Penyebab Penyakit Rebah Kecambah Menyerang Tanaman

Bagi para petani yang biasa membudidayakan tanaman melalui benih, terkadang tanaman yang sedang dibudidayakan itu pernah mengalami gangguan yang dinamankan penyakit rebah semai. Selain itu, kebanyakan orang-orang menganggap bahwa penyakit yang juga disebut penyakit rebah kecambah itu pun hanya dipengaruhi oleh faktor benih dan lingkungan. Hal ini disebabkan karena memang ciri utamanya adalah kecambah tampak layu, selanjutnya bisa menyebabkan kematian pada tanaman budidaya tersebut.

Apa Itu Penyakit Rebah Semai?

apa itu penyakit rembah semai bagi tanaman

Penyakit rembah semai ini merupakan penyakit yang menyerang tanaman pada saat tanaman yang dibudidayakan ditanam dengan cara penyemaian. Banyak orang yang percaya bahwa penyakit ini disebabkan karena faktor lingkungan tempat tanaman tumbuh. Namun pada kenyaraannya tidak.

Penyakit yang satu ini ternyata dapat disebabkan oleh patogen. Patogen yang umum menyerang kecambah diantara adalah Phytophthora spp., Rhizoctonia solani Kuhn, Phytium sp., Fusarium sp.

Gejala yang tampak dari serangan penyakit pada tanaman yang satu ini pun tergantung dari jenis benih, umur, beserta stadia perkembangan semainya. Akan tetapi, dapat dipastikan dari serangan penyakit ini juga disebabkan karena adanya penurunan kualitas dari biji serta daya kecambah pada tanaman.

Gejala Penyakit Rebah Kecambah

penyebab penyakit rebah semai

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya penyakit rebah semai, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi pembusukan pada pangkal batang. Pembusukan yang dapat terjadi ini kebanyakan disebabkan oleh patogen Phytophthora. Hal ini utamanya terjadi pada perkembangan semai biji pada tanaman, terutama pada bagian yang dekat dengan tanah.
  • Terjadi pembusukan semai yang dekat dengan permukaan tanah. Biasanya, bagian busuk pada tanaman yang terkena penyakit ini akan menunjukan warna coklat. Gejala tersebut pada umumnya disebabkan oleh patogen Rhizoctonia solani.
  • Serangan Pythium juga merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit rebah semai. Pada umumnya, penyakit ini akan tampak dimulai dari ujung akar (terutama di akar pokok dan atau akar lateral) tanaman. Pada mulanya, serangan dimulai dari bagian tanaman di dalam tanah. Kemudian, serangan Pythium sp. tersebut pun dapat menyebabkan tanaman menjadi layu, kulit akar busuk basah, diikuti dengan daun atau tunas-tunas yang kemudian terjangkit gejala busuk coklat.

 

Patogen Penyebab Penyakit Rebah Semai

patogen penyakit rebah semai

Penyakit rebah semai yang menyerang tanaman tersebut pada umumnya disebabkan oleh beberapa patogen yang merugikan. Salah satunya dicirikan dengan adanya layu pada bagian batang dan akan tanamna pada saat disemai.

Di bawah ini adalah beberapa patogen atau hama yang menyerang tanaman, lalu dapat menyebabkan tanaman terserang penyakit tersebut:

  • Rhizoctonia solani => adalah salah satu jenis patogen yang dikenal memiliki sifat polifag dan sering terdapat dalam tanah. Patogen yang satu ini memiliki sclerotium berwarna coklat, tidak berkulit dan bentuk tidak beraturan, pipih, dan biasanya terletak pada permukaan inang yang dihubungkan oleh benang-benang miselium berwarna coklat.
  • Pythium => merupakan salah satu hama tanaman yang berupa patogen yang mempunyai sporangium berbentuk bulat yang membentuk hifa, sehingga disebut konidium. Hama yang satu ini bersifat polifag yang dapat menyerang inang yang masih muda (semai). Sehingga, patogen tersebut dapat menyebabkan penyakit rebah kecambah.
  • Fusarium => adalah patogen pada tanaman yang dapat bertahan didalam tanah berbentuk klamidospora (soil inhabitant). Penetrasi terjadi pada ujung akar tanaman. Hal inilah yang kemudian akan membuatnya berkembang dalam jaringan parenkim, lalu menetap dan menginfeksi buah sehingga terdapat kemungkinan bahwa jamur terbawa oleh biji.

Jika tanaman budidaya Anda mengalami masalah, terutaman terserang oleh penyakit rebah semai ini, salah satu caranya adalah melakukan perawatan dengan menggunakan produk pengendali hama tanaman.

PT. Natural Nusantara merupakan salah satu perusahaan distributor berbabagi jenis pupuk organik dan juga pestisida atau pengendali hama yang bisa diandalkan.

Salah satu produk pengendali hama yang mampu mengatasi penyakit rebah semai pada tanaman Anda salah satunya adalah Natural Glio dari NASA. Selain untuk mengatasi penyakit tersebut, produk ini juga mampu mengendalikan hama serta penyakit lainnya yang dapat menyerang tanaman yang Anda budidayakan dengan dosis dan cara penggunaan atau aplikasi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese