pupuk npk mutiara

Apa Saja Manfaat dari Pupuk NPK Mutiara Bagi Tanaman?

Pupuk NPK mutiara ini merpakan salah satu jenis pupuk anorganik yang juga sering digunakan dalam perawatan tanaman yang tengah dibudidayakan. Pupuk yang satu ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam wadah plastik.

Pada jenis pupuk tersebut, pembuatannya sendiri menggunakan proses Odda melalui pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat. Selain itu, khasiat dari pupuk npk mutiara ini memang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Kandungan Pupuk NPK Mutiara

kandungan pupuk npk

Banyak para petani menggunakan pupuk NPK Mutiara sebagai pilihan bukan tanpa alasan. Pupuk anorganik yang satu ini  memiliki sifat  majemuk. Di mana, di dalam pupuk tersebut mengandung lebih dari satu zat hara yang bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman yang dibudidayakan. Kandungan unsur hara tersebut membuatnya memiliki bentuk atau kenampakan berupa granul (butiran) dengan warna biru.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi di dalam pupuk NPK Mutiara itu sendiri:

  • 16 % N (Nitrogen)
  • 16 % P2O5 (Phospate)
  • 16 % K2O (Kalium)
  • 0,5 % MgO (Magnesium)
  • 6 % CaO (Kalsium)

Banyaknya kandungan unsur dalam jenis pupuk ini terkenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16. Hal itu mungkin karena jumlah kandungan tiap nutrisi dan unsur yang terdapat di dalamnya.

Manfaat Serta Kelebihan Pupuk NPK Mutiara

manfaat pupuk npk mutiara

Pemberian pupuk sesuai dengan takaran dosis yang tepat maka pertumbuhan tanaman pun juga bakalan semakin cepat. Selain itu jumlah produktivitas tanaman juga dapat meningkat. Hal tersebut yang menyebabkan banyak sekali petani yang memilih jenis pupuk ini untuk menutrisi tanaman yang dibudidayakan.

Lalu, apa sajakah manfaat dan kelebihan dari pupuk NPK Mutiara itu?

  • Jenis pupuk yang satu ini memiliki kandungan unsur hara mikro CaO maupun MgO di mana kedua hal tersebut sangat  penting dan akan memengaruhi pertumbuhan tanaman.
  • Proses pembuatannya melewati proses Odda. Hal itu yang menyebabkan fungsi dari pupuk lebih cepat bereaksi pada tanaman yang dibudidayakan.
  • Pupuk NPK Mutiara ini juga mampu memberikan penjagaan terutama untuk keseimbangan unsur hara mikro maupun makro pada tanah dan lingkungan tempat tanaman tumbuh.
  • Proses pengaplikasian jenis pupuk anorganik yang satu ini cukup mudah. Hal ini akan membuat biaya pemupukan juga terbilang lebih ekonomis.
  • Pupuk jenis ini dapat mencegah tanaman supaya tumbuh dan berkembang dengan cepat dan tidak kerdil.
  • Pupuk npk yang satu ini juga dapat memperkecil kemungkinan tanaman mengalami kerontokan bunga dan juga buah, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pada tanaman.
  • Sangat bermanfaat untuk mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman. sehingga unsur hara dapat diserap dengan baik.
  • Mampu meningkatkan proses fotosintesis pada tanaman sehingga dapat dengan mudah meningkatkan zat gula, tepung dan protein yang dibutuhkan.

Beberapa kelebihan pupuk yang sudah disebutakan di atas membuat para petani tidak pernah meragukan penggunaan pupuk NPK mutiara itu sendiri. Sangat wajar apabila w pupuk tersebut masih menjadi primadona bagi para petani di dunia perkebunan. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa pupuk tersebut memang bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman entah itu sayur-mayur maupun buah juga tanaman lainnya.

Selain itu, jenis tersebut telah banyak dijual dan dikomersialkan untuk banyak petani di Indonesia. Namun hal yang mesti diperhatikan adalah bahwa penggunaan pupuk ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan pada tanaman. Dalam hal ini pemberian pupuk pun harus sesuai dengan sesuai prosedur yang benar. Artinya, pupuk harus diberikan sesuai dengan dosis  dan kebutuhan yang dianjurkan per umur tanaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!