Peralatan Hidroponik

Peralatan dan Perlengkapan Penunjang Hidroponik Untuk Hasil Panen yang Optimal

Peralatan Hidroponik merupakan salah satu komponen penting harus disediakan sebelum mulai budidaya tanaman dengan metode ini. Tentunya, semua kelengkapannya dapat menunjang pertumbuhan tanaman lebih maksimal lagi.

Peralatan Hidroponik Yang Wajib Dimiliki sebelum Memulai Budidaya

Peralatan Hidroponik

Ada beberapa peralatan pokok yang diperlukan untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik. Berikut ini adalah peralatan utama yang waib dimiliki:

  1. Net pot

Keberadaan net pot untuk metode bertanam hidroponik tentunya sangatlah berperan penting. Karena net pot menjadi wadah dimana tanaman akan tumbuh sampai masa panen. Net pot berbeda dengan pot pada umumnya, karena net pot memiliki lubang yang cukup banyak di bawahnya. Hal ini bertujuan agar bisa dilewati dengan akar.

  1. Rockwool

Keberadaan rockwool sebagai media tanam juga sangatlah penting. Karena tanaman hidroponik tidak akan tumbuh jika tidak ada media tanam yang digunakan. Rockwool juga berfungsi sebagai media tanam yang mempermudah pemiliknya dalam hal menyemai benih serta sayuran.

  1. Benih

Tentunya ada berbagai macam jenis benih yang sering ditanam dengan metode hidroponik. Jika Anda ingin menyemai benih sayuran, maka sangat dianjurkan untuk menanam sayuran seperti selada, sawi, bayam, kangkung. Jenis sayuran tersebut sangat mudah tumbuh dan memiliki masa tanam yang singkat.

  1. Sistem hidroponik

Ada berbagai macam jenis sistem hidroponik, dan pada tiap sistemnya pun juga memiliki banyak variasi. Contoh sistem hidroponik misalnya NFT, WICK, DFT, Dutch Bucket, Rakit Apung, Aeroponik, dan sebagainya. Untuk Anda yang masih pemula, maka disarankan untuk menggunakan sistem WICK.

  1. Nutrisi hidroponik

Keberadaan nutrisi hidroponik memiliki peran yang penting dalam bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Karena nutrisi merupakan kunci utama dari metode hidroponik.

Tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan normal jika diberi nutrisi hidroponik. Ada berbagai jenis merk yang tersedia di pasaran, misalnya nutrisi sayuran buah, nutrisi sayuran daun, ataupun untuk bunga. Nutrisi yang kerap digunakan adalah nutrisi daun, dimana jenis tanaman yang sering ditanam adalah sayuran jenis daun.

Daftar perlengkapan di atas wajib untuk Anda miliki sebelum memutuskan untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik. Pastikan bahwa perlengkapan tersebut sudah disiapkan sebelumnya.

Apa Saja Peralatan Penunjang Hidroponik?

Peralatan Hidroponik

Selain membutuhkan peralatan pokok, metode bertanam hidroponik juga memerlukan peralatan penunjang. Berikut ini adalah peralatan penunjang yang dibutuhkan:

  • Gergaji besi => Kegunaan gergaji besi dalam sistem hidroponik adalah untuk memotong beberapa pipa paralon yang digunakan untuk menyalurkan air. Gergaji besi juga digunakan untuk memotong beberapa peralatan yang lainnya.
  • Hole saw => Gergaji jenis hole saw berfungsi untuk membuat lubang-lubang yang ada di netpot. Sebaiknya pilihlah hole saw yang memiliki mata gergaji yang berbentuk bulat, sehingga pembuatan lubang pun juga kan mudah.
  • Meteran => Keberadaan pipa paralon sangatlah penting untuk metode bercocok tanam dengan hidroponik. Meteran digunakan untuk mengukur panjang pada pipa paralon. Meteran juga digunakan untuk mengukur lahan yang akan digunakan untuk bertanam hidorponik.
  • Cutter => Cutter berfungsi sebagai alat untuk merapikan hasil dari potongan hole saw dan juga gergaji besi. Cutter juga bisa digunakan untuk memotong beberapa perlengkapan yang digunakan dalam sistem hidroponik.
  • TDS meter => Merupakan alat yang berfungsi sebagai pengukur kekentalan cairan nutrisi. Alat ini biasanya memiliki satuan PPM. Sehingga perannya pun sangat penting dalam memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik.
  • EC meter => Merupaka alat yang digunakan untuk mengukur mengenai seberapa kuat daya hantar air saat menyalurkan unsur nutrisi pada tanaman hidroponik. Alat ini pun juga di anjurkan untuk dimiliki bagi Anda yang ingin bertanam hidroponik.

Sebelum memutuskan untuk bertanam dengan sistem hidroponik, maka alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu peralatan hidroponik yang lengkap.  Temukan cara mudah menemukan bibit di tempat kami. Jika perlu, konsultasikan kepada kami tentang kebutuhan bibit dan alat yang Anda butuhkan sebelum mulai budidaya tanaman dengan hidroponik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...