manfaat pupuk bagi tumbuhan

5 Fungsi Pupuk Bagi Pertumbuhan Tanaman

Pada dasarnya, manfaat pupuk untuk tanaman itu banyak sekali. Pupuk itu sendiri merupakan makanan sekaligus nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Hal itu juga dapat membantu dalam produktivitas serta hasil panen. Oleh karena itu, proses penggunaan pupuk penting sekali dalam perawatan tanaman Anda.

Apa Saja Manfaat Pupuk Bagi Tanaman?

manfaat dari pupuk

Manfaat pupuk itu sendiri adalah sebagai sumber zat hara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Tidak hanya itu, pupuk juga dapat memperbaiki struktur tanah atau lingkungan tanaman tumbuh.

Apabila unsur hara pada tanaman tidak terpenuhi, maka tanaman pun tidak akan tumbuh dengan subur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pupuk bagi tanaman yang harus diketahui:

1. Membuat Kandungan Unsur Hara Lebih Stabil

Kestabilan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman sangat penting. Jika kebutuhan zat hara tidak terpenuhi, maka tanaman pun tidak akan tumbuh dengan baik. Contoh pupuk yang dapat digunakan untuk hal ini adalah Greenstar.

2. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat utama dari pupuk itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesuburan tanaman yang sedang dibudidayakan. Jika kesuburannya berlangsung baik, maka tanaman pun akan terbebas dari hama dan penyakit yang memengaruhi produktivitas hasil panen. Pupuk yang dapat digunakan salah satunya adalah Natural BVR untuk pengendalian hama.

3. Meningkatkan dan Mempercepat Produktivitas

Manfaat pupuk selanjutnya adalah untuk dapat meningkatkan serta mempercepat produktivitas. Jika dosis pupuk serta perawatan dilakukan dengan tepat, maka produktivitas tanaman pun akan berlangsung baik. Pupuk yang bisa digunakan untuk hal ini salah satunya adalah Power Nutrition.

4. Memacu Pertumbuhan Tanaman

Pupuk berfungsi untuk memacu pertumbuhan tanaman, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan akar, daun, dan batang. Jika pertumbuhan tanaman baik, maka hasil panen pun akan lebih baik. Pupuk yang bisa digunakan untuk hal ini adalah Super NASA Organik.

5. Memperbaiki Lahan yang Rusak

Lingkungan tempat tanaman tumbuh akan memengaruhi budidaya tanaman, terlebih jika lahannya rusak. Pupuk dapat memanipulasi lingkuhan sehingga lahan yang rusak dapat diperbaiki dan dapat digunakan lagi. Pupuk yang dapat digunakan untuk hal ini adalah Granule Modern.

Unsur-Unsur Penting pada Pupuk

Aktivitas pertanian yang secara terus menerus dilakukan mengakibatkan tanah kehilangan unsur hara. Sementara itu, pemberian pupuk pada tumbuhan yang dibudidayakan dapat meningkatkan kadar hara dan kesuburan. Oleh sebab itu, untuk dapat mengembalikan kebutuhan hara pada tanaman diperlukan peenggunaan pupuk sebagai bagian dari proses perawatannya.

Berikut ini adalah unsur-unsur pada pupuk yang dapat memberikan manfaat pada tanaman:

1. Unsur Makro

Unsur hara makro itu sendiri mengandung hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah banyak. Akan tetapi, jumlah yang diberikan pun memiliki batasan tertentu Jika pemberian unsur makro melebihi batas yang telah ditentukan, maka tanaman akan mengalami keracunan dan bahkan bisa mati.

  • Nitrogen => berperan dalam pembentukan sel, jaringan, serta organ tanaman.
  • Fosfor => komponen penyusun beberapa enzim, protein, ATP, RNA, dan DNA pada tanaman.
  • Kalium => pengatur proses fisiologi tanaman seperti fotosintetis, akumulasi, translokasi, transportasi karbohidrat, dll.
  • Magnesium => aktivator yang berperan dalam transportasi energi beberapa enzim di dalam tanaman.
  • Kalsium => untuk pertumbuhan sel tanaman.

2. Unsur Mikro

Unsur mikro merupakan unsur yang juga diperlukan bagi tanaman, namun dalam jumlah sedikit. Walaupun demikian, unsur ini sangat pernting untuk proses pertumbuhannya.

  • Boron => unsur yang berkaitan erat dengan proses pembentukan, pembelahan, dan diferensiasi pada tanaman.
  • Tembaga => sebagai aktivator enzim.
  • seng => sebagai aktivator enzim, pembentuk klorofil, dan pembantu proses fotosintesis.
  • Besi => berperan pada proses pembentukan protein pada proses fotosintesis.
  • Molibdenum => pembawa elektron untuk mengubah nitrat menjadi enzim.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese