pupuk sawit

Jenis Pupuk yang Baik untuk Tanaman Sawit

Pupuk sawit merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam budidaya kelapa sawit serta penanamannya. Selain itu keberadaan pupuk juga akan memengaruhi kesuburan tanah sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan pohon kelapa sawit yang ditanam pada saat itu. Selain itu, pupuk akan memberikan keseimbangan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit.

Jenis Pupuk yang Baik untuk Budidaya Kelapa Sawit

jenis pupuk sawit

Kelapa sawit memiliki potensi yang cukup menjanjikan di dunia bisnis. Bahkan, tanaman yang satu ini menjadi salah satu komoditas yang paling dicari di dunia. Maka dari itu, untuk pengembangan budidaya kelapa sawit, maka pupuk yang digunakan pun harus benar-benar memiliki kualitas yang baik.

Berikut ini adalah beberapa jenis pupuk yang dapat digunakan dalam penanaman pohon sawit tersebut:

1. AERO 810

AERO 810 merupakan salah satu jenis pupuk organik dalam bentuk cair. Manfaat dari pupuk yang satu ini adalah untuk meningkatkan efektivitas daya kerja penyemprotan pestisida organik untuk penangkal hama.

Produk ini tidak banyak membentuk busa dan memiliki sifat biodegradable. Sehingga, pupuk cair ini dapat terurai secara alami serta ramah lingkungan.

2. Granule Modern

Granule Modern merupakan salah satu jenis pupuk berbentuk granule. Manfaat dari pupuk yang satu ini adalah untuk memperbaiki kondisi lahan yang sudah rusak, di antaranya adalah untuk meningkatkan kesuburan tanah. Produk ini merupakan pupuk yang cocok untuk pohon kelapa sawit yang harus ditanam di tanah yang gembur, tidak terlalu basah, dan tidak terlalu kering.

Selain itu, Granule Modern ini juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman sehingga kualitas dan kuantitas tanaman juga terjamin.

3. Greenstar

Greenstar merupakan satu produk pupuk yang juga cocok digunakan dalam budidaya kelapa sawit. Hal ini dikarenakan Greenstar mengandung unsur hara makro dan mikro, serta diperkaya zat pengatur tumbuhnya tanaman.

4. Hormonik

Hormonik merupakan pupuk yang berguna untuk memcu pertumbuhan tunas tanaman dengan cara mengurangi kerontokan bunga dan buah pada pohon. Sehingga jenis pupuk ini cocok untuk budidaya tanaman kelapa sawit.

5. Natural BVR

Natural BVR  berfungsi untuk mengendalikan hama serta berbagai penyakit pada tanaman. Produk yang satu ini pun aman digunakan serta ramah lingkungan.

6. POC NASA

POC NASA merupakan pupuk yang cocok untuk penanaman kelapa sawit karena mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan. Pupuk ini digunakan dengan cara disiramkan pada tanaman mulai dari minggu ke-1 hingga minggu ke-40.

7. Power Nutrition

Power Nutrition berfungsi untuk pertumbuhan, terutama dalam meningkatkan kuantitas buah kelapa sawit.Selain itu pupuk yang satu ini pun mampu meningkatkan daya tahan tanaman sehingga tanaman bisa lebih lama tumbuh.

8. Pestona

Pestona merupakan salah satu pupuk organik yang berfungsi dalam pengendalian hama tanaman dengan cara mengurangi nafsu makan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Selain itu, pupuk ini dapat mencegah OPT dalam merusak tanaman lebih banyak meskipun tidak menyebabkan kematian pada hama pengganggu tanaman. Pestona merupakan hasil ekstraksi dari berbagai bahan aktif alami.

Pemupukan Kelapa Sawit

pemupukan kelapa sawit

Selain mengetahui jenis pupuk untuk pembudidayaan tanaman tersebut, harus mengetahui pula tentang pemupukanya. Pada proses pemupukan kelapa sawit, tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Penyebaran pupuk juga dapat sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut.

Takaran atau dosis pupuk juga akan memengaruhi pertumbuhannya. Maka dari itu, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui berapa dosis pupuk yang tepat untuk diberikan pada tanaman tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese