pupuk NASA untuk sawit

Penggunaan Pupuk Nasa untuk Sawit serta Manfaatnya

Pupuk NASA untuk sawit sangat berguna untuk menutupi kekurangan metode ekstensifikasi dan metode intensifikasi. Ekstensifikasi sendiri menjadi salah satu metode yang paling sering digunakan dalam usaha peningkatan produksi kelapa sawit. Namun metode ini membutuhkan banyak lahan yang luas dan tenaga kerja yang banyak.

Dengan berbagai masalah yang ditemui saat menggunakan metode ekstensifikasi, maka penggunaan metode intensifikasi menjadi cara yang harus diambil petani dalam meningkatan produksi kelapa sawit.

Pengenalan Pikat NASA

Pupuk NASA untuk sawit yang ampuh

Teknologi Pengelolaan Intensifikasi Kesuburan Alami Terpadu NASA (PIKAT NASA) dibuat dengan tujuan mengatasi kendala dalam metode intensifikasi produksi kelapa sawit. Teknologi ini dapat mengatasi kebutuhan tanaman maupun tanah akan hormon dan enzim pertumbuhan, mikroorganisme, asam organik serta unsur hara mikro maupun makro.

Pada 1 hektar lahan kelapa sawit dengan 130-135 pohon kelapa sawit, pemupukan dengan metode intensifikasi dilakukan dengan cara menabur pupuk NASA untuk sawit secara merata pada piringan yang melingkari pohon sawit.

Sebelum pemupukan dilakukan sebaiknya bersihkan dahulu gulma dan rumput-rumput yang mengganggu disekitar pohon. Penggunaan metode ini dapat dilakukan bersamaan dengan dilakukannya pemupukan kimia atau NPK atau bisa juga dengan sistem tunggal.

Penggunaan Pupuk NASA untuk sawit

Pupuk NASA untuk sawit dengan hasil baik

Penggunaan pupuk NASA untuk Tanaman Menghasilkan (TM) dengan dosis pupuk: Power Nutrition 3 kg dan Pupuk Supernasa Granule 5 sak (50 kg), kemudian campur dengan merata dan bagi sebanyak jumlah pohon. Aplikasikan secara merata ke tanaman kelapa sawit 2 kali dalam satu tahun.

Penggunaan pupuk NASA untuk Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dengan dosis sebagai berikut: bagi Pupuk Supernasa Granule 5 sak (50 kg) sebanyak jumlah tanaman dan aplikasikan ke piringan tanaman secara rata.

Pupuk NASA untuk tanaman sawit dapat dilakukan dengan cara  mencampurkannya dengan pupuk NPK atau abu, tanah, dan pasir agar memudahkan pengaplikasian ke lahan.

Selain itu dapat juga dilakukan dengan cara mengencerkan pupuk terlebih dahulu sebelum disiramkan pada tanaman. Caranya adalah dengan melarutkan 200 – 400 gram (20 – 40 sendok makan) ke dalam 10 – 20 liter air, lalu siramkan 1-2 liter larutan pupuk per 1 pokok tanaman sawit.

Sebaiknya sebelum pemupukan dilakukan, sebarkan terlebih dahulu kapur dolomite sebanyak 2 kg per pokok tanaman kelapa sawit. Baru setelah 3-5 hari dilakukan penebaran kapur dolomite dilanjutkan dengan pemupukan dengan tata cara yang sudah dijelaskan diatas.

Agar hasilnya lebih maksimal lakukan pemupukan secara rutin setiap 4 bulan sekali (setahun 3 kali) untuk hasil yang lebih baik.

Ketika musim kemarau penyiraman tanaman dilakukan pada sekitar piringan tanaman dan pemupukan dilakukan setidaknya 10 liter per pokok. Namun apabila curah hujan cukup tinggi tidak diperlukan penyiraman pada tanaman sawit.

Manfaat Pupuk NASA Untuk Sawit

Pupuk NASA untuk sawit di daerah

Pupuk NASA memang banyak direkomendasikan. Salah satu alasannya adalah karena beragam manfaat yang ada di dalamnya. Untuk tanaman sawit, pupuk NASA memberikan manfaat sebagai berikut :

  • Membantu perkembangan mikroorganisme di dalam tanah yang baik bagi tanaman.
  • Meningkatkan kesuburan fisik dengan memperbaiki tanah yang keras berangsur – angsur menjadi gembur.
  • Melarutkan residu pupuk kimia yang terendap dalam tanah, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tanaman.
  • Memperbaiki pertumbuhan tanaman dan mempercepat pertumbuhannya.
  • Menyediakan semua jenis unsur makro, mikro-nutrisi, enzim dan regulator pertumbuhan tanaman yang dibutuhkan untuk tanaman.
  • Meningkatkan ketahanan pada tamaman
  • Mengurangi jumlah pupuk NPK (Urea, TSP dan KCl) hingga 75%-90%.
  • Memperbanyak tumbuhnya buah dan membantu proses pembuahan tanaman di luar musim (air cukup, iklim tidak ekstrim, hama penyakit normal).
  • Meningkatkan kualitas buah (rasa, warna, aroma).
  • Meningkatkan keawetan buah hasil panen.

Pupuk NASA untuk sawit tentu sangat membantu petani dalam memanen hasil yang berlimpah. Karena itulah, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengenal lebih jauh produk-produk dari NASA untuk hasil panen sawit lebih melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...