perusahaan kelapa sawit di indonesia

Daftar Nama Perusahaan Sawit di Indonesia

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang memiliki potensi menjanjikan, tak heran pula beberapa perusahaan kelapa sawit di Indonesia masih bertahan. Tercatat pada tahun ini (2019) terdapat kurang lebih 25 perusahaan sawit yang dikuasai oleh konglomerat. Data tersebut berasal dari Organisasi swadaya masyarakat, yaitu Transformasi untuk Keadilan Indonesia (Tuk Indonesia) yang mempublikasikan data penguasaan lahan sawit di negeri ini.

Sejarah Perkembangan Industri Sawit

sejarah industri sawit

Industri sawit memang selalu jadi salah satu isu yang menarik perhatian pasar dunia dikarenakan perkembangannya yang pesat.

Awal mula perkembangan industri sawit ini sudah ada sejarahnya sejak masa kolonial.

Hal ini berawal dari terdapat empat bibit kelapa sawit yang dibawa oleh Dr. D. T. Pryce, di anataranya adalah 2 benih dari Bourbon-Mauritius, 2 benih dari Amsterdam (yaitu jenis Dura) untuk dijadikan sebagai tumbuhan koleksi Kebun Raya Bogor sekitar tahun 1848.

Kemudian, biji kelapa sawit tersebut pun disebarkan untuk ditanam menjadi tanaman hias sekaligus juga sebagai percobaan “uji lokasi“ di beberapa wilayah Indonesia, di antaranya Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, maupun Sumatera khususnya di perkebunan tembakau Deli.

Dari sana, perkembangan industri kelapa sawit pun mengalami peningkatan. Bahkan perusahaan Jerman juga membuka usaha perkebunan kelapa sawit di Tanah Itam Ulu (tahun 1911). Sealnjutnya langkah ini pun dilakukan beberapa investor asing lainnya termasuk Belanda dan Inggris.

Hingga, Tahun 1916 telah ada 19 perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia dan meningkat menjadi 34 perusahaan pada tahun 1920. Pabrik Kelapa Sawit (PKS) pertama di Indonesia dibangun di Sungai Liput (1918) kemudian di Tanah Itam Ulu (1922).

Daftar Perusahaan Kelapa Sawit di Indonesia

perusahaan kelapa sawit

Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan kelapa sawit yang terdapat di Indonesia:

1. PT. Sawit Sumbermas Sarana

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk merupakan perusahaan minyak kelapa sawit yang terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Perusahan tersebut mengelola seluruh perkebunan dan pabrik sesuai dengan praktik terbaik di industri dan standar keberlanjutan yang ada di Indonesia.

2. PT. SMART

PT SMART Tbk merupakan salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang cukup terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1962. Kemudian, sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992 yang berkantor pusat di Jakarta.

Perkebunan kelapa sawit dari perusahan yang sawu ini mencakup sekitar 137,900 hektar, termasuk plasmanya.  Aktivitas utamanya dimulai dari penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit (PK), sampai dengan melakukan prosesnya menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shorteningbiodiesel dan oleokimia, dll.

3. Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit yang mendapatkan Proper Hijau. Penghargaan ini diberikan atas komitmen perusahaan tersebut yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance).

Penghargaan Proper Hijau itu sendiri terdapat pada peraturan yang dikeluarkan Kementerian LHK melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab.

4. Bakrie Sumatera Plantation

Perusahaan ini mulai menekuni bisnis sawit pada tahun 1993. Sejak saat itu, terdapat beberapa kelompok usaha melanjutkan untuk memperluas usaha kelapa sawit, dengan mengadakan pengembangan lahan baru.

5. Astra Agro

Astra Agro merupakan perusahaan sawit yang sudah mendapatkan Anugerah Lingkungan PROPER sebelumnya. Beberapa indikator yang mendasari penilaian dalam pelaksanaan PROPER di antaranya adalah:

  • Sistem Manajemen Lingkungan
  • Efisiensi Energi
  • 3R Limbah B3
  • 3R Limbah Padat Non B3
  • Penurunan Emisi
  • Efisiensi Air dan Penurunan Beban Pencemaran
  • Keanekaragaman Hayati
  • Pemberdayaan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese