super nasa organik

Pupuk Supernasa Organik untuk Perkembangan Tanaman

Setiap tanaman yang dibudidayakan membutuhkan unsur hara untuk perkembangannya, salah satu jenis pupuk yang dapat digunakan adalah Super Nasa Organik. Seperti apakah jenis pupuk yang satu itu? Apa sajakah fungsi dan kegunaannya bagi tumbuhan yang sedang dibudidayakan? Dan bagaimana cara pemanfaatan pupuk NASA yang satu itu?

Apa Itu Super Nasa Organik Bagi Budidaya Tanaman?

super nasa organik bagi tanaman

Apa yang Anda ketahui mengenai Super Nasa Organik bagi pertumbuhan tanaman yang sedang dibudidayakan? Supernasa adlah salah satu pupuk organik padat yang diproduksi oleh PT. Natural Nusantara.

Pupuk yang satu ini dibuat berdasarkan formula yang alami (organik) supaya dapat memperbaiki kerusakan tanah, baik secara khemis yang menyediakan semua unsur hara essensial bagi tanaman, fisik dengan cara menggemburkan, maupun secara biologis untuk membantu perkembangan mikroorganisme tanah bermanfaat bagi tanaman.

Pupuk Super Nasa Organik ini dapat mengurangi jumlah penggunaan pupuk NPK kimia, yaitu urea, SP-36, dan KCl. Tidak hanya itu, pupuk ini juga berguna untuk starter pertumbuhan pada tanaman karena mengandung unsur:

  • Total => (N+P2O5+K2O) 8.60, C Organik 30.27, Zn 41.04 ppm, Cu 8.43 ppm, Mn 80.12 ppm, Co 12.77 ppm, Fe 0.45 ppm, Ca 1.46%, S 1.43%, Mg 0.4%, Cl 1.27%, Na 0.11%, Si 0.3%, Al 0.11%, NaCl 2.09%, So4 4.31%, pH 7.84, C/N ratio 12.36%, Lemak 0.07%, Protein 16.69, Karbohidrat 1.01%.)
  • Asam Humat 1.29%, Kadar Air 28.23%
  • Bebas Logam Berat (Pb, Cd, Hg, As)
  • Bebas Mikroba (E.Coli, Salmonella)

 

Fungsi Utama dan Fungsi Lain dari Super Nasa Organik

manfaat super nasa organik

Super Nasa Organik ini diformulasikan khusus untuk tanaman untuk melakukan fungsinya, di antaranya:

1. Fungsi Utama

Salah satu fungsi utaman pupuk yang satu ini adalah untuk memperbaiki lahan yang rusak. Bagaimana cara Super Nasa Organik tersebut melakukan perbaikan lahan tempat tanaman tumbuh?

  • Dengan meningkatkan kesuburan fisik, salah satunya untuk memperbaiki tanah yang keras berangsur-angsur menjadi gembur.
  • Dengan meningkatkan kesuburan khemis, yaitu untuk memberikan semua jenis zat hara, yaitu unsur makro dan unsur mikro lengkap bagi tanaman yang dibudidayakan.
  • Dengan meningkatkan kesuburan biologis pada tanaman, salah satunya untuk membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.

Selain itu, pupuk NASA yang satu ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah penggunaan pupuk NPK kimia sekitar 25% hingga 50%.

2. Fungsi Lain

Fungsi lain dari pupuk Supernasa Organik ini antara lain:

  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman yang dibudidayakan.
  • Dapat melarutkan sisa-sisa pupuk kimia yang ada di dalam tanah. Hal ini akan memberikan manfaat untuk tanaman sehingga dapat digunakan untuk tanaman kembali.
  • Mampu memacu dan merangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu, pupuk tersebut juga dapat meningkatkan pembungaan dan pembuahan.
  • Dapat mengurangi kerontokan bunga dan buah tanaman yang dibudidayakan.

 

Bagiamana Cara Menggunakan Pupuk Super Nasa Organik Ini?

penggunaan super nasa organik

Berikut ini adalah cara pengaplikasian pupuk Sper Nasa Organik pada tanaman yang dibudidayakan:

  • Satu botol Super Nasa Organik diencerkan dalam 3 liter air atau skeitar 3000 cc) untuk dijadikan larutan induk.
  • Kemudian, setiap 50 liter / 50.000 cc air ditambahkan sekitar 200 cc (kurang lebih 1gelas) larutan induk tadi untuk disiramkan¬† atau dikocorkan pada air tersebut.
  • Bisa juga dengan mencampurkan pupuk tersebut dengan berbagai jenis pupuk makro yang sudah disediakan sebelumnya.

Banyak sekali manfaat dari Pupuk NASA yang satu ini bagi pertumbuhan. Selain itu cara pengaplikasian pupuk tersebut cukup mudah dan tidak rumit. Pupuk yang satu ini sangat cocok dan sangat direkomendasikan bagi para petani yang sedang berusaha meningkatkan produktivitas dari tanaman yang dibudidayakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese