natural bvr nasa

Natural BVR dari NASA untuk Pengendali Hama

Salah satu pengedali hama yang dapat digunakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman adalah Natural BVR Nasa yang memiliki manfaat cukup banyak. Seperti yang Anda tahu bahwa penggunaan pengendali hama bagi tanaman yang dibudidayakan memang cukup penting. Hal ini dikarenakan jika tanaman terkena penyakit atau serangan hama, maka pertumbuhannya pun akan terhambat.

Apa Itu Natural BVR Nasa pada Hama?

apa itu natural bvr nasa

Natural BVR Nasa merupakan salah satu produk pupuk organik dari PT. Natural Nusantara yang memiliki manfaat yang banyak, terutama untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Lalu bagaimana cara kerja pupuk NASA yag satu ini untuk pengendalian hama itu sendiri?

Natural BVR Nasa dapat masuk melalui mulut serangga atau hama penganggu tanaman. Setelah itu, perlahan-lahan produk ini dapat tumbuh dan berkembang untuk menghancurkan sistem organ dari dalam pada hama dengan cara menempel pada kulit hama dan mengeluarkan enzim. Di antara enzim tersebut ada Kitinase, Protease, dan lipase Lipase yang dapat menghancurkan kulit serangga atau hama.
BVR ini dapat mengeluarkan racun, yaitu Beauvericin, Beauveroilides, dan Asam oksalat untuk pembunuh hamanya. Miselium yang terdapat pada produk yang satu ini pun bisa tumbuh secara progresif dan muncul badan buah berwarna putih pada hama yang mati. Apabila  hama pengganggu terinfeksi dan tersinggung hama sehat, maka hama akan tertulari. Penularannya pun dapat melalui angin.
Kematian hama yang menganggu ini dapat terjadi berkisar 4 samapi dengan 8 hari lamanya setelah terinfeksi BVR.
Pestisida biologi  yang satu ini memiliki bentu tepung yang dapat disuspensikan dalam air. Biasanya, penggunaannya dilakukan untuk dapat mengendalikan hama walang sangit (Leptocorisa Oratorius) pada tanaman padi.

Kelebihan Penggunaan Natural BVR Nasa pada Tanaman

kelebihan natural bvr nasa

Natural BVR dari NASA ini tentu memiliki keunggulan tersendiri terkait penggunaannya pada tanaman, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Efektif dan juga efisien untuk mengendalikan hama sasaran yang mengganggu tanaman.
  • Tidak akan mematikan musuh alami pada tanaman yang dibudidayakan.
  • Tidak menganggu kelesatrian alam sehinggan aman terhadap lingkungan, manusia dan hewan
  • Penggunaan Natural BVR NASA ini cukup mudah dan dengan harga yang relatif murah.
  • Penggunaannya dapat mendukung program pertanian yang berkelanjutan.
  • Produk ini aman terhadap hewan peliharaan, manusia dan lingkungan.

 

Produk pupuk pengendali hama yang satu ini dangat tepat digunakan untuk tanama-tanaman tertentu, di antaranya adalah padi, cabai, tomat, kacang panjang, buncis, semangka, kentang, bawang merah, daun kubis, apel, mangga, serta coklat.

Lalu apa saja hama sasaran yang mampu dikendalikan oleh Natural BVR Nasa ini? Pestisida biologi ini mampu mencegah serangan dari wereng (Nilaparvata sp.; Nephotettix sp.; Sogatella sp.), penggerek batang padi (Thryporhiza sp.;Chilo supressalis), dan hama lainnya.

Cara Aplikasi Penggunaan BVR dari NASA

aplikasi natural BVR nasa

Berkut ini adalah cara penggunaan atau aplikasiproduk pupuk pengendali hama Natural BVR NASA untuk lingkungan tenpat tanaman tumbuh:

  • Dosis yang digunakan adalah sekitar 1-2 gram per liter atau sekitar 100 gram per 1000 m2.
  • Setelah mengetahui dosis penggunaan produk pengendali hama tersebut yang sudah dilarutkan, semprotkan ke tanaman pada sore hari.

 

Produk ini juga dapat dicampurkan dengan POC NASA atau Hormonik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Untuk perngatan, Natural BVR ini tidak boleh dicampur dengan pestisida kimia saat pengaplikasiannya. Selain itu, kontak langsung dengan kulit manusia tidak akan menyebabkan keracunan. Apabila terkena mata, produk ini dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, hindarkan jangan sampai masuk ke mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese