Teknik tunas pada tumbuhan

Cara Stek pada Tumbuhan dan Contohnya

Teknik tunas pada tumbuhan merupakan salah satu cara memperbanyak tanaman yang ingin dibudidayakan. Dalam hal ini bibit tanaman yang dihasilkan memiliki pengaruh pada hasil buah yang berkualitas.

Semakin bagus bibit tanamannya, maka semakin unggul juga hasil panennya. Hal ini juga menjadi alasan kenapa bibit unggul lebih banyak dicari dan diperbanyak.

Pengertian dan Teknik Tunas pada Tumbuhan

Teknik tunas pada tumbuhan

Teknik tunas adalah reproduksi aseksual organisme yang baru tumbuh. Tunas biasanya muncul dari pangkal batang yang artinya terdapat di dalam tanah. Selanjutnya, tunas akan menjadi tumbuhan baru serta membentuk rumpun, sebagai contoh adalah jenis tanaman pisang, tebu, dan juga bambu.

Teknik ini dilakukan secara alami dan tidak ada bantuan atau campur tangan manusia di dalamnya. Hal ini juga disebut dengan vegetatif alami.

Contoh Tumbuhan yang Melakukan Vegetatif Alami

Teknik tunas pada tumbuhan dengan mudah

Ada beberapa teknik tunas yang bisa dilakukan pada tumbuhan. Beberapa teknik tersebut adalah :

  • Umbi lapis => umbi lapis seperti pelepah daun yang tipis serta berlapis-lapis. Di bagian atas umbi, biasanya tumbuh daun, sedangkan di bagian bawahnya tumbuh akar serabut yang membentuk cakram. Beberapa tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis, antara lain adalah bunga tulip, bunga bakung, bawang putih, dan lain sebagainya.
  • Umbi batang => Ada juga yang membentuk tunas baru dengan sistem umbi batang. Perkembangbiakan yang satu ini dengan menumbuhkan batang di dalam tanah. Untuk selanjutnya, batang tersebut akan mengembang lalu membentuk umbi. Umbi juga merupakan cadangan makanan yang disimpan dalam bentuk karbohidrat.
  • Umbi akar => Teknik yang selanjutnya dilakukan dengan sistem umbi akar. Perkembangbiakan yang satu ini dilakukan dengan akar yang menjadi tempat untuk menyimpan cadangan makanan. Sebagai contoh adalah tanaman lobak, wortel, tahlia, dan juga singkong.
  • Geragih => Ada juga stolon atau geragih. Sistem perkembangbiakan tanaman yang satu ini dilakukan dengan batang yang tumbuh secara mendatar di bagian permukaan tanah. Sedangkan bagian tumbuhan yang menyentuh tanah, nantinya akan tumbuh akar. Beberapa tanaman dengan cara tunas ini adalah arbei, stoberri, dan juga rumput.
  • Tunas adventif => Tunas ini tumbuh di tepi daun atau bisa juga di bagian akar. Salah satu jenis tanaman yang berkembang dengan sistem ini adalah cocor bebek. Cara memperbanyak tanaman ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa meletakkan daun cocor bebek di atas tanah lalu tunggu beberapa waktu dan akan muncul tunas yang baru.
  • Spora => Spora sendiri adalah sel yang terbungkus oleh lapisan tipis yang berperan sebagai pelindungnya. Beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah tumbuhan paku, lumut, dan juga suplir.
  • Rizoma => Adalah akar tinggal atau rimpang. Dalam perkembangbiakan yang satu ini, batang bisa tumbuh menjalar di permukaan ataupun bisa juga di dalam tanah. Beberapa contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini antara lain adalah lengkuas, kencur, jake, dan juga kunyit.

Selain menggunakan teknik tunas pada tumbuhan, ada juga langkah perbanyakan bibit tanaman dengan cara mencangkok, stek, hingga okulasi.

Ada beberapa cara memperbanyak tanaman yang bisa dilakukan. Jika bibit tanaman baru sudah muncul dan berkembang, Anda juga harus memperhatikan pupuknya. Pemilihan pupuk sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pupuk dari PT Nasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...