4 Keuntungan yang Bisa Didapatkan dari Berbisnis Sawit

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya peluang bisnis  sawit itu sendiri? Meningkatnya kebutuhan serta harga komoditas kelapa sawit juga menyebabkan daya tarik masyarakat terhadap bisnis tanaman yang satu ini pun semakin bertambah besar. Hal ini pun didukung karena sektor perekonomian di Indonesia sangat dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan minyak kelapa sawit. Bahkan, bagi pemerintah sendiri, keberadaan lahan sawit juga diharapkan dapat menjaga tingkat kestabilan harga minyak nabati, sumber devisa negara, hingga dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Bagaimana Pemanfaatan Bisnis Minyak Kelapa Sawit?

bisnis kelapa sawit

Anda mesti tahu bahwa sebelum minyak sawit dijadikan sebagai sektor industri, minyak kelapa telah banyak dimanfaatkan sebagai minyak goreng serta industri pangan lainnya. Tercatat pada tahun 1970-an bahwa pengguanaan minyak kelapa bahkan menjadi salah satu komoditas yang kerap berada di zaman keemasannya.

Akan tetapi pada akhirnya, produksi minyak kelapa yang cenderung menurun selama kurun waktu 20 tahun terakhir mendorong diberlakukannya subtitusi. Yaitu, dengan penggunaan minyak sawit yang produktifitasnya relatif selalu naik.

Akhirnya, masalah baru muncul ketika peningkatan volume produksi minyak sawit tidak diiringi dengan kenaikan nilainya sebagai akibat dari fluktuasi harga secara global. Akan tetapi, peluang bisnis sawit ternyata selalu menawarkan potensi laba yang tidak sedikit pada orang yang tertarik berbisnis di sektor ini.

Apa Saja Keuntungan dari Peluang Bisnis Sawit?

keuntungan bisnis sawit

Seperti yang telah diketahui bahwa peluang bisnis sawit memang selalu besar dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang tak pernah habis. Lalu, apa saja keuntungan melkukan bisnis di bidang ini?

1. Laba Sampai yang Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keuntungan atau laba dari bisnis sawit sangatlah besar. Bahkan, biaya produksi rata-rata dari kelapa sawit ini bisa mencapai kira-kira sebesar Rp 500/kg. Hal ini juga didasari adanya nilai jual TBS (Tandan Buah Segar) sekitar Rp 1597/kg.

Dari perhitungan tersebut, ternyata keuntungan dari bisnis ini dapat mencapai tiga kali lipat  harga TBS apabila mengalami kenaikan.

2. Investasi Menjanjikan

Anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membuka lahan kelapa sawit cukup besar. Biaya pembukaan lahan pun memang belum termasuk ongkos penanaman serta berbagai perawatan pohon sawit.

Selain itu, jika masa tanaman belum menghasilkan, para investor pun terkadang dituntut untuk menyediakan dana yang cukup banyak. Akan tetapi, investasi serta modal dari bisnis tanaman ini sangat menjanjikan dan kemungkinan biaya yang telah dikeluarkan  akan kembali pada saat tanaman sudah panen (sekitar 4 tahun setelah masa panen).

3. Semua Proses Pengelolaan Dilakukan Oleh Para Pekerja

Sebagai pemilik kebun kelapa sawit, bisanya tidak akan direpotkan untuk mengurus lahan tersebut sendirian. Sebaliknya,  keuntungan yang kemungkinna dapat Anda terima dari lahan tersebut akan lebih dari cukup sekalipun untuk upah para pekerja.

Peluang bisnis sawit ini juga dapat dikatakan sebagai passive income, di mana Anda bakal selalu mendapatkan penghasilan tanpa harus bersusah payah dalam proses pengelolaannya.

4. Harga Kebun Selalu Naik

Penjualan TBS yang diproduksi oleh lahan sawit dan diproses oleh pabrik kelapa sawit yang dimiliki. Sealin itu, untuk mengembangkan bisnisnya dapat dilakukan dengan berjual beli lahan.

Harga lahan kelapa sawit pun biasanya selalu mengalami kenaikan drastis di tiap tahunnya. Harga suatu lahan kelapa sawit juga pada umumnya sangat dipengaruhi oleh kualitas tanaman-tanaman sawit yang ditanam.

Dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis sawit ini memang menjanjikan karena kelapa sawit merupakan komoditas yang berpengaruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese