pupuk organik padat

5 Manfaat dari Penggunaan Pupuk Organik Padat

Pupuk organik padat merupakan pupuk organik yang memiliki bentuk yang padat. Jenis pupuk yang satu ini adalah salah satu yang memiliki pengaruh cukup penting bagi pertumbuhan budidaya tanaman. Selain itu, pupuk tersebut juga berperan sebagai tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga mereka bisa tumbuh dengan optimal.

Apa Saja Manfaat Pupuk Organik Padat Itu Sendiri?

manfaat pupuk organik padat

Seperti namanya, pupuk organik padat adalah sejenis pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami dalam bentuk padat. Jenis pupuk yang satu ini memang dikenal dengan begrbagai manfaatnya bagi tanaman yang sednag dibudidayakan. Lalu, apa saja manfaat menggunakan pupuk tersebut?

1. Memberikan Kesuburan Bagi Tanah

Salah satu manfaat dari pupuk jenis ini adalah dapat memberikan kesuburan bagi tanah atau lingkungan tempat tanaman tersebut tumbuh. Mengapa bisa demikian? Karena, pupuk yang satu ini dikenal dengan kandungan unsur hara-nya yang banyak dan sangat berperan penting untuk kesuburan tanaman itu sendiri.

Selain itu, pada tanah atau lingkungan hidup tanaman terdapat struktur tanah liat dan jika menambahkan pupuk organik akan mengurangi sifat kelengketan. Hal itu pun akan membuat tanah  mudah untuk diolah. Sementara itu, pada tanah berpasir penambahan pupuk organik bisa mampu meningkatan daya serap dan unsur hara kepada tanaman.

2. Menyuburkan Tanah Sekaligus Ramah Lingkungan

Pada dasarnya penggunaan pupuk anorganik yang mengandung banyak bahan kimia memang terlihat lebih optimal. Namun terkadang justru penggunaannya tidak ramah lingkungan.

Berbeda dengan pupuk anorganik, pupuk organik padat ini justru sebaliknya. Hal itu tidak akan membuat lingkungan sekitar penanaman pohon tercermar. Hal ini dikarenakan bahan-bahan untuk membuat pupuk tersebut berasal dari bahan alami yang mudah terurai.

3. Memperbaiki Kondisi Biologis Tanah

Pupuk organik padat juga dapat memperbaiki kondisi biologis tanah. Hal ini dikarenakan penggunaannya dapat merangsang keaktifan mikroorganisme yang mampu menyuburkan tananman. Selain itu, penggunaannya pun dapat memicu proses konsultrasi oksigen dan karbondioksida dalam tanah.

4. Memperbaiki Kondisi Kimia Tanah

Jika kondisi kimia tanah tidak baik, maka pertumbuhan tanaman pu akan terganggu. Sementara itu, penggunaan pupuk organik padat itu sendiri dapat membantu dalam hal memperbaiki kondisi kimia tanah dan lingkungan tanaman.

5. Memperbaiki Kondisi Fisik Tanah

Selain memperbaiki kondisi biologi dan kimia tanah, ternyata pupuk jenis ini pun dapat memberikan manfaat lainnya, yaitu memperbaiki kondisi fisik tanah. Hal tersebut dapat membantu tanah supaya dapat mengikat atau menyerap air lebih banyak yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Mengetahui Pupuk Organik Padat yang Baik

pupuk organik padat yang baik

Lalu, bagaimana cara mengetahui pupuk organik pada t yang baik dan berkualitas?

  • Pupuk yang baik biasanya memiliki aroma dan bau yang mirip seperti tanah. Hal ini membuktikan bahwa proses fermentasi aerobik pada pupuk tersebut dilakukan dengan baik.
  • Warna dari pupuk yang baik biasanya adalah kehitaman layaknya warna humus. Hal tersebut menandakan bahwa proses fermentasi pada pupuk sudah mengalami kematangan dan sempurna.
  • Suhu pupuk yang baik yang dimiliki biasanya memiliki suhu yang rendah dan juga stabil. Biasanya akan terasa dingin di tangan.
  • Pupuk organik yang bagus juga akan mudah menggumpal dan juga mudah untuk bisa terurai kembali.
  • Jika ada bibit atau biji yang disimpan di sekitar pupuk organik yang baik, biasanya bibit tersebut akan mudah tumbuh.
  • Pupuk yang baik jika dimasukan ke dalam kantong yang lembap, maka aromanya akan masih berbau tanah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese