh, bahkan dengan ukuran pot yang kecil sekalipun. Pastikan tanaman stoberi mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

7. Tabulampot Tomat

Pecinta tomat bisa mengonsumsi tomat tanpa harus membeli dengan menjadikannya tanaman tabulampot. Tanaman tomat membutuhkan penyangga sebagai penopang pertumbuhannya.

8. Tabulampot Persik

Tanaman yang berasal dari daratan China ini memiliki bentuk yang unik dan dengan rasa yang manis. Tanaman ini juga cocok dibudidayakan di dalam pot karena memiliki varietas yag bisa tumbuh pendek.

9. Tabulampot Delima

Memiliki sistem perakaran yang pendek dan mudah ditumbuhkan di dalam pot. Namun, tanaman ini cenderung cukup lama hingga waktunya berbuah.

10. Tabulampot Jambu Air

Dibandingkan di tanam di tanah, kelebihan menggunakan pot untuk penanaman jenis tanaman jambu air adalah rasa buahnya yang lebih manis.

Tertarik untuk melakukan budidaya buah? Jika iya, Anda bisa menggunakan pupuk dan pestisida organik Nasa agar tanaman semakin subur dan jauh dari hama. Tersedia berbagai produk Agronasa lain yang tentunya bisa dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. gunakan dengan cara dan takaran yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal.