minyak kelapa sawit

Manfaat Minyak Sawit untuk Kehidupan Sehari-hari

Minyak kelapa sawit dikenal dengan nama minyak nabati. Umumnya, jenis minyak ini diolah dari  spesies Elaeis guineensis kelapa sawit. Minyak tersebut memang sudah menjadi komoditas yang cukup besar, terutama di Indonesia. Karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari minyak jenis ini.

Manfaat Minyak Sawit

manfaat minyak sawit

Minyak yang diproses dari buah kelapa sawit ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi manusi di kehidupan sehari-harinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didaptkan dari jenis minyak yang satu itu:

1. Alternatif Bahan Bakar (Biodiesel)

Diesel adalah salah satu jenis mesin yang memiliki keunggulan, terutama untuk kendaraan yang cenderung membutuhkan tenaga dalam porsi besar untuk mengangkut hasil kebun. Misalnya, di dunia pertambanganatau pendistribusian komoditas antar daerah. Minyak sawit sendiri dapat dijadikan alternatif sebagai bahan baku pembuatan biodiesel.

2. Olahan Minyak Goreng dan Mentega

Barangkali belum ada yang mengetahui bahwa minyak goreng yang beredar di pasaran berasal dari buah sawit. Kebanyakan minyak goreng yang beredar di pasaran merupakan hasil olahan sawit. Selain itu, minyak jenis ini pun bijadikan bahan pembuatan mentega.

3. Bahan Pembuat Lotion dan Krim Kecantikan

Produk-produk kecantikan adalah komoditi yangselalu laris. Salah satu bahan pembuatan krim kecantikan atau lotion perawatan adalah minyak kelapa sawit. Hal ini dikarenakan kandungan dari buah sawit baik untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Sebagai Pelumas

Pelumas  digunakan untuk melumuri berbagai bagian luar mesin dan perkakas lain yang menggunakan motor sebagai penggeraknya. Kelapa sawit merupakan salah satu bahan baku pada oli samping.

5. Bahan Baku Cat

Minyak kelapa sawit juga bagus digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuat berbagai jenis cat atau vernis (compound ) yang sering digunakan untuk melakukan proses pemolesan pada bodi mobil.

6. Bisa digunakan sebagai kompos

Ampas dari tandan buah segar (TBS) dan bahkan sawit itu sendiri bisa diolah menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos dari sawit cukup dikenal sebagai bahan yang baik untuk membantu menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan tanaman karena unsur-unsur hara yang dimilikinya.

Produksi dan Ekspor Minyak Kelapa Sawit di Indonesia

ekspor minyak sawit

Industri di Indonesia  menunjukkan perkembangan secepat industri minyak kelapa sawit, walaupun tidak banyak dan hanya beberapa. Pertumbuhan industri ini akan tampak jika dilihat dari jumlah produksi dan ekspor dari Indonesia. Selain itu, hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan luas area perkebunan sawit.

Penyebab perkembangan tersebut salah satunya adalah berkat dorongan permintaan global yang terus meningkat. Sehingga, keuntungan yang didapatkan juga naik. Karena itu, budidaya kelapa sawit telah ditingkatkan secara signifikan baik oleh petani kecil maupun para pengusaha besar di Indonesia.

Mayoritas hasil produksi minyak kelapa sawit Indonesia diekspor. Negara-negara tujuan ekspor yang paling penting adalah RRT, India, Pakistan, Malaysia, dan Belanda. Walaupun angkanya sangat tidak signifikan, Indonesia juga mengimpor minyak sawit, terutama dari India.

Hal yang tak kalah penting yang mesti diketahui bahwa mayoritas minyak sawit yang diproduksi di negara ini memang diekspor.  Aakan tetapi, populasi Indonesia juga ikut mengalami pertumbuhan. Hal ini menyebabkan permintaan minyak sawit domestik di Indonesia juga terus bertambah.

Selain itu, peningkatan terhadap permintaan minyak sawit dalam negeri ini sebenarnya bisa diartikan bahwa pengiriman minyak sawit mentah dari Indonesia juga akan terhambat di tahun-tahun mendatang. Untuk itu, peran pemerintah terhadap isu produksi minyak kelapa sawit sangat diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!