pupuk urea

5 Manfaat Pupuk Urea Bagi Tumbuh Kembang Tanaman

Membicarakan tentang jenis pupuk, pupuk urea masuk ke dalam salah satu pupuk yang juga sering digunakan dalam budidaya tanaman. Jenis pupuk yang satu ini juga digunakan oleh para petani di bidang pertanian ataupun perkebunan. Bentuk dari pupuk tersebut biasanya berwarna putih dengan bentuk yang menyerupai butir-butir kristal.

Kandungan dari Pupuk Urea untuk Budidaya Tanaman

kandungan pupuk urea

Rumus kimia dari pupuk urea ini  adalah NH2 CONH2. Jenis pupuk yang satu ini memiliki kandungan Nitrogen yang begitudiperlukan oleh setiap tanaman, khususnya pada masa tumbuh kembangnya. Unsur hara yang satu ini juga dapat membantu metabolisme tanaman yang dibudidayakan. Selain itu, nitrogen juga memiliki peranan yang penting dalam hal pertumbuhan tanaman terutama ketika berada dalam fase vegetatif.

Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam pupuk urea:

  • Nitrogen (N) 46 % untuk tiap 100 gram pupuk.
  • Moisture 0,5%
  • Biuret 1%

Pupuk yang satu ini pun memiliki sifat yang hiprokis di mana sangat mudah mengisap air. Tidak hanya itu pupuk tersebut mempunyai sifat hogroskopis di mana hal tersebut dapat dengan mudah menguap jika nanti terkena udara. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mempertahankan kualitas dari pupuk tersebut harus bisa menyimpannya di tempat kering dan tertutup rapat.

Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman

manfaat pupuk urea

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa pupuk urea mengandung nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman pertanian maupun perkebunan. Jika kebutuhan nitrogen pada tanaman tersebut tidak tercukupi maka pertumbuhannya pun akan melambat. Selain itu, bagian batang tanamannya akan mudah mengering serta  warna daunnya pun berubah menjadi warna hijau pucat.

Lalu apa saja manfaat dari jenis pupuk yang satu itu?

1. Membuat Daun Lebih Hijau dan Segar

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk yang satu ini adalah dapat membuat daun tanaman menjadi lebih hijau dan segar. Selain itu, dapat memperbanya butir hijau daun atau biasa disebut klorofil  yang berperan cukup penting dalam proses fotosintes pada tanaman.

2. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Selain untuk daun, pupuk jenis urea ini juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Urea dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga tanaman akan cepat tinggi, jumlah anakan banyak, miliki cabang-cabang yang banyak, dan tumbuh dengan sehat.

3. Menambah Jumlah Kandungan Portein Tanaman

Protein merupakan zat yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk urea dengan dosis dan takaran yang pas dapat menambah jumlah kandungan protein pada tanama yang dibudidayakan.

4. Dapat Digunakan Semua Jenis Tanaman

Salah satu kelebihan pupuk jenis urea dibandingkan pupuk lainnya adalah dapat diaplikasikan pada hampir semua jenis tanaman. Tanaman yang dapat dipelihara dengan penggunaan pupuk yang satu ini di antaranya ada  tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, bahkan juga untuk usaha peternakan dan juga usaha perikanan.

5. Meningkatkan Produktivitas Panen

Apabila Anda melakukan proses pemupukan secara berimbang dengan dosisi dan takaran yang tepat, maka produktivitas panen akan meningkat. Pemupukan juga harus dilakukan secara teratur seingga membuat tanaman akan semakin sehat, tidak merusak struktur tanah, serta jauh dari berbagai jenis hama yang dapat merusaknya. Sebaliknya, jika proses pemupukan berlebihan atau tidak sesuai anjuran hal tersebut tidak akan terjadi.

Pupuk urea dapat digunakan dengan menggunakan berbagai macam metode. Misalnya, bagi tanaman yang hanya tumbuh dalam satu musim bisa di lakukan dengan menebarkannya di antara barisan tanaman tersebut. Sementara untuk tanaman yang menahun, akan lebih baik jika metode pemupukan tersebut diberikan dengan menguburkannya dalam tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese