8 Kelebihan Melakukan Investasi di Bidang Pertanian dan Sektor Pangan

Investasi pertanian dan perkebunan merupakan salah satu jenis investasi menarik untuk dilakukan. Investasi sendiri adalah kegiatan penanaman dana atau aset yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan untuk mendapatkan imbal balik di masa depan dengan angka yang lebih besar.

Ada berbagai jenis investasi menarik yang bisa Anda coba, mulai dari investasi emas, investasi deposito, hingga jenis investasi properti. Selain itu, ada juga investasi dalam bidang pertanian dan perkebunan dengan potensi timbal balik yang cukup tinggi.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi dalam bidang pertanian hingga perkebunan, Anda harus tahu jika ada keuntungan menarik yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan yang dimaksud cukup beragam mulai dari potensi pengembalian dana yang tinggi hingga banyaknya mitra tani yang bisa diajak kerja sama.

1. Potensi Pengembalian yang Tinggi

Investasi pertanian dan perkebunan

Timbal balik investasi yang tinggi merupakan incaran bagi para investor. Hal ini bisa saja Anda dapatkan dengan memilih investasi pertanian dan juga perkebunan.

Pertanian hingga perkebunan merupakan bidang penunjang pangan yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Kebutuhan akan pangan tidak bisa dihilangkan, namun justru meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi.

2. Mendapatkan Dukungan dari Pemerintah

Investasi pertanian dan perkebunan

Mengingat pentingnya sektor pertanian dan perkebunan, maka tidak heran jika sektor ini mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pemerintah juga telah menderegulasi peraturan yang dianggap menghambat perkembangan industri pertanian yang ada di Indonesia, sejak tahun 2017.

Pemerintah menganggap jika industri pertanian juga berguna bagi pengembangan masyarakat secara meluas. Dengan adanya dukungan yang positif dari pemerintah, investasi di bidang ini dianggap cukup menguntungkan.

3. Pasar yang Luas

investasi dengan pasar yang luas

Pasar dari produk pertanian dan juga perkebunan sangat meluas, bahkan tidak hanya terbatas dari dalam negeri saja, namun juga di luar negeri.  Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk pertanian hingga perkebunan yang di ekspor ke luar negeri untuk diperjual belikan.

Semakin meningkat nilai ekspor kita, investor dalam bidang pertanian dan perkebunan juga semakin diuntungkan. Selain pasar dari luar negeri, pasar dalam negeri kita tidak kalah menariknya.

Tidaklah sulit mendapatkan pasar untuk produk pertanian dan perkebunan entah di dalam ataupun di luar negeri. Jika tertarik menjangkau pasar dari luar negeri, tentu diperlukan ketersedian produk yang berkualitas agar tidak kalah saing dengan pemasok produk yang lain.

4. Banyak Produk Investasi yang Bisa Dipilih

investasi dengan banyak pilihan bidangnya

Investasi dalam bidang ini memiliki banyak produk menjanjikan yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Beberapa produk yang dimaksud adalah produk pangan hingga jenis produk hortikultura.

Indonesia memiliki kontur hingga jenis tanah yang baik, tidak heran jika ada begitu banyak jenis tanaman yang tumbuh subur di negara kita. Selanjutnya, Anda tinggal tingkatkan kesuburan tanaman dengan mengandalkan pupuk hingga perawatan tumbuhan semaksimal mungkin.

Berbagai jenis produk yang ada, bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kemampuan kantong. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk yang ditawarkan, lalu cari tahu mana yang paling menguntungkan di masa depan.

Anda juga bisa bertanya pada mereka yang sudah lebih dulu terjun di bidang pertanian dan juga perkebunan. Perbanyak pengetahuan mengenai bidang terkait untuk mendapatkan pilihan produk investasi yang tepat.

5. Jangka Waktunya Jelas

investasi yang menguntungkan tiap waktunya

Anda bisa perkiraan sendiri jangka waktu untuk jenis produk pangan hingga holtikultura. Seperti yang kita tahu, produk pangan hingga jenis sayuran tertentu memiliki masa panen yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Masa panen tersebut bisa bisa diperkirakan sendiri mulai dari kapan hingga seberapa banyak keuntungan yang bisa di dapatkan. Jangka panen tentunya bervariasi tergantung pada jenis produk yang dipilih.

