penyakit layu pada tanaman

Penyakit Layu yang Menyerang Tanaman dan Penyebabnya

Dalam membudidayakan tanaman, terkadang jika perawatannya tidak sesuai dengan yang semestinya dilakukan tanaman yang tumbuh akan mendapakan penyakit dan penyakit layu pada tanaman adalah yang terkadang bisa menyerang tanaman Anda. Untuk itu, para petani perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Lalu bagaimana caranya?

Apa yang Menjadi Penyebab Penyakit Layu Pada Tanaman Itu?

penyebab penyakit layu pada tanaman

Pernakah Anda melihat tanaman di perkebunan layu dan tidak tumbuh dengan baik? Bisa saja hal tersebut disebabkan karena adanya serangan penyakit layu pada tanaman. Lalu, sebetulnya apa saja yang menjadi penyebab penyakit tersebut bisa menyerang tanaman Anda?

Sebetulnya terdapat dua faktir yang dapat menjadi penyebab serangan penyakit itu terjadi, di antaranya:

  • Faktor Fisiologis => Penyakit layu yang disebabkan karena kurangnya air. Faktor inilah yang menyebabkan tanaman layu bukan karena adanya gangguan dari mikroorganisme¬†atau juga patogen yang dapat menyerang tanaman yang dibudidayakan. Cara mengatasinya hanya dengan menambahkan jumlah air pada proses penyiraman.
  • Faktor Non Fisiologis => Penyakit layu pada tanaman yang satu ini disebabkan oleh adanya serangga patogen atau mikroorganisme lainnya. Biasanya, patogen tersebut menyerang batang serta perakaran tanaman. Serangan tersebut menyebabkan proses fisiologis yang terjadi pada tanaman tidak berjalan baik atau terganggung. Misalnya transportasi air dari akar, proses fotosintesis, serta hasil dari fotosintesis itu sendiri.

Ada banyak sekali patogen yang dapat menyerang serta menyebabkan layunya tanaman itu sendiri. Terkadang, patogen-patogen itu pun tidak dapat diketahui apa saja jenis-jenisnya. Namun, pada umumnya bisa dilihat berdasarkan gejala-gejala dari layunya tanaman.

Jenis-jenis Patogen Penyebab Penyakit Layu Pada Tanaman

patogen penyakit layu pada tanamanBerikut ini adalah beberapa jenis patogen yang bisa menyebabkan penyakit layu pada tanaman yang dibudidayakan:

  • Fusarium Sp => Jamur Fusarium Sp ini biasanya menyerang xylem (jaringan pembuluh kayu) yang menyebabkan transportasi air pada tanaman terganggu. Hal tersebut pun menyebabkan tanaman menjadi layu. Biasanya, jamur ini akan menyerang akar tanaman yang terluka. Keberadaan jamur yang satu inidipengaruhi oleh kondisi tanah sebagai media tumbuh tanaman.
  • Ralstonia Solanacearum => Bakteri ini merupakan patogen tular tanah atau yang sering dikenal dengan sebutan soil borne. Sesuai media penularannya, bakteri ini dapat berkembangbiak dan menyerang tanaman berdasarkan kondisi tanahnya. Bakteri ini bekerja dengan cara mengeluarkan suatu enzim yang dapat menyebabkan tanaman tersebut busuk di sekitar wilayah perakaran. Hal inilah yang menjadi penyebab tanaman layu.
  • Nematoda Meloidogyne => Nematoda tersebut juga dapat merusak tanaman melalui penyerangan dengan cara merusak akar tanaman. Nematoda ini akan membuat tanaman kerdil dan menguning. Selanjutnya, tanaman pun akan menjadi layu. Selain itu, tanaman yang terkena nematida yang satu ini akan terlihat “bintil” pada bagian akarnya.
  • Pytaphtora Capcisi => Jamur yang satu ini akan menyerang tanaman pada saat kondisi basah dan lembap. Bagian tubuh tanaman yang akan diserang jamur yang satu ini adalah daun, batang, dan akar. Apabila tanaman terkena jamur ini, maka kondisi batang tanaman akan terlihat berwarna kehitaman. Biasanya, penyebaran penyakit layu pada tanaman dari jamru ini bisa melalui kondisi tanah, air, dan juga lalat yang membawa jamur tersebut.

 

Memang, jika Anda ingin tanaman yang dibudidayakan tumbuh dengan subur dan bebas dari segala jenis serangan penyakit dan hama, Anda harus melakukan perawatan dengan tepat. Salah satu perawatan pada tanaman supaya terhidar dari penyakit tersebut adalah dengan menggunakan pengendali hama dan penyakit yang ampuh menanganinya.

PT. Natural Nusantara merupakan salah satu distributor pupuk dan pengendali hama yang dapat diandalkan dalam hal ini. Terdapat berbagai jenis pupuk yang mampu membuat tanaman Anda tumbuh subur dan terhidar dari berbagai jenis penyakit.

Solusi penyakit layu pada tanaman itu sendiri bisa ditangani dengan menggunakan produk Natural Glio NASA dan Corrin NASA. Dengan menggunakan kedua pengendali hama dan penyakit tersebut, maka masalah pertanian Anda akan dengan mudah teratasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese