Kelebihan dan kekurangan hidroponik

Keunggulan dan Kekurangan Metode Bertanam Secara Hidroponik yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan hidroponik wajib Anda ketahui. Dengan demikain, Anda pun bisa mempertimbangkan apakah akan memulai usaha budidaya ini atau tidak. Pasalnya, banyak petani di kota maupun desa yang sudah menerapkannya karena sangat menguntungkan.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik secara Umum

Kelebihan dan kekurangan hidroponik

Ada berbagai kelebihan bercocok tanam dengan metode hidroponik saat ini. Berikut ini adalah kelebihan yang bisa Anda peroleh dari bertanam secara hidroponik:

  • Tanaman tumbuh lebih cepat => Pertumbuhan tanaman yang ditanam dengan media air jauh lebih baik perkembangannya. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman akan lebih cepat terserap dengan baik. Sehingga nutrisi yang masuk akan langsung menyebar ke berbagai bagian tumbuhan yang lain.
  • Tanpa media tanah => Saat Anda memutuskan untuk menggunakan metode hidroponik, maka Anda pun akan menggunakan media air. Dimana media ini sangat steril dan lebih bersih jika dibandingkan dengan bertanam di media tanah. Hasil panen nya pun juga tidak akan berbau tanah sama sekali.
  • Proses panen yang mudah dan cepat => Untuk proses panen pada metode hidroponik tentunya akan lebih mudah dari bertanam menggunakan media tanah. Anda tinggal mengambil hasil panen yang ingin Anda ambil tanpa perlu repot-repot untuk menggalinya dari tanah. Sehingga Anda pun juga tidak perlu membersihkan hasil panen.
  • Tidak adanya penyiraman => Anda tidak perlu melakukan penyiram pada tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik. Hal ini karena media yang digunakan pun juga sudah menggunakan air. Sehingga komponen air untuk penyiraman juga tidak dibutuhkan dalam metode ini.
  • Hemat tempat => Metode bertanam dengan hidroponik sangat cocok sekali untuk diaplikasikan di lahan yang sempit dan terbatas. Sehingga hal ini pun juga akan menghemat lahan Anda. Bahkan Anda pun yang tinggal di perkotaan juga bisa menggunakan metode hidroponik.

Beberapa kelebihan di atas memanglah memberikan keuntungan yang besar bagi para petani yang menerapkan metode bercocok tanam dengan sistem tanaman hidroponik. Selain memiliki kelebihan, metode bertanam secara hidroponik juga memiliki kekurangan.

Salah satunya adalah adanya cara perawatan yang relatif  baru dan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Karena dianggap sulit, maka popularitas metode ini pun masih banyak dipertimbangan.

Hal-Hal yang Membuat Metode Budidaya ini Bisa Anda Pertimbangkan

Kelebihan dan kekurangan hidroponik

Budidaya yang sukses dan berhasil bisa membawa keuntungan. Anda bisa mengkonsumsi tanaman ini sendiri maupun menjualnya. Sebagai bahan pertimbangan, inilah yang harus Anda pahami dulu terkait metode budidaya tanaman ini :

  • Butuh modal besar => Untuk Anda yang ingin mengaplikasikan metode hidroponik bagi pertanian Anda, maka Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar. Karena biasanya metode ini memerlukan beberapa peralatan pendukung seperti pipa besar, air yang memadai, dan sebagainya. Namun untuk Anda yang bertanam dengan skala yang besar, maka metode hidroponik sangatlah cocok. Karena hasil panen nya pun juga kan bisa menutup pengeluaran modal yang besar.
  • Butuh ketelitian lebih => Untuk dapat menerapkan metode ini dengan baik, maka Anda juga harus mengontrol nutrisi yang harus diberikan pada tumbuhan. Misalnya meliputi kadar keasaman pada pH. Sehingga jika Anda tidak memiliki latar belakang pertanian yang baik, maka akan sulit untuk menerapkannya.
  • Butuh keterampilan khusus => Untuk Anda yang berminat untuk menggunakan metode ini, maka Anda juga dituntut untuk ahli dalam merangkai peralatan nya. Anda harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi untuk menciptakan aneka peralatan pendukung untuk bertanam secara hidroponik.
  • Jarang diaplikasikan => Keberadaan perangkat pendukung untuk metode hidroponik juga masih sangat langka untuk ditemukan. Sehingga alat-alat tersebut juga masih sulit untuk didapatkan di beberapa toko pertanian. Sehingga hal tersebut akan sulit jika Anda membutuhkan perawatan pada alat-alat tersebut.

Penjelasan di atas merupakan kelebihan dan kekurangan hidroponik. Setelah mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai media mana yang sebaiknya akan Anda gunakan.

Anda bisa memulai usaha hidroponik dengan membeli bibit di tempat kami. Agronasa telah dipercaya sebagai rekan para petani untuk memperoleh tanaman yang subur dan terawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...