Jenis Tanaman Hidroponik

Macam-macam Tanaman Hidroponik yang Bisa Anda Budidayakan dengan Mudah

Jenis Tanaman Hidroponik sangatlah beraneka ragam. Tanaman tersebut mencakup jenis sayuran, buah-buahan, serta tanaman jenis lainnya. Untuk Anda yang ingin memulai usaha hidroponik, maka tentukan dulu jenis tanaman  yang akan dibudidayakan.

Jenis Tanaman Hidroponik berupa Sayuran

Jenis Tanaman Hidroponik

Ada banyak jenis sayuran yang dapat ditanam dengan metode hidroponik. Berikut ini adalah jenis sayuran yang bisa di tanam dengan sistem hidroponik:

  1. Seledri

Sayuran seledri memiliki kandungan vitamin yang beraneka ragam, misalnya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E, dan K. Vitamin-vitamin ini memiliki manfaat untuk mencegah serta menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat  dari seledri adalah sebagai penurun kadar kolesterol di dalam darah. Tanaman ini juga bermanfaat untuk menambah imun tubuh, dan memperkuat fungsi hati. Karena memiliki pasar yang ramai, maka tidak salah jika para petani memilih budidaya tanaman seledri.

  1. Timun

Timun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air. Jenis tanaman merambat ini relatif mudah untuk dibudidayakan secara hidroponik. Kualitas tanaman pun bisa dikontrol dengan cukup memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Di pasaran sendiri, timun sangat ramai peminat. Hal ini tak lain karena tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama kulit dan rambut. Mengkonsumsi timun secara rutin dapat memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan nya yang sehat seperti, folat, mangan, leutin, magnesium, serta klorofil mampu mengurangi depresi serta resiko terkena penyakit jantung.

  1. Selada

Merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak mineral seperti tembaga, mangan, potassium, kalsium, serta kalium. Kandungan mineral tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu selada juga kaya akan vitamin C nya, dimana bisa mencegah penuaan dini serta menyuburkan organ reproduksi.

Selada juga menjadi salah satu tanaman konsumsi dimana restoran dan hotel banyak yang membutuhkan tanaman ini. Karena hal inilah, selada menjadi tanaman favorit pada petani. Harga jual tanaman ini bisa memberikan Anda keuntungan.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam secara hidroponik. Misalnya sawi hijau, buncis, bayam, brokoli, pare, dan sebagainya.

Jenis Tanaman Budidaya Hidroponik Buah-Buahan

Jenis Tanaman Hidroponik

Ada beberapa jenis buah-buahan yang ditanam dengan metode hidroponik. Berikut ini adalah jenis buah-buahan yang bisa ditanam dengan cara hidroponik:

  1. Tomat

Tanaman ini merupakan buah yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Misalnya kandungan vitamin C yang dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Buah tomat yang ditanam dengan metode hidroponik lebih kaya akan vitamin. Rasanya pun juga akan lebih manis jika dibandingkan tomat yang ditanam dengan media tanah.

  1. Stroberi

Buah stroberi sangat populer dengan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Buah stroberi juga dapat digunakan untuk berbagai macam makanan. Misalnya jus, selai, hiasan kue, serta jenis makanan atau minuman yang lainnya.

Meskipun sering dikenal dengan buah yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi, namun stroberi bisa ditanam di dataran rendah jika menggunakan cara hidroponik.

  1. Semangka

Buah semangka sangat dikenal sebagai salah satu buah musim panas. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Kandungan air ini sangat menyegarkan sekali jika di makan di cuaca yang sedang panas. Untuk bertanam semangka secara hidroponik, maka diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan untuk waktu panen.

Tentunya ada beberapa jenis buah-buahan lain yang bisa ditanam secara hidroponik, misalnya anggur, melon, blueberry, dan sebagainya.

Jenis Tanaman Budidaya Hidroponik Yang Lain

Jenis Tanaman Hidroponik

Tentunya ada jenis tanaman hidroponik yang tidak masuk ke dalam kategori sayuran atau buah-buahan. Tanaman tersebut adalah tanaman mint (Mentha Piperita). Tanaman ini merupakan salah satu yang bisa digunakan sebagai aromaterapi.

Dengan aromanya yang unik dan khas. Daun mint juga sangat menenangkan. Aroma ini berasal dari dari kandungan minyak atsiri, yaitu berupa minyak menthol. Tanaman mint juga kaya akan provitamin A, Vitamin C, besi, fosfor, potassium dan kalsium.

Tanaman mint juga sering dibudidayakan dengan metode hidroponik. Karena permintaan tanaman mint pun juga lumayan banyak.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Jenis tanaman tersebut meliputi sayuran, buah-buahan serta jenis tanaman lain yang tergolong ke dalam sayuran ataupun buah-buahan.

Agronasa adalah tempat Anda mendapatkan bibit dan memulai hidroponik. Konsultasikan dengan kami tentang kebutuhan Anda seputar pertanian. Kami akan membantu dalam penyediaan kebutuhan pertanian hidroponik Anda terutama bibit jenis tanaman hidroponik yang mudah dibudidayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...