Jika ingin mendapatkan keuntungan secara lebih cepat, maka tidak ada salahnya untuk mencari produk pangan atau holtikultura yang mampu dipanen secara cepat juga.

Pastikan juga Anda memilih jenis tanaman sesuai dengan musim dan kebutuhan pasar.

6. Teknologi Pertanian Semakin Berkembang dan Maju

Investasi pertanian dan perkebunan

Seiring dengan majunya zaman, inovasi dalam bidang pertanian dan perkebunan juga semakin meningkat. Jika dulu, petani masih menggunakan alat tradisional hingga kerbau untuk membajak sawah, namun kini ada traktor hingga produk modern lainnya yang bisa digunakan.

Berbagai inovasi yang ditawarkan di bidang ini membuat pekerjaan petani menjadi lebih ringan, namun tetap dengan hasil panen yang maksimal. Dalam mengembangkan teknologi di bidang pertanian dan perkebunan, pemerintah hingga ilmuwan bekerja sama menciptakan teknologi untuk mendukung petani dalam negeri.

Selain itu, banyak juga teknologi asing yang bisa diandalkan untuk mengolah lahan agar bisa menghasilkan panen dengan baik. Dengan demikian, investor di bidang ini juga akan mendapatkan keuntungan karena berinvestasi di bidang yang tepat, terbantu dengan teknologi modern yang ada.

7. Indonesia Memiliki Lahan yang Luas

pertanian luas di indonesia

Keuntungan investasi pertanian yang perkebunan yang selanjutnya tidak lepas dari daratan Indonesia yang begitu luas. Meski memiliki penduduk yang tergolong banyak, namun masih banyak lahan di Indonesia yang belum terjamah. Daratan tersebut memiliki potensi yang baik untuk diolah menjadi lahan pertanian yang menghasilkan.

Banyak dari petani yang menunggu investor mengucurkan modal untuk memulai penggarapan dari lahan tersebut. Jadi untuk Anda yang memiliki dana investasi, maka tidak ada salahnya menjadikan pertanian dan perkebunan sebagai salah salah bidang investasi untuk dipertimbangkan.

Dengan demikian, Anda tidak hanya berpotensi mendapatkan timbal balik yang cukup tinggi di masa depan, namun juga membantu petani dalam negeri untuk lebih produktif.

8. Banyak Mitra Tani yang Berpengelaman

pertanian menjadi sektor investasi yang menjanjikan

Dalam menjalin kerjasama dengan petani terkait dengan investasi yang dilakukan, ada baiknya untuk mengetahui profil petani secara jelas dan menyeluruh. Indonesia sendiri memiliki banyak mitra tani yang bisa diajak kerja sama.

Banyak mitra tani di Indonesia yang memiliki pengetahuan yang mumpuni dan mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Bekerja sama dengan mitra tani yang berpengalaman membuat hasil panen juga semakin maksimal.

Pastikan jika investasi yang Anda lakukan merupakan jenis investasi yang aman dengan mitra tani yang baik dan berwawasan. Mereka yang berwawasan dan memiliki pengalaman yang mumpuni, mampu menjadi rekan yang tepat dalam berinventasi.

Dengan ragam keuntungan di atas, maka tidak heran jika pertanian dan perkebunan dianggap sebagai bidang investasi yang cukup menarik. Anda bisa memulainya dengan mempelajari seluk beluk pertanian hingga cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari sana.

Bagi Anda yang berminat melakukan investasi pertanian dan perkebunan, Anda bisa menghubungi Agro Nasa. Kami siap membantu investasi terkait dengan pertanian serta perkebunan yang Anda lakukan.

Nasa sendiri merupakan perusahaan penghasil pupuk dan pestisida organik dengan produk yang berkualitas. Kami menyediakan ragam produk menarik yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan pertanian hingga perkebunan yang sedang Anda kelola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat