Natural GLIO Nasa

Penggunaan Natural GLIO dari NASA pada Tanaman

Selain penggunaan pupuk , penggunaan pestisida atau pengendali hama pun terkadang perlu dilakukan guna mendukung pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Salah satu jenis pestisida yang bisa digunakan adalah Natural GLIO NASA yang di dalamnya memiliki bahan aktif yang ampuh mengendalikan aneka jenis hama pengganggung tanaman.

Apa Itu Natural GLIO NASA?

natural glio nasa dan penggunaannya

Natural Glio Nasa ini merupakan pestisida alami yang mengandung Gliocladium Virens 1,64 X 1011 cfu/g. Produk yang satu ini merupakan salah solusi pestisida biologi yang dipasarkan oleh PT. Natural Nusantara untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman yang sedang dibudidayakan.
Produk yang satu ini memiliki manfaat yang cukup banyak, salah satunya yaitu untuk menghancurkan sumber infeksi penyakit atau biasa disebut inokulum yang dapat menyerang tanaman. Selain itu, produk ini juga mampu melakukan pencegahan terhadap sumber penyakit dengan cara menghambat penyebaran pada kolonisasi tanah atau lingkungan tempat tanaman tumbuh.

Manfaat dan Mekanisme Kerja Natural GLIO Nasa

manfaat natural glio nasa

Berikut ini saya sampaikan manfaat dari produk Natural Glio Nasa yang dapat Anda dapatkan, terutama dalam pemeliharaan tanaman budidaya:
  • Merupakan pestisida bilogi yang mampu bekerja secara efektif untuk menghancurkan sumber infeksi (inokolum) penyakit [pada tanaman.
  • Berfungsi untuk melakukan pencegahan sumber infeksi penyakit yang dapat menyebar kepada tanaman lainnya di sekitar lingkungan tanaman.
  • Dapat memberikan perlindungan terhadap akar tanaman juga pada perkecambahan biji terhadap sumber infeksi penyakit tanaman.
  • Berfungsi untuk membuat tanaman bekerja selaras dengan keseimbangan alam sehingga lebih aman untuk lingkungan, manusia dan hewan yang berada di sekitar lingkungan tanaman tumbuh.
Untuk mekanisme cara kerjanya, produk Natural GLIO Nasa ini memiliki sifat, yaitu hiperparasit terhadap penyakit tanaman. Dengan kata lain, produk tersebut juga bersifat pathogen sehingga menyebabkan terjadinya persaingan tempat untuk hidup dan nutrisi yang ada dalam tanah.
Dalam kondisi yang seperti itu, pestisida biologi Ntaural Glio ini dapat mengeluarkan zat antibiotik, yaitu zat Gliovirin dan zat Viridin.
Zat antibiotik ini  berfungsi untuk mematikan  pathogen penyebab penyakit tanaman yang akan dibudidayakan.

Aplikasi Natural GLIO NASA pada Tanaman

aplikasi natural glio nasa

Pengaplikasian pestisida biologi Natural Glio Nasa itu sendiri sangat tepat diberikan pada tanaman-tanaman tertentu, misalnya cabai,tomat, kubis, terong, bawang merah, bawang daun, semangka, kapas, anggrek, tembakau, pohon sawit, kakao, vanili, pohon karet, cengkeh, kopi, dll.

Berikut ini adalah cara aplikasi pestisida biologi dari Natural Glio:

  • Produk ini dapat diterapkan secara langsung terhadap tanaman holtikultura dan pangan dengan dosis  sebanyak 1 s.d. 2 gram pada tiap setiap lubang yang akan ditanami.
  • Produk akan lebih efektif jika dicampurkan pupuk kandang dalam penggunaannya. Caranya adalah dengan 1 bungkus Natural Glio dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 25-50 kg.
  • Setelah itu, diamkan campuran pupuk tersebut terlebih dahulu selama kurang lebih 1 minggu dalam kondisi lembab.
  • Kemudaian, campuran pupuk tersebut pun dapat digunakan sebagai pupuk dasar.

 

Akan tetapi, apabila  tanaman telah terinfeksi penyakit karena sebelumnya belum menggunakan produk tersebut, maka hal yang Anda dapat  lakukan adalah dengan langkah berikut ini:
  •  Campurkan 1 bungkus GLIO dengan pupuk kandang yang siap digunakan. Anda juga bisa menggunakan  pupuk kompos sebanyak 2-3 kg.
  • Setelah itu, diamkan campuran pupuk dan Natural Glio selama kurang lebih 1 minggu baru dapat Anda digunakan. Sementara itu, dosis yang digunakan adalah sekitar 2-3 sendok makan pada tanaman yang telah terserang pathogen.

 

https://www.youtube.com/watch?v=qMBCDULqzvc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese