5 Jenis Produk Pupuk Kujang untuk Kebutuhan Tanaman

Pupuk Kujang merupakan salah satu merk pupuk non subsidi yang cukup terkenal. Selain itu, jenis pupuk yang satu ini juga diketahui memiliki kandungan berbagai macam unsur hara yang penting dalam pertumbuhan tanaman, di antaranya nitorgen, fosfat, dan kalium yang tinggi. Pupuk tersebut juga mampu meningkatkan produktivitas dan hasil panen untuk budidaya tanaman para petani.

Produksi Pupuk Kujang

produksi pupuk kujang

Ternyata, Pupuk Kujang  sudah berhasil membuktikan bahwa penggunaannya dalam budidaya berbeagai mecam tanaman tidak pernah mengecewakan. Bahkan terdapat beberapa produk unggulan yang sudah diuji coba untuk membuktikan hasilnya.

Misalnya, di Jawa Barat dan Banten sendiri yang merupakan area wilayah distribusi produk subsidi pupuk yang satu ini. Namun ternyata pemasaran produk-produk dari merek pupuk tersebut, terutama untuk non subsidi bahkan mampu merambah hingga kebebrapa wilayah. Wilayah yang terjamah dalam produksi pupuk yang satu ini di antaranya ada Jawa Tengah sampai dengan Jawa Timur.

Bahkan, kerap diadakan titik demplot yang membuktikan bahwa produk-produk unggulan Pupuk Kujang, di antaranya yaitu Pupuk hayati Bion Up dan Pupuk NPK 30-6-8. Kedua produk tersebut  tersebut mampu meningkatkan hasil produktivitas tanaman hingga 30%.

Jenis-Jenis Pupuk Kujang Bagi Budidaya Tanaman

jenis pupuk kujang

1. NPK Kujang 30-6-8

Kandungan dari NPK Kujang 30-6-8 ini adalah 30% Nitrogen, 6% Phospat, dan 8% Kalium. Beberapa manfaat dari NPK Kujang 30-6-8 di antaranya:

  • Mencegah hilangnya unsur hara pada tanaman dan meningkatkan kapasitas tukar kation tanah.
  • Mebuat tanah menjadi lebih gembur.
  • Meningkatkan daya serap unsur hara pada tanaman.
  •  Menjaga ketersediaan air dalam tanah dan lingkungan tanaman.
  • Meningkatkan perkembangan mikroorganisme.
  • Meningkatkan hasil panen serta memenuhi kebutuhan unsur hara makro yang dibutuhkan.

 

2. Pupuk Nitrea

Kandungan dalam Pupuk Kujang Nitera ini adalah 46% Nitrogen. Pupuk yang satu ini sangat tepat digunakan untuk berbagai tanaman pangan, hotrikultura, tanaman keras, dan tanaman perkebunan. Manfaat dari pupuk nitrea antara lain:

  • Menjadikan tanaman yang dibudidayakan lebih hijau dan segar.
  • Mempercepat proses pertumbuhan pada tanaman.
  • Menambahkan nutrisi protein yang sangat diperlukan untuk tanaman.

 

3. Pupuk NPK Majemuk

Pupuk NPK Majemuk ini memiliki bentuk granular dan blending serta dikemas ke dalam ukuran 50 kg. Beberapa kelebihan dalam penggunaan pupuk yang satu ini di antaranya:

  • Aplikasi pemupukan kana lebih praktis karena tidak perlu mencampur beberapa jenis pupuk tunggal lainnya.
  • Dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan pupuk.
  • Dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian dengan kualitas dan mutu yang baik.

 

4. Pupuk Nitroska

Kandungan dalam pupuk nitroska antara lain adalah 16% Nitrogen, 11% Phospat, dan  11% Kalium. Selain itu pupuk yang satu ini juga diperkaya oleh unsur hara mikro yang lainnya.

Pupuk yang satu ini dapat mejadikan produktivitas tanaman meningkat disebabakan adanya unsur Nitrat yang membuatnya lebih mudah diserap oleh tanaman. Namum pupuk Nitroska itu sendiri berbahaya bagi tanaman tertentu unutk penggunaan dosis yang tidak pas karena mengandung Potasium Nitrat (KNO3) yang rendah Chlor.

5. Pupuk Kujang Urea Bersubsidi

Pupuk urea dari merek Kujang ini memiliki sifat yang higroskopis serta mudah larut dalam air. Pupuk jenis ini ada yang berbentuk butiran prill dengan warna pink. Lalu, apa saja manfaat penggunaan  pupuk urea bersubsidi ini?

  • Mampu membuat bagian tanaman lebih hijau dan akan selalu terlihat segar.
  • Mampu mempercepat pertumbuhan tanaman.
  • Menambahkan nutrisi parotein yang dibuttuhkan untuk tanaman.

 

Unsur hara merupakan hal yang penting bagi tanaman. Untuk itu, tiap tanaman yang sedeng dibudidayakan memang membutuhkannya. Selain Pupuk Kujang, Agronasa juga menyediakan berbagai jenis pupuk yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese