pupuk sp 36

Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman Para Petani

Kebutuhan pupuk bagi para petani untuk perawatan tanaman yang sedang dibudidayakan memang penting sekali. Salah satu pupuk yang sering digunakan adalah pupuk SP 36 oleh mereka. Manfaat pupuk tersebut cukup banya, di antaranya dapat membuat tanaman bisa tumbuh dengan subur serta hasil panen yang berkualitas jika dosisnya sesuai.

Apa Itu Pupuk SP 36 Bagi Budidaya Tanaman?

apa itu pupuk sp 36

Pupuk SP 36 merupakan salah satu pupuk anorganik yang juga sangat populer di kalangan para petani terhadap penggunaannya. Selain itu, pupuk yang satu ini pun mulai dicari banyak petani karena diduga bagus untuk pertumbuhan tanaman padi, jagung atau bahkan untuk budidaya kelapa sawit sekalipun.

Pupuk yang satu ini merupakan slaha satu produk pertanian yang berbentuk pupuk  super fosfat. Di mana, di dalamnya mengandung P2O5 yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 36%.

Pupuk yang satu ini mempunyai bentuk butiran yang kecil dengan warna abu keputihan. Kemasannya berada dalam sak. Dalam satu sak berisikan 50 kg pupuk yang dapat digunakan.

Kandungan dari Pupuk SP 36

kandungan pupuk sp 36

Untuk penggunaan jenis pupuk yang satu ini, Anda pun mesti tahu mengenai seberapa banyak takaran yang tepat untuk diberikan pada tanaman budidaya. Jika takarannya tidak tepat, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman tersebut.

Pupuk SP 36 itu sendiri juga cocok sekali untuk di jadikan pilihan karena terdapat kandungan penting untuk tanamna, di antaranya:

  • P2O5 34%
  • Fosfat 36%
  • Sulfur 5%
  • P2O5 30 %
  • H2O atau air 5%
  • Kadar Asam Bebas 6%

 

Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman

manfaat pupuk sp 36

Berdasarkan beberapa unsur yang terkandung di dalam pupuk yang satu ini, ternyata pupuk SP 36 tersebut mempunyai berbagai macam manfaat yang begitu penting untuk tanaman. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunkan produk pertanian ini untuk budidaya tanaman, di antaranya:

  • Memiliki peran yang penting sebagai sumber dari unsur hara dengan bentuk fosfor.
  • Dapat membuat tumbuhnya akar supaya semakin baik sehingga tanaman pun bisa semakin kuat dan memacunya.
  • Bisa membuat tanaman panen lebih cepat.
  • Mampu merangsang tanaman supaya dalam pembungaan.
  • Membuat daya tahan tanaman akan semakin meningkat sehingga terbebas dari serangan hama maupun penyakit.
  • Pembentukan bungan untuk menjadi biji maupun buah akan lebih besar lagi prosentasenya.

 

Tidak hanya itu, penggunaan pupuk tersebut mampu membuat para petani mulai menggunakan pupuk tersebut, hal tersebut karena dinilai bagus untuk pertumbuhan berbagai macam tanaman.

Akan tetapi, jika Anda masih baru dalam membudidayakan tanaman, ada baiknya untuk memberikan pupuk pada tanaman sesuai dengan takaran maupun dosis yang tepat.

Jika pemberian produk pertanian tersebut dilakukan dengan berlebihan tentu saja tidak akan bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk SP 36 ini memang mempunyai sifat mudah sekali terlarut dalam air, malah  tidak bersifat higroskopis sehingga pupuk yang satu ini bisa anda manfaatkan sebagai pupuk dasar untuk tanaman. Terutama bagi tanaman musiman.

Namun, pupuk ini juga bisa diguankan  untuk tanaman yang sifatnya tahunan dengan cara memberikan saat awal maupun akhir dari musim penghujan. Bahkan anda juga bisa memberikan pupuk tersebut setelah panen.

Pupuk tersebut memang cukup bagus bagi pertumbuhan tanaman Anda. Namun, PT. Natural Nusantara juga menyediakan berbagai jenis pupuk lainnya yang juga dapat Anda gunakan untuk pertumbuhan tanaman yang Anda budidayakan. Pupuk NASA ini umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, sehingga tidak akan membahayakan lingkungan sekitar manusia ataupun hewan yang hidup di sekelilingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese