Alasan Mengapa Anda Harus Bertanam Tanaman Hidroponik dan Tips Bagaimana Memilih Benih Yang Baik

Tanaman Hidroponik sangat direkomendasikan bagi petani yang ingin menghasilkan panen dengan kualitas baik. Selain tumbuh dengan baik, tanaman ini pun menjadi sangat menarik karena lebih bersih dan terlihat segar.

Keuntungan Budidaya Tanaman yang bisa Anda Rasakan

Tanaman Hidroponik mudah

Ada beberapa alasan mengapa bertanam secara hidroponik sangat direkomendasikan. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus bertanam dengan metode hidroponik:

  1. Merupakan alternatif dari lahan yang terbatas

Metode bertanam secara hidroponik ada sebagai salah satu alternatif dari keterbatasan lahan. Biasanya keterbatasan lahan banyak ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Dengan bertanam secara hidroponik, maka sayuran pun dapat tumbuh dengan baik di lahan yang terbatas dan padat dengan panduduknya. Bertanam hidroponik juga dapat dilakukan sepanjang tahun, sehingga hasil panen nya pun akan lebih stabil. Perawatan hidroponik pun juga cukup mudah, karena lahan untuk bertanam juga bersih serta steril.

  1. Ramah lingkungan

Bertanam secara hidroponik juga sangat ramah lingkungan, karena Anda pun tidak perlu memakai pestisida dan herbisida beracun. Sehingga hal ini pun tentunya ramah lingkungan dan panen yang dihasilkan juga akan lebih sehat.

Selain itu, bertanam dengan metode hidroponik juga akan menghasilkan panen yang berkualitas baik serta bebas dengan adanya bahan kimia. Bertanam secara hidroponik juga cenderung membutuhkan air yang lebih sedikit. Fungsi air disini hanya sebagai perantara nutrisi bagi kebutuhan tanaman (sirkulasi).

  1. Tanaman cenderung lebih cepat tumbuh

Pertumbuhan pada tanaman hidroponik bisa sangat cepat sekali, yaitu sekitar 50% jika dibandingkan dengan tanaman biasa. Hal ini disebabkan karena pada tanaman hidroponik langsung memperoleh nutrisi makanan dari air yang tentunya kaya dengan nutrisi.

Hal ini juga menyebabkan akar pada tanaman tidak tumbuh terlalu besar karena mencari nutrisi. Sehingga energi yang dibutuhkan pada akar akan cenderung lebih sedikit. Sedangkan sisanya bisa disalurkan ke beberapa bagian tumbuhan lain.

Beberapa alasan di atas bisa menguatkan keputusan Anda untuk menggunakan metode bertanam secara hidroponik. Metode ini sangat cocok sekali diterapkan di kota-kota besar.

Cara Memulai Bertanam Hidroponik yang Mudah

Tanaman Hidroponik

Memulai bisnis hidroponik merupakan ide yang bisa Anda terapkan. Sebelum Anda memutuskan untuk bertanam secara hidroponik, maka ketahui dulu caranya :

  1. Pilih benih dengan kemasan berkualitas

Pastikan bahwa Anda memilih benih yang bagus, dimana kemasan benih tersebut tersegel dengan baik dan tidak rusak. Setelah selesai mengecek kemasan benih, Anda bisa mengecek tanggal kadaluarsa nya.

Sebaiknya memilih benih yang memiliki tanggal kadaluarsa yang jauh, sehingga Anda bisa memiliki waktu untuk menanamnya. Dan tanam benih tersebut sebelum masa kadaluarsa habis.

  1. Temukan toko atau kios pertanian yang profesional

Sebelum memutuskan untuk membeli benih maupun nutrisi, sebaiknya cek terlebih dahulu mengenai kemasannya. Pastikan juga bahwa kemasan benih tersebut asli dan tidak abal-abal serta tidak dipacking ulang.

Benih kemasan yang sudah dipacking ulang biasanya akan beresiko menimbulkan penyebaran bibit penyakit. Anda juga harus memastikab bahwa kemasan benih tersebut bukan palsu, karena bibit yang asli biasanya terjamin dari pihak toko nya.

  1. Pilih benih berukuran seragam

Benih yang baik memiliki ukuran yang seragam karena telah melalui proses seleksi yang baik. Selain berukuran seragam, benih yang baik juga harus terlihat baik tanpa cacat atau lubang.

Peggunaan benih yang berkualitas juga akan memberikan hasil panel yang optimal serta tahan terhadap gangguan hama. Sehingga harga untuk hasil panen pun juga akan tinggi.

Bagi Anda yang berminat untuk bertanam dengan metode hidroponik, maka Anda bisa memulainya terlebih dahulu dengan bibit nya. Pastikan untuk menggunakan bibit tanaman hidroponik yang berkualitas serta terjamin hasil panennya di tempat kami. Harga yang kami tawarkan pun terjamin murah dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...