tanaman hias buah

6 Contoh Tanaman yang Bisa Digunakan Sebagai Penghias Pekarangan Rumah

Untuk sebuah halaman rumah yang luas, tentunya akan semakin cantik jika menambahkan tanaman hias buah di sekitar halamannya. Selain bisa mempercantik halaman, tentunya tanaman hias tersebut bisa menghasilkan buah untuk dikonsumsi. Pemilihan tanaman hias sendiri harus diperhatikan dengan kondisi halaman pemilik rumah.

Terdapat beberapa contoh tanaman yang bisa digunakan sebagai penghias dari pekarangan rumah. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Tomat Ceri

tanaman buah tomat cery

Pertama, ada tanaman tomat ceri. Tanaman yang satu ini cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Selain bentuk tomatnya yang kecil-kecil, tanaman ini juga menjulur bersama dedaunannya. Sehingga, akan lebih terlihat cantik ketika memang digantung. Untuk alternatif di pekarangan rumah, Anda bisa membuat kerangka bambu seperti untuk buah anggur, tapi lebih kecil.

Nantinya, di kerangka tersebut bisa disimpan pot-pot tanaman kecil untuk buah tomat ceri.

Selain itu, Anda juga bisa menanamnya di sekitar pagar rumah, lalu memberikan peyangga terhadap tanaman hias buah tersebut. Ketika sudah musim panen, maka pekarangan rumah akan terlihat lebih indah dengan warna merah dari buah tomat ceri yang sudah matang.

2. Naga Mini

tanaman hias buah mini

Buah naga mini juga bisa dimanfaatkan sebagai penghias untuk pekarangan rumah. Meskipun ukurannya lebih kecil dari tanaman buah naga yang biasanya, tapi buah naga ini memiliki khasiat yang sama. Khasiat dari buah naga sendiri adalah untuk menstabilkan kadar gula darah dan melancarkan pencernaan. Batang dari buah ini memiliki warna hijau dan berduri. Sementara buahnya memiliki warna pink keunguan. Perpaduan warna ini, akan membuat pekarang rumah terlihat lebih indah.

3. Jeruk Nagami

tanaman hias jeruk nagami

Tanaman hias buah lainnya yang bisa digunakan sebagai penghias pekarang rumah adalah jeruk nagami. Biasanya, jenis jeruk ini sering dipakai untuk acara Imlek. Jeruk nagami sendiri memiliki pohon yang pendek dengan buah sangat rimbun. Menariknya, pohon ini sangat sering berbuah. Pekarangan rumah akan lebih indah dengan perpaduan warna hijau dari daun dan warna orange dari jeruk itu sendiri. Selain itu, jeruk nagami pun kaya akan kandungan vitamin.

4. Buah Blackberry

tanaman hias blackberry

Blackberry juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias buah sebagai penghias di pekarangan rumah. Untuk memanfaatkannya sebagai tanaman hias, blackberry bisa ditanam pada pot kecil dengan perawatan khusus. Selain penyiraman rutin, tanaman ini juga memerlukan penyinaran matahari full dan memerlukan media tanam humus. Kandungan anti-oksidan dalam tanaman ini cenderung tinggi.

5. Cabe Warna-Warni

cabe warna warni

Jika biasanya warna cabe cenderung hijau atau merah, maka tanaman cabe yang satu ini memiliki warna beragam. Sehingga, cocok sebagai penghias untuk pekarangan rumah. Cabe warna-warni ini berasal dari Amerika Selatan. Perubahan warna dari cabe tersebut terjadi dari cabe muda ke tua. Biasanya, perubahan yang terjadi adalah warna ungu, kuning, orange dan merah. Sehingga, membuatnya memiliki warna beragam.

6. Pohon Buah Zaitun

buah zaitun dalam pot

Terakhir, tanaman hias buah yang bisa dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah adalah pohon buah zaitun. Tanaman ini bisa di tempatkan di dalam atau luar ruangan. Pohon zaitun sendiri memiliki daun yang kecil dan tidak tumbuh lebat. Sementara, batang dan rantingnya terlihat lebih ramping. Karakteristik dari pohon buah zaitun tersebut akan sangat cocok ketika ditanam pada pot kecil.

Untuk membuat tanaman hias buah menjadi subur dan bebas dari hama bisa menggunakan pupuk dan pestisida organik Nasa yang berkualitas. Ada banyak jenis produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat