pupuk za

Apa Manfaat serta Kandungan dalam Pupuk Za Itu?

Pupuk ZA ini merupakan salah satu produk pupuk kimia atau pupuk anorganik buatan yang pada dasarnya sengaja dibuat untuk memberikan kebutuhan tambahan unsur hara nitrogen maupun belerang pada tanaman. Penamaan ZA pada jenis pupuk yang satu ini merupakan singkatan dari istilah yang berasal dari bahasa Belanda, yakni Zwavelzure Ammoniak. Jenis pupuk yang satu ini juga sering digunakan para petani dalam merawat tanaman yang sedang dibudidayakan.

Apa Saja Kandungan dari Pupuk ZA?

kandungan pupuk za

Pupuk Za sering digunakan karena mengandung berbagai macam unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman yang sedang dibudidayakan. Secara umum, jika dari bentuknya pupuk yang satu ini  dapat dikenal segi yaitu sejenis kristal yang kecil dengan warna yang beragam sekali. Warna-warna pupuk yang satu ini  ada yang warna abu-abu, putih, kuning bahkan juga biru keabu-abuan.

Sifat dari pupuk tersebut yang juga mesti Anda ketahui selanjutnya adalah ternyata mampu menarik uap air yang berada dalam kelembaban ruang sekitar 80% dengan suhu kurang dari 30 derajat celcius.

Lalu, apa saja kandungan yang terdapat dari pupuk yang satu ini? Berikut adalah beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang ada dalam pupuk ZA:

  • Belerang atau Sulfur (S) sekitar 24%
  • Nitrogen sekitar 21%

Namun, ternyata kandungan dari jenis pupuk tersebut bahkan hanya separuh dari kandungan pupuk urea. Oleh karena itu banyak petani yang menjadikan pupuk ZA tersebut sebagi substitusi atau pengganti pupuk urea.

Karena pupuk tersebut mudah menarik uap, maka pupuk tersebut harus disimpan dalam kondisi kering dan jauh dari tempat yang lembap. Selain itu, pupuk yang satu ini juga bersifat asam sehingga jika terlalu sering di berikan pada tanah, maka berpotensi menyebabkan turunnya derajat keasaman pada tanah atau lingkungan tanaman yang dibudidayakan tumbuh.

Namun, kekurangan dari pupuk yang satu ini adalah reaksi kerjanya yang terbilang cukup lambat sekali. Ini disebabkan akar dari tanaman tak cukup mampu menyerap unsur hara yang terkandung dalam pupuk tersebut. Namun karena sulit tercuci oleh air, penggunaannya pun sangat cocok terutama untuk diterapkan sebagai pupuk dasar yang aplikasikan sebelum masa tanam.

Kekurangan lain dari adanya pupuk yang satu ini karena  tidak cocok jika digunakan pada lahan tanah yang masih muda atau baru saja dibuka. Pupuk ini juga kurang cocok untuk diaplikasikan terhadap sekaligus tanah yang minim kandungan kalsium.

Manfaat Pupuk ZA

manfaat pupuk za

Setelah mengetahui bagaimana kandungan dari jenis pupuk yang satu ini, maka bagi Anda yang sedang berusaha untuk membudidayakan beberapa tanaman harus mengetahui manfaatnya. Manfaat dari pupuk Za itu sendiri cukup banyak, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kandungan sulfur dari dalam pupuk mampu memperbaiki kualitas tanah khususnya pada jenis tanah alkalis.
  • Dapat memberikan unsur hara secara langsung untuk tanaman yang dibudidayakan.
  • Bisa membantu dalam pertumbuhan daun supaya lebih hijau.
  • Dapat memperbaiki kandungan tanah dengan memberikan unsur hara nitrogen dan sulfur yang dimilikinya.
  • Mampu meningkatkan produktivitas beserta kualitas tanaman yang diberikan perawatan dengan menggunakan pupuk.
  • Tanaman mampu bertahan dari berbagai serangan jenis penyakit dan hama.

Tidak hanya pupuk ZA, banyak juga jenis pupuk lainnya yang mampu memberikan manfaat bagi pertumbuhan tanaman. Salah satunya adalah pupuk-pupuk dari Agronasa yang juga memiliki fungsi dan sangat berpengaruh bagi produktivitas serta kualitas budidaya tanaman yang dikelola oleh para petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese