tanaman hias untuk akar

6 Contoh Tanaman Hias Akar yang Cocok Digunakan Sebagai Penghias Pekarangan Rumah

Berbagai tanaman hias sering dicari orang-orang untuk sekadar menghias pekarangan rumah atau di dalam rumah. Salah satu jenis tanaman hias yang bisa dipilih adalah tanaman hias akar. Tanaman yang satu ini akan lebih subur ketika diberi pupuk dan pestisida organik Nasa. Selain keindahan yang tercipta dari akarnya, tanaman hias ini juga memiliki bentuk, daun dan warna bunga cantik.

Ada beberapa contoh dari tanaman hias yang dimaksud. Apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Bougenville Bonsai

tanaman bonsai

Pertama ada bougenville bonsai. Tanaman hias yang satu ini dikenal dengan nama tumbuhan bunga kertas. Bunga dari tanaman ini memiliki warna yang cerah dan cantik, sehingga cocok digunakan sebagai penghias pekarangan rumah. Biasanya, akar dari tumbuhan ini bisa dikreasikan dan dimunculkan di atas permukaan tanah. Tentunya, akar tersebut bisa dibuat bentuk yang unik dan menarik.

2. Kamboja Jepang

bonsai kamboja

Tanaman hias bentuk akar yang selanjutnya adalah tanaman kamboja Jepang. Tanaman yang berasal dari Afrika ini hidup pada habitat gurun pasir kering. Sehingga, masyarakat sering menyebutnya sebagai mawar padang pasir. Salah satu tempat asal dari bunga ini adalah di Kota Aden, yang merupakan Ibu Kota Yaman.

Sebenarnya tidak ada asal usul yang menyebut bunga ini berasal dari Jepang. Hanya saja, karena memang sudah dikenal dengan nama tersebut, orang-orang pun lebih mengenalnya dengan sebutan kamboja Jepang. Akar dari tanaman ini memiliki ukuran yang besar dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan air.

3. Karet Kebo

tanaman kebo karet

Selanjutnya ada tanaman hias akar karet kebo yang memiliki spesies Ficus elastica. Tanaman ini berasal dari Myanmar, Indonesia, Bhutan, timur lautIndia, Nepal, Malaysia dan Yunnan (China). Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias, ketika dibuat bonsai. Akar dari tanaman bisa tumbuh dengan baik, meskipun sudah dipotong-potong untuk dibuat bentuk yang indah.

4. Acer palmatum

tanaman hias akar

Selanjutnya ada Acer palmatum. Tanaman hias yang satu ini memiliki banyak nama, seperti maple palatum, maple Jepang, maple Jepang halus, dan maple kaisar merah. Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman kayu yang berasal dari Jepang, Rusia Tenggara, China, Mogolia Timur dan Korea. Selain akarnya yang bisa dibentuk bonsai, bentuk dan warna pada daunnya pun sangat menarik. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai penghias pekarangan rumah.

5. Tanaman Sinyo Nakal

tanaman pangakas nakal

Tanaman hias selanjutnya memiliki nama Sinyo Nakal. Tanaman yang satu ini sejenis perdu hias. Warna dari daun ini adalah kuning cerah sampai hijau pekat. Tidak heran, banyak orang yang menyebutnya sebagai teh-tehan. Sementara bunganya memiliki warna biru sampai ungu dengan rona merah. Buahnya sendiri berbentuk bulat kecil dengan warna kuning atau hijau ketika muda. Namun, buah tersebut beracun.

6. Ficus microcarpa

tanaman hias akar cantik

Terakhir, tnaman hias akar yang bisa digunakan sebagai penghias pekarangan rumah adalah Ficus microcorpa. Tanaman yang satu ini memiliki julukan bermacam-macam, seperti beringin China, Gajumaru (Jepang), laurel India, ara tirai dan beringin melayu. Untuk menciptakan pekarangan rumah yang teduh bisa menggunakan tanaman ini, karena ukurannya yang besar. Namun, seiring berjalannya waktu, tanaman ini bisa dibonsai dengan ukuran kecil.

Itulah beberapa tanaman hias akar yang bisa digunakan sebagai penghias pekarangan rumah. Selain memang digunakan sebagai pohon peneduh, bisa juga dibuat bonsai yang indah. Tergantung dari keinginan pemilik rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat