pabrik kelapa sawit

Daftar Pabrik Pengolah Kelapa Sawit di Indonesia

Karena Indonesia merupakan negara yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar, maka terdapat banyak pula pabrik kelapa sawit untuk pengolahan minyak sawit.  Berkat itu, Indonesia yang memiliki banyak komoditi yang berkualitas yang hingga kini semakin dikenal di dunia internasional.

Wilayah yang Terdapat Perusahaan Pengolah Sawit di Indonesia

daerah pabrik sawit

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi yang cukup tinggi terkait pengembangan perusahaan kelapa sawit. Sawit juga merpakan salah satu komoditi yang cukup penting dan banyak menghasilkan di negara ini. Namun, meskipun demikian tidak semua wilayah di Indonesia dapat dijadikan wilayah perkebunan  maupun pabrik kelapa sawit.

Pulau Sumatera dan Kalimantan merupakan wilayah yang sangat strategis untuk pengembangan sektor industri yang satu ini. Selain itu, keduanya merupakan wilayah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Bahkan, hasilnya sudah menembus pasar internasional.

Hasil yang menakjubkan tersebut tak dapat dilepaskan dari peranan pabrik. Maka, proyek pembangunan perusahaan pengolah sawit juga layak untuk mendapatkan perhatian dari berbagai pihak.

Pabrik Kelapa Sawit di Indonesia

daftar pabrik sawit

Terdapat beberapa nama-nama pabrik kelapa sawit yang beroperasi dalam mengembangkan sektor industri yang satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit yang terbesar di Indonesia. Pabrik yang satu ini mampu memproses buah kelapa sawit dari 160.000 hektar lahan perkebunan untuk memproduksi sekitar 1 juta metrik ton CPO (Crude Palm Oil). Sehingga, hal tersebut akhirnya membuat Asian Agri termasuk sebagai salah satu produsen CPO utama terbesar di Asia. Selain itu, pabrik ini juga  memiliki mitra petani plasma terbesar di Indonesia, yaitu sekitar 29.000 petani yang meliputi 60.000 ha lahan perkebunan.

2. Triputra Agro Persada

Triputra Agro Persada, salah satu anak perusahaan dari Triputra Group yang fokus dibidang perkebunan kelapa sawit berskala nasional. Perusahaan kelapa sawit yang satu ini telah memiliki luas lahan sekitar lebih dari 200.000 ha juga beberapa pabrik pengolahan CPO (minyak kelapa sawit mentah). Lahan perkebunan yang dikembangkan dari perusahaan ini sudah tersebar di beberapa wilayah. Misalnya, Provinsi Jambi,  Selain sawit, pabrik yang satu ini juga fokus di bidangpertanian karet.

3. Abdi Budi Mulya

Abdi Budi Mulya merupakan salah satu pabrik sawit yang terletak di wilayah Sumatera Utara, tepatnya di kawasan Teluk Panji, Labuhan Batu Selatan. Pabrik yang satu ini memproduksi minyak kelapa sawit berupa minyak kasar dan juga jenis minyak nabati serta hewani. Minyak sawit yang diproduksi oleh pabrik tersebut merupakan minyak yang digunakan untuk keperluan konsumsi.

4. Karya Putra Kreasi Nusantara

Perusahaan pengolah sawit Karya Putra Kreasi Nusantara salah satu  terletak di kawasan Access Road, lebih tepatnya di Dusun Tanjung Permai, Batu Bara, Sumatera Utara. Perusahaan ini mengkhususkan diri pengolahan kelapa sawit pada bidang  minyak nabati.

5. Mopoli Raya

Mopoli Raya adalah salah satu perusahaan penghasil minyak kasar kelapa sawit terbesar di Aceh. Pabrik yang satu ini memproduksi keperluan konsumsi dan jenis minyak hewani dan nabati dari buah sawit.

6. Agro Bintang Dharma Nusantara

Agro Bintang Dharma Nusantara merupakan pabrik kelapa sawit yang terletak di kawasan Pekasan Desa Modang, Kecamatan Kuaro, paser, Kalimantan Timur. Perusahaan ini memproduksi CPO (minyak kasar kelapa sawit) yang juga banyak digunakan untuk keperluan konsumsi untuk dijadikan sebagai  bahan dasar aneka jenis makanan.

Pabrik pengolah sawit di Indonesia memproduksi minyak kelapa sawit untuk berbagai macam komoditas. Misalnya, minyak goreng, minyak nabati, dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!