manfaat kelapa sawit bagi manusia

Apa Saja Manfaat Tanaman Kelapa Sawit?

Terdapat banyak sekali manfaat kelapa sawit sebagai tanaman industri bagi kehidupan manusia. Tanaman ini merupakan tanaman penghasil minyak sawit yang dapat digunakan untuk berbagai pengolahan produk industri.

Manfaat Kelapa Sawit pada Bagian Pohonnya

amnfaat kelapa sawit

Manfaat pohon kelapa sawit sangatlah banyak. yang bisa diambil terdapat pada buahnya. Di mana, buahnya akan diproduksi menjadi minyak sawit dan diproses menjadi beberapa produk industri yang digunakan banyak orang. Produk industri tersebut mulai dari kosmetik, makanan, hingga obat-obatan.

1. Akar

Pada saat akar tanaman sawit yang terdapat di dalam tanah, sel yang berada di lapisan permukaan tudung akar kelak akan terlepas dan digantikan oleh sel baru. Sel tersebut dibentuk oleh maristem apical yang terletak di ujung dan tudung akar. Hal itu memiliki kecenderungan untuk membuatnya membelah diri untuk menghasilkan sel-sel baru.

Manfaat dari akar kelapa sawit dalam pertumbuhan pohonnya adalah sebagai media absorbsi air dan garam mineral. Sehingga, hal ini dapat membuat bulu-bulu akar yang sudah menua ini selanjutnya akan berubah wujud menjadi jaringan penyusun tanaman yang bersifat permanen. Sehingga memperpanjang usia pembuahan pada pohon kelapa sawit.

2. Daun Kelapa Sawit

Daun kelapa sawit muda yang masih kuncup biasanya memiliki warna kuning pucat, lalu akan berubah menjadi hijau gelap setelah daun menua. Setiap bulan, tanaman sawit muda dapat menghasilkan 4-5 pelepah sedangkan tanaman sawit muda mampu membentuk 2-3 pelepah.
Ternyata daun kelapa sawit sangat bermanfaat untuk menentukan produktivitas pohon sehingga menghasilkan buah kelapa sawit yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi dari luas permukaan daun kelapa sawit.
Maka, semakin luas permukaan tersebut, kian banyak pula buah-buah sawit yang sanggup dihasilkan tanaman. Alasan lainnya adalah karena daun yang luas memungkinkan proses fotosintesis berlangsung lebih maksimal. Namun juga, ukuran daun terlalu luas justru mengakibatkan laju transpirasi tanaman tinggi.

3. Buah

Pada buah kelapa sawit terdapat 3 lapisan utama, yakni:

  • Eksoskarp => bagian kulit buah berwarna kemerahan dan licin.
  • Mesoskarp => serabut buah
  • Endoskarp => cangkang pelindung inti

Manfaat  buah tanman kelapa sait ini sudah sangat jelas dalam memproduksi minyak sawit. Di mana, minyak sawit akan sangat  bermanfaat terutama sebagai bahan baku produk industri.

Manfaat Kelapa Sawit untuk Kehidupan Sehari-hari

manfaat kelapa sawit untuk produksi

Berikut ini adalah beberapa manfaat kelapa sawit bagi kehidupan manusia:

1. Bahan Baku Pembuatan Produk Industri

Minyak goreng yang hingga saat ini dijual di pasaran merupakan jenis minyak goreng yang berasal dari olahan kelapa sawit. Selain itu, kelapa sawit juga digunakan sebagai bahan olahan produk industri seperti kosmetik, aneka jenis sabun, bahan makanan, dan sebagainya.

2. Bahan Pangan Hewan Ternak

Manfaat kelapa sawit selanjutnya ada pada ampasnya, yaitu dapat dimanfaatkan untuk bahan pangan pada hewan ternak. Selain itu juga buah kelapa sawit juga menjadi santapan lezat bagi hewan liar yang berada di sekitar perkebunan kelapa sawit.

3.Bahan Kompos

Ampas dari buah kelapa sawit dan juga daun kelapa sawit dapat diolah menjadi pupuk kompos yang dapat membantu tumbuhan menjadi lebih baik akrena mengandung unsur haranya.

Pohon kelapa sawit jika dilihat dari manfaat ekonomisnya juga  dapat dimanfaatkan sebagai komoditas. Seperti telah diketahui, tanaman yang satu ini  dikenal  memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sehingga, banyak sekali perusaan yang berani menanamkan investasi modal dengan nilai yang tinggi bagi pembukaan lahan kebun kelapa sawit, termasuk di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese