Produk olahan pisang ada banyak jenisnya. Pisang sendiri merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi secara langsung atau bisa juga diolah sesuai dengan selera. Pengolahan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari dikukus, direbus, digoreng, hingga jenis pengolahan yang lain.

Selain cocok untuk dikonsumsi pribadi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai komoditas untuk diperdagangkan. Jika tertarik, berikut ini merupakan 15 olahan produk dari bahan pisang yang bisa dicoba :

1. Keripik Pisang

Siapa sih yang tidak kenal dengan keripik pisang? Keripik pisang memiliki rasa yang gurih. Ada juga yang memiliki rasa manis dengan tambahan gula pada olahannya. Keripik pisang bisa dijual dengan cara mengemasnya menggunakan plastik dengan ukuran yag berbeda-beda.

Keripik pisang bisa dibuat dengan cara menyiapkan pisang lalu diiris tipis dan dijemur supaya kadar air di dalamnya berkurang. Produk keripik pisang sendiri mudah ditemukan dan sudah tersebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

2. Es Pisang Ijo

Olahan pisang yang satu ini disajikan dengan sensasi dingin yang membuat banyak orang ketagihan. Es pisang ijo banyak digemari, terutama oleh anak-anak karena rasanya yang enak dan membuat ketagihan.

Es pisang ijo memiliki rasa yang juga manis dengan adanya lumuran coklat sebagai topping. Cara membuat olahan dari pisang yang satu ini cukup mudah dan sering ditemui sebagai minuman dingin yang nikmat serta sehat.

3. Nugget Pisang

Nugget pisang dibuat dengan cara mencampurkan pisang dengan tepung terigu dan juga tepung roti. Produk yang satu ini banyak penggemarnya karena rasanya yang enak lengkap dengan berbagai macam jenis toping yang bisa dijadikan sebagai taburan. Menjadi salah satu jajanan kekinian, nugget pisang cocok untuk ide membuka usaha.

4. Manisan Pisang

Buah pisang juga bisa dibuat menjadi manisan pisang untuk kemudian diperjual belikan. Produk yang satu ini dibuat agar pisang bisa awet dan tahan lama untuk keperluan konsumsi. Bagi Anda yang tertarik menjadikan manisan pisang sebagai produk usaha, tidak perlu khawatir karena produk ini mudah dibuat.

5. Pisang Keju

Produk olahan pisang yang selanjutnya adalah pisang keju yang mudah dibuat. Untuk melengkapi produk yang dibuat, Anda juga bisa melengkapinya dengan berbagai toping di atasnya, seperti halnya susu dan juga cokelat.

Pisang keju memiliki banyak peminat dan bisa dijadikan sebagai salah satu produk jualan yang murah. Cocok dijual di sekolah-sekolah, kafe, atau bahkan di pinggir jalan. Anda bisa menyediakan beberapa toping sekaligus untuk mempercantik tampilan makanan sehat ini.

6. Bolu Pisang

Tidak ketinggalan, bolu pisang yang tentunya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kue yang satu ini cocok untuk dinikmati sembari ngeteh dan minum kopi. Anda juga bisa menyajikannya untuk para tamu yang datang ke rumah.

Selain digunakan untuk keperluan pribadi, Anda juga bisa membuka jasa pesanan pembuatan kue bolu. Untuk pembuatan kue yang satu ini, ada beberapa bahan baku yang perlu disiapkan mulai dari pisang, gula, telur, hingga tepung.

7. Es Pisang

Olahan yang satu ini merupakan olahan pisang lainnya yang disajikan dengan es batu dan air gula. Es pisang dilengkapi dengan toping yang cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan selera dari konsumennya. Ada meses, cokelat, hingga topping kacang yang bisa dicoba. Semakin lengkap toppingnya, maka potensi produk laris juga semakin besar.

Kelebihan menjadikan es pisang sebagai produk jualan adalah karena bahannya yang mudah dicari dan harganya yang murah. Cocok dikonsumsi oleh semua kalangan dengan rasanya yang membuat ketagihan.

8. Pie Pisang

Pie pisang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pie pisang dibuat dengan cara diberi tambahan berupa toping seperti halnya kismis, cokelat, keju, dan lain sebagainya. Pie pisang memiliki bentuk yang unik serta rasa yang lezat.

9. Kolak Pisang

Untuk jenis produk olahan pisang yang satu ini tentu sudah banyak orang yang tahu dan merasakannya. Kolak pisang merupakan salah satu sajian yang juga identik dengan bulan ramadhan.

Produk olahan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan isian yang cukup beragam. Anda bisa menambahkan kolang-kaling, ubi, hingga jenis bahan isian lainnya.

10. Lumpia Pisang

Cara membuat lumpia pisang cukup mudah yaitu dengan membungkus buah pisang dengan kulit lumpia. Selanjutnya, olahan tersebut bisa digoreng sampai kecoklatan. Produk olahan pisang yang satu ini juga bisa diberi tambahan yang berupa cokelat untuk menambah rasa yang enak dan juga manis.

11. Puding Pisang

Puding merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari terutama oleh anak-anak. Puding sendiri dibuat dari bahan dasar pisang dengan tekstur yang lembut di mulut. Agar semakin nikmat, Anda bisa melengkapi produk jualan yang satu ini dengan tambahan fla hingga jenis toping yang lain.

12. Pisang Goreng

Jajanan ini menjadi olahan pisang yang mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang murah meriah. Pisang goreng memiliki rasa yang enak, gurih, dan dipadu dengan rasa manis dari buah pisang yang digunakan. Pembuatan produk kuliner yang satu ini cukup mudah dilakukan dan dengan bahan yang sederhana. Selain  pisang, bahan yang digunakana dalah tepung dan air. Bisa dikatakan bahwa jajanan ini merupakan camilan yang merakyat di Indonesia.

13. Pisang Geprek

Pisang geprek diolah dengan cara digoreng. Bedanya dari pisang goreng adalah pengolahannya yang digeprek dulu supaya tipis, baru kemudian dimasukkan ke dalam penggorengan. Memiliki rasa yang manis dan bisa disantap setelah ditaburi dengan topping di bagian atasnya.

14. Roti Pisang

Selain bolu pisang, roti pisang merupakan produk olahan dari pisang yang tidak kalah enaknya. Jika tertarik menjual jenis makanan yang satu ini, Anda bisa mencampur pisang dengan tepung untuk kemudian diolah sesuai dengan resepnya. Memiliki rasa yang enak dan sudah banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

15. Banana Pancake

Banana pancake merupakan salah satu solusi bagi Anda yang tertarik membuat olahan pisang kekinian. Beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan produk ini adalah tepung terigu, pisang, telur, susu kentan, hingga meses cokelat.

Jadi produk olahan pisang mana yang Anda gemari? Jika tertarik ingin menjualnya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu dulu siapa target pasarnya dan darimana bahan bakunya.

Pastikan juga jika produk yang dimiliki memiliki rasa yang enak, sehingga mempu menarik banyak orang untuk berlangganan di usaha olahan pisang yang Anda miliki.

Untuk bahan baku pisangnya, Anda bisa membelinya. Selain itu, Anda bisa pula membudidayakan pohon pisang di halaman rumah atau pekarangan yang Anda miliki.

Pupuk dan pestisida organik Nasa merupakan solusi bagi Anda yang ingin menyuburkan tanaman serta membasmi hama yang datang. Anda bisa pilih sendiri produk dari Nasa yang dibutuhkan. tidak perlu khawatir, produk dari Nasa sendiri mudah untuk didapatkan.