Teknik okulasi pada tumbuhan

Cara Okulasi pada Tumbuhan dan Manfaatnya

Teknik okulasi pada tumbuhan adalah suatu cara yang dilakukan untuk membiakkan tanaman secara vegetatif dengan menempelkan mata tunas dari tanaman ke tanaman. Langkah ini memiliki tujuan untuk menggabungkan sifat baik dari masing-masing tumbuhan yang diokulasi sehingga bisa mendapatkan jenis tanaman yang berkualitas

Ada dua cara okulasi yang bisa dilakukan yaitu cara okulasi tradisional dan cara okulasi hijau. Keduanya tentu memiliki tujuan dan kelebihannya masing-masing.

Teknik Okulasi pada Tumbuhan yang Mudah Dilakukan

bentuk teknik okulasi

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan teknik okulasi pada tanaman, seperti yang berikut ini:

  • Mengiris batang bawah => Langkah pertama adalah dengan mengiris batang bawah. Hindari mengiris terlalu dalam agar bagian kayunya aman. Karena jika dilakukan secara sembarangan, langkah ini bisa menyebabkan okulasi menjadi gagal. Selain itu, pastikan untuk membuat jendela okulasi berlawanan dengan arah matahari.
  • Ambil mata tunasnya => Teknik okulasi tumbuhan yang selanjutnya adalah dengan cara mengambil mata tunas atau mata tempel.
  • Menempelkan mata tunas => Jika sudah, Anda bisa melakukan penempelan mata tunas. Caranya adalah dengan menyisipkan atau menempelkan mata tunas di bagian jendela okulasi yang sudah Anda buat di tahapan pertama. Jaga kebersihan di bagian kambium agar tidak mengganggu penyatuan dari penempelan yang dilakukan.
  • Ikat tempelan => Cara yang berikutnya adalah dengan mengikat tempelan. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan jenis plastik polianil khlorida. Untuk tali ukuran panjang tali pengikatnya adalah 20 cm dan lebar berkisar 1,5 cm. Adapun ketebalannya adalah berkisar 0,1 mm. Jangan mengikat mata tunas terlalu erat, agar tidak rusak.
  • Buka ikatan => Setelah kurang lebih berumur 1 bulan, Anda bisa membuka ikatannya. Jika mata tempel atau mata tunas menunjukkan warna yang hijau dan melekat di bagian batang bawah, okulasi yang Anda lakukan bisa terbilang berhasil. Namun, jika warna yang nampak adalah hitam atau hijau kemerahan, maka okulasi gagal.
  • Potong batang bawah => Cara selanjutnya adalah dengan memotong batang bawah. Anda bisa melakukan pemotongan sekitar 1 cm di atas mata tempel dengan bentuk potongan yang miring ke belakang. Hal ini dilakukan agar tempelan tidak terkena air hujan. Segera tutup agar tidak terjadi infeksi di bagian bekas potongannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan perbanyakan tanaman, maka bisa mencoba teknik okulasi di atas. Bagi pemula pun, teknik ini mudah dilakukan pada beberapa jenis tanaman.

anda juga bisa mencoba teknik cangkok pada tumbuhan atau teknik stek untuk proses pengembangbiakan tumbuhan yang sedang anda tana,

Manfaat Melakukan Okulasi pada Tumbuhan

manfaat teknik okulasi pada tanaman

Ada beberapa manfaat okulasi yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang melakukan teknik okulasi tersebut. Beberapa manfaat okulasi, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tanaman lebih seragam => Manfaat melakukan okulasi yang pertama adalah dengan membuat tanaman dengan sifat yang lebih seragam. Okulasi bisa menghasilkan tanaman yang memiliki sifat identik dengan tanaman induknya. Alhasil, tanaman juga akan lebih seragam.
  • Perkembangbiakan yang lebih cepat => Manfaat yang selanjutnya adalah proses pembuahan dan perkembangbiakan yang cepat. Proses okukasi bisa membuat perkembangbiakan menjadi lebih cepar karena pengaruh dari tanaman induk. Dengan sifat induk yang unggul, tanaman yang di okulasi juga akan memiliki sifat demikian.
  • Produktivitas tanaman meningkat => okulasi juga membuat produktivitas dan kualitas dari tanaman menjadi lebih meningkat dan menguntungkan.

Teknik okulasi pada tumbuhan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin melakukan pembibitan dengan mudah. Selanjutnya, untuk membuat tanaman menjadi lebih subur, Anda juga bisa memanfaatkan produk dari PT NASA. Kami memiliki beragam jenis pupuk hingga pestisida yang cocok untuk menyuburkan tanaman ladang hingga perkebunan. Ada banyak produk yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...