Apa Saja Manfaat dari Pupuk Anorganik TSP Bagi Tanaman?

Pupuk TSP atau Triple Super Phosphate adalah salah satu jenis pupuk anorganik atau pupuk buatan yang sering digunkana untuk pemeliharaan tanaman, terutama untuk budidaya kelapa sawit. Pupuk yang satu ini mengandung unsur hara phospate yang cukup tinggi. Pupuk tersebut juga sering digunakan untuk tanam yang mengalami krisis hara fosfor. Jika tanaman kekurangan fosfor, maka kemungkinan tanaman akan tumbuh kerdil.

Kandungan dari Pupuk TSP

kandungan pupuk tsp

Pupuk Triple Super Phosphate  atau pup itu sendiri dikenal dengan pupuk yang kaya akan kandungan unsur hara fosfor. Banyaknya kandungan  fosfor pada jenis pupuk tersebut adalah sekitar 44-46% dalam bentuk P2O5.

Biasanya bentuk dari pupuk ini menyerupai granul (butiran) yang memiliki warna abu-abu. Selain itu, umumnya pupuk tersebut tidak bisa mudah larut dalam air, bereaksi lambat dan tidak higroskopis.

Jenis pupuk organik yang satu ini pun dapat digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan di mana akan memberikan manfaatnya untuk pertumbuhan akar tanaman.

Pupuk TSP dapat dengan mudah didapatkan di pabrik. Tentu saja jenis pupuk yang satu ini memang banyak diburu oleh para petani sebagai elemen perawatan tanaman.

Hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya bahwa perawatan yang tepat juga dapat menunjang melimpahnya hasil panen bagi tanaman yang tengah dibudidayakan. Sehingga terkait prosedur proses pemupukan tanaman juga sangat perlu Anda perhatikan.

Jangan sampai tanaman yang sedang dibudidayakan tersebut mengalami  kekurangan pupuk atau bahkan malah kelebihan pupuk. Pastikan bahwa dosis pupuk yang diberikan pada tanaman selalu cukup, termasuk untuk pemupukan pupuk jenis TSP ini sendiri.

Manfaat Pupuk TSP

manfaat pupuk tsp

Keberadaan pupuk TSP ini sediri cukup banyak. Selain itu, pupuk tersebut pun juga sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, apalagi bagi pertumbuhan pohon kelapa sawit.

Untuk itu, akan begitu wajar apabila para petani kelapa sawit lebih suka dengan menggunakan jenis pupuk yang satu ini. Jika kita merasa penasaran dalam menggunakan  jenis pupuk tersebut, sebaiknya ketahui berbagai macam manfaatnya, yaitu sebagai berikut:

  • Pupuk tersebut memliki kemampuan dalam menyusun asam nukleat yang berguna bagi tanaman.
  • Mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu proses fotosintesis serta  juga respirasi pada tanaman yang sedang tumbuh.
  • Pupuk anorganik tersebut juga mampu membantu tanaman untuk merangsang perkembangan akarnya.
  • Akar ataupun batang dari kelapa sawit bakalan semakin kuat sehingga tidak akan mudah untuk roboh jika menggunakan pupuk yang satu ini.
  • Sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan ketahanan kelapa sawit dari kekeringan.
  • Sangat bermanfaat untuk dapat memicu produktivitas mapupun dalam hal pembentukan biji sekaligus menghasilkan buah pada tanaman yang dibudidayakan.
  • Menjadikan bobot dari buah kelapa sawit akan bisa semakin meningkat.
  • Mempunyai peranan yang penting dalam proses pemasakan buah kelapa sawit.
  • Meningkatkan proses pertumbuhan tanaman sehingga proses pemasakan buah yang diproduksi pun semakin cepat.

Terdapat banyak pilihan pupuk anorganik ternyata mampu memberikan banyak pilihan pada petani untuk dapat menentukan jenis pupuk yang cocok bagi tanaman yang sedang dibudidayakan.

Setidaknya, beberapa jenis pupuk yang ada dan digunakan sebagai bentuk perawatan bagi tanaman tersebut memang memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri. Maka, hal tersebut merupakansatu hal yang dapat dikatakan wajar.

Jika Anda ingin melakukan pemupukan pada tanaman apa pun yang sedang dibudidayakan, tidak ada salahnya kita memilih pupuk TSP ini. Namun, Anda pun bisa menggunakan jenis pupuk Agronasa lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan bagi tanaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese