Insektisida pembasmi ulat grayak

Cara Pengendalian dan Penggunaan Insektisida Pembasmi Ulat Grayak

Insektisida pembasmi ulat grayak menjadi salah satu solusi untuk mengatasi jenis hama yang satu ini. Ulat grayak sendiri merupakan salah satu jenis ulat yang bisa membuat produksi petani menurun hingga merugi. Dibutuhkan langkah penanganan tepat untuk bisa membasmi jenis hama yang juga disebut dengan ulat tentara satu ini.

Cara Mengendalikan Ulat Grayak

insektisida pembasmi ulat grayak pada tanaman

Penting bagi petani untuk mengetahui cara pengendalian ulat grayak. Dengan demikian, petani bisa terbebas dari resiko gagal panen karena tanaman yang rusak hingga mati. Selanjutnya, kesejahteraan petani juga akan lebih terangkat sehingga keuntungan bisa didapatkan.

Selain menggunakan dengan memakai insektisida, petani juga sebaiknya melakukan beberapa langkah pengendalian ulat grayak dengan cara yang berikut ini:

  • Menambahkan kelambu kasa => guna meningkatkan perlindungan dari serangan ulat grayak, Anda bisa menambahkan perlindungan berupa kelambu kasa. Penggunaan kelambu ini bisa mengurangi kerusakan akibat populasi dari telur grayak. Pilih kelambu khusus untuk lahan