pupuk untuk tomat

Jenis dan Manfaat Pemberian Pupuk untuk Tomat

Pupuk untuk tomat cukup beragam dan tersedia di pasaran. Tomat sendiri menjadi salah satu komoditi yang banyak diperjual belikan sebagai bahan masakan.

Tomat juga banyak digunakan untuk pembuatan jus atau bahkan dimakan secara langsung sebagai lalapan. Tingginya minat masyarakat terhadap tomat membuat para petani memilih tanaman ini untuk dibudidayakan.

Jenis Pupuk untuk Tomat

pupuk untuk tomat dari nasa

Ada beberapa manfaat pupuk untuk tanaman tomat yang penting diketahui oleh para petani. Salah satunya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dari sayuran yang ditanam tersebut. Pemupukan sendiri sebaiknya dilakukan dengan memilih jenis pupuk yang tepat.

Pupuk Urea dan KCl

pupuk untuk tomat dari urea

Proses pemupukan dilakukan setelah tanaman ini hidup berkisar seminggu setelah di tanam. Anda bisa menggunakan jenis pupuk urea dan juga KCI yang kemudian diaplikasikan dengan perbandingan 1 : 1 antara 1-2 g pada tiap tanaman.

Pemupukan bisa dilakukan dengan jarak berkisar 3 cm dari batang tanaman tomat. Selanjutnya, Anda bisa menutup pupuk dengan tanah. Jangan lupa untuk disiram menggunakan air. pemberian pupuk untuk tomat berupa urea dan KCI sebaiknya tidak mengenai tanaman karena bisa membuat tanaman terluka.

Pupuk selanjutnya adalah dilakukan saat tanaman berusia 2 sampai dengan 3 minggu sesudah masa tanam. Pupuk yang bisa digunakan adalah campuran antara urea dan juga KCI dengan takaran 5 g. Pemupukannya bisa dilakukan di sekeliling batang tanaman dengan kedalamannya berkisar 1 cm saja.

Pupuk NPK

pupuk untuk tomat dari npk

Selesai memupuk, Anda bisa menutupnya dengan tanah dan jangan lupa disiram air. Jika usia tanaman sudah masuk ke usia 4 minggu dan masih belum juga nampak subur, Anda bisa memberikan lagi pupuk urea dan KCI. Jenis pupuk untuk tomat lainnya adalah pupuk NPK yang didalamnya telah mengandung fosfor, nitrogen dan juga kalium.

Penggunaan jenispupuk NPK tentu tak perlu lagi dicampur dengan beberapa jenis pupuk yang lain. Sedangkan untuk langkah pengaplikasian pupuk ini adalah dengan menaburkannya di sekeliling sayuran tomat. Selanjutnya ditutup dengan tanah.

Dengan penggunaan pupuk yang tepat, tanaman bisa tumbuh lebat dan subur. Dengan demikian, petani tomat juga bisa mendapatkan hasil yang berlimpah. Selain jenis pupuknya, waktu pemupukan juga sebaiknya diperhatikan.

Manfaat Pupuk untuk Sayuran Tomat

pupuk untuk tomat pada pertanian

Ada beberapa alasan kenapa itu sangat penting. Salah satunya adalah untuk merangsang pertumbuhan dari tomat. Sama seperti manusia, tanaman juga membutuhkan air hingga nutrisi untuk bisa bertahan hidup dan tumbuh. Pupuk memiliki sejumlah nutrisi di dalamnya yang bagus dalam merangsang pertumbuhan dari tanaman yang dibudidayakan.

Dengan pupuk yang tepat, tomat bisa tumbuh dengan baik. Hal ini akan berdampak positif juga pada hasil panen dari sayuran tomat. Alhasil, petani juga akan mendapatkan keuntungan darinya. Manfaat pemberian pupuk lainnya adalah untuk membuat tanaman menjadi lebih tahan dari serangan hama.

Hingga kini ada beberapa jenis hama yang biasa menyerang tanaman tomat. Diperlukan langkah penanganan yang tepat agar hama bisa segera hilang tanpa membuat kerusakan.

Jenis pupuk sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu pupuk organik dan juga anorganik. Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang berasal dari pelapukan atau penguraian dari alam seperti halnya pupuk kompos dan juga pupuk kandang.

Sedangkan jenis pupuk anorganik adalah jenis pupuk yang didapatkan dari hasil olahan pabrik. Pupuk untuk tomat sendiri bisa didapat dari kedua jenis pupuk tersebut sesuai dengan pilihan dari petani yang menggunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...