Cara Stek Tanaman dan Tumbuhan Menggunakan Daun, Batang juga Akar

Teknik stek pada tumbuhan dilakukan dengan menggunakan potongan dari tubuh tumbuhan. Langkah ini bisa dilakukan karena sifat totipotensi, yang mana satu sel bisa membelah dan menjadi sel yang lain. Dengan demikian, potongan dari tubuh tumbuhan tersebut bisa membentuk akar dan batang yang baru.

Cara ini juga telah banyak dipraktekkan dan menghasilkan tumbuhan baru sesuai dengan harapan petani. Cara stek sendiri cukup mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya.

Teknik Stek pada Tumbuhan dengan Batang

cara membuat stek

Tertarik melakukan stek pada tanaman? Kenali dulu langkah melakukan stek yang mudah dilakukan dengan memanfaatkan batang dari tumbuhan. Teknik stek pada tanaman dengan batang merupakan cara yang sederhana yang mudah dicoba.

Jika tertarik, Anda bisa memilih batang yang sudah berumur tua untuk ditanam. Jika tanaman yang akan distek adalah tanaman dengan ukuran pendek, seperti rempah-rempah, Anda bisa melakukan stek batang dengan jarak seruas jari dari bagian pucuknya.

Sedangkan, untuk tanaman yang tinggi, bisa diambil satu lengan batang dari bagian pucuk. Sebagai contoh adalah saat melakukan stek pada tanaman singkong. Cara yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan memilih bibit tanaman yang subur dan sudah berusia sekitar 10 bulan. Pilih juga yang memiliki batang besar dengan mata tunasnya yang rapat
  • Potong dengan cara miring dengan ukuran 20 cm
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih lokasi untuk melakukan pengembangan tumbuhan di tanah yang subur dan tidak becek.
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman yang mencapai 10an meter. Masukkan batang singkong dan timbun bibit dengan tanah. Jangan lupa untuk memadatkan tanah secara perlahan
  • Anda bisa melakukan penyiraman secara teratur.

 

Teknik Steak pada Tumbuhan dengan Daun

Teknik stek pada tumbuhan

Selain batang, Anda juga bisa menggunakan daun untuk dijadikan salah satu cara mengembangkan tumbuhan yang baru. Sama dengan batang, cara yang satu ini juga cukup mudah untuk dipraktekkan. Jika tertarik, Anda bisa memilih daun yang bewarna hijau segar. Hindari yang layu karena akan sulit untuk tumbuh nantinya.

Sebagai contoh, Anda bisa melakukan cara stek pada tumbuhan dengan daun cocor bebek. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama adalah dengan memilih beberapa lembar daun cocor bebek dengan warna tua dan segar. Selanjutnya, lakukan penyemaian dengan cara menanam daun yang sudah dikumpulkan. Pilih tanah yang gembur. Jangan lupa dicampur dengan pupuk kandungan.
  • Pastikan untuk menjaga kelembapan dari daun coro bebek yang Anda jadikan bibit untuk melakukan stek. Supaya tidak kering, Anda bisa membungkusnya dengan plastik dan jauhkan dari paparan langsung sinar matahari.
  • Tunggu selama kurang lebih 3 minggu dan daun cocor bebek yang ditanam akan mulai muncul akarnya.
  • Jika sudah berusia 5 bulanan, baru Anda bisa memindahkannya

Selain daun dan batang, Anda juga bisa melakukan steak pada akar. Cara yang dilakukan juga sama mudahnya dan jangan lupa untuk menyiapkan media tanam yang berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos.

Ada beberapa teknik stek pada tumbuhan yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan bibit tanaman yang baru. Anda bisa sesuaikan sendiri dengan jenis tanaman yang hendak dikembangkan.

Untuk membuat tanaman menjadi lebih subur dan tentunya mampu menghasilkan bibit untuk stek yang berkualitas, Anda bisa memanfaatkan pupuk organik Nasa. Kami menyediakan pupuk terbaik untuk segala jenis tanaman yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...