pupuk phonska

Apa Saja Kandungan Unsur Hara dan Manfaat Pupuk Phonska?

Pupuk Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang cukup terkenal di dunia pertanian. Pupuk ini mengandung berbagai unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Tidak hanya itu, jenis pupuk yang satu ini pun mampu menjadikan tanaman yang sedang dibudidayakan tumbuh  subur dengan produktivitas serta panen yang cukup melimpah. Jenis pupuk tersebut memang telah banyak digunakan dan menjadi pilihan para petani.

Kandungan dalam Pupuk Phonska

kandungan pupuk phonska

Pupuk Phonska merupakan salah satu jenis pupuk anorganik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Oleh sebab itu harga dari pupuk yang satu ini cukup terjangkau dan mampu oleh dibeli berbagai kalangan petani.

Pupuk yang satu ini merupakan pupuk majemuk, di mana terdapat berbaga unsur hara peting yang dibutuhkan oleh tanaman yang dibudidayakan. Hingga saat ini, pupuk tersebut pun masih menjadi andalan dan sudah terkenal luas di pasaran. Dalam hal ini, kehadiran pupuk phonska memang sangat membantu para petani untuk melakukan perawatan pada tanamananya.

Lalu apa saja kandungan yang berada dalam jenis pupuk yang satu ini?

  • Phospat (P):15%
  • Nitrogen (N): 15%
  • Kalium (k) : 15%
  • Kadar air maksimal: 2%
  • Sulfur (S) atau belerang: 10%

Umumnya petani yang menggunakan pupuk yang satu ini adalah para petani padi. Tanaman padi yang dihasilkan lewat perawatan menggunakan pupuk phonska biasanya menghasilkan bulir-bulir yang terbilang lebih berisi.

Pupuk ini tersedia dalam dua ukuran kemasan yang mampu menjadi pilihan, yaitu dalam kemasan 20 kg dan dalam kemasan 50 kg. Walaupun banyak digunakan dan menjadi andalah dalam dunia pertanian, ternyata  jenis pupuk yang satu ini pun memang tidak dijual secara bebas.

Mengapa itu dapat terjadi? Produk pupuk yang satu ini merupakan pupuk bersubsidi, sehingga dalam sistem penjualannya pun juga dilakukan menggunakan sistem yang tertutup. Pada umumnya, para petani yang bisa mendapatkan jenis pupuk anorganik yang satu ini adalah para petani yang masuk dalam kelompok tani di desanya.

Pupuk Phonska memang produk pupuk yang cukup baik bagi budidaya tanaman, terutama padi. Hal ini karena banyaknya unsur hara makro penting yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pupuk yang satu ini pun mudah diserap oleh tanaman.

Manfaat Pupuk Phonska Bagi Budidaya Tanaman

manfaat pupuk phonska

Jenis pupuk phoska itu sendiri bersifat higroskopis, maka mudah sekali terhisap dan larut dalam air dan juga tanaman yang dibudidayakan. Maka dari itu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan karena bisa menjadikan tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan pupuk phosnka bagi tanaman yang sedang dibudidayakan:

  • Menjadikan batang tanaman semakin kuat, sehingga tanaman tidak akan mudah roboh.
  • Mampu memacu pertumbuhan generatif sekaligus vegetatif pada tanaman yang dibudidayakan.
  • Meningkatkan proses pembentukan pati pada tanaman sehingga dapat dengan sekaligus produksi gula akan semakin lancar.
  • Mampu memicu tumbuhnya akar tanaman sehingga pertumbuhan tanaman pun berlangsung dengan baik.
  • Membuat tanaman  lebih sehat dan lebih hijau dalam pertumbuhannya.
  • Membuat daya tahan tanaman lebih kuat pada saat musim kemarau.
  • Mampu memicu pembentukan buah dan juga bunga pada budidaya tanaman.
  • Mampu menjadikan umbi, buah, dan juga biji lebih besar.
  • Meningkatkan kandungan protein yang dibutuhkan oleh tanaman.

Manfaat dari pupuk phonska itu sendiri memang sudah teruji, teruma bagi tananam padi karena banyak yang menggunakannya. Akan tetapi banyak jenis pupuk lainnya yang dapat digunakan dalam menghasilkan produksi panen yang melimpah, salah satunya adalah dengan menggunakan pupuk-pupuk dari Agronasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!