pupuk daun

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Pumupukan Daun

Daun merupakan salah satu bagian tanaman yang harus mendapatkan perawatan. Untuk itu, penggunaan pupuk daun pun harus Anda perhatikan supaya tanaman yang dikembangbiakan dapat tumbuh dengan subur dan terbebas dari penyakit serta hama. Penggunaan pupuk untuk daun ternyata bisa lebih efektif dan efisien apabila Anda memperhatikan berbagai cara yang tepat.

Pentingnya Pupuk Daun Bagi Tanaman

penggunaan pupuk daun

Penggunaan pupuk daun dapat berpengaruh terhadap kondisi tumbuhan yang dibudidayakan. Oleh karena itu, pada kenyataannya penggunaan jenis pupuk yang satu ini memang sangat penting untuk diperhatikan oleh para petani yang sedang merawat tanaman apa pun yang sendang dibudidayakan.

Hal yang cukup penting tentang penggunaan pupuk tersebut bisa dilakukan dengan mengacu pada teknik, sasaran, jenis, waktu, dan juga dosis yang tepat. Oleh karena itu, supaya hasil dari tanaman budidaya Anda yang diberi pupuk bisa tumbuh dengan baik dan penggunaan pupuknya pun bisa maksimal, maka jangan lupakan beberapa aturan penyiraman yang harus dilakukan.

Hal Terpenting dalam Penggunaan Pupuk Daun

pentingnya pupuk daunBerikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan pupuk daun bagi tanaman:

1. Teknik Penyiraman

Hal yang cukup penting yang mesti diperhatikan dalam penggunaan pupuk daun adalah teknik penyiraman atau teknik penyemprotan. Pupuk disemprotkan sampai daunnya terlihat basah. Dalam hal ini, Anda pun dapat menambahkan pestisida secara bersamaan.

Proses penyemprotan yang dilakukan secara konsisten dapat membuat pupuknya bekerja lebih efektif dan efisien serta mudah diserap oleh tanaman.

2. Jenis Pupuk yang Digunakan

Anda perlu memperhatikan bahwa setiap daun memiliki stomata yang terletak di bagian punggung daun. Anda pun harus menyemprotkan pupuk secara tepat sasaran.

Tidak hanya itu, penggunaan jenis pupuk juga harus diperhatikan. Gunakan jenis  pupuk yang cocok untuk tanaman yang Anda budidayakan.

Terdapat beberapa jenis pupuk daun yang bisa digunakan untuk proses penyemprotan supaya hasilnya maksimal. Anda bisa menggunakan pupuk dari NASA, salah satunya adalah POC Nasa.

3.  Dosis Pemakaian Pupuk

Selanjutnya hal yang mesti diperhatikan dalam pemupukan daun adalah dosis yang digunakan. Untuk dosis yang akan anda berikan tentunya harus sesuai petunjuk penggunaan yang tercantum. Apabila hal tersebut diabaikan, maka Jika berlebihan dan tidak sesuai dosis daun bisa tampak terbakar dan akan berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman.

Selain itu, bisa juga mengurangi dosis penggunannya. Namun, perlu juga diperhatikan frekuensi pemberian dengan interval yang dipercepat.

4. Waktu Pemupukan atau Penyemprotan

Pemberian pupuk daun itu sendiri haru juga memerhatikan waktunya. Karena terdapat beberapa waktu ideal yang biasa dilakukan dan sangat dianjurkan untuk diterapkan. Misalnya, Anda dapat memberikannya  pada pagi hari sekitar jam 8.00 atau juga pada sore hari sekitar pada pukul 15.00.

Bila proses pemupukan tersebut dilakukan pada waktu yang tepat, tentu saja pemberiannya  pun tidak akan sia- sia karena pada masa tersebut stomata dalam keadaan terbuka dengan sempurna. Selain itu penggunaannya pun akan lebih efektif.

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah jangan sampai Anda melakukan proses pemupukan pada saat  siang hari atau panas terik, malam hari, serta  pada saat sebelum hujan turun.

Berikut ini dampak pemupukan pada waktu yang tidak tepat:

  • Daun akan banyak yang menguap sebelum terserap tanaman sehingga pupuk tidak akan efektif penggunannya jika dilakukan siang hari.
  • Penyemprotan pada musim hujan biasanya akan cenderung memicu datangnya jamur dan membuat tanaman membusuk.
  • Penyemprotan pada malam hari tidak akan efektif karena stomata dalam keadaan tertutup.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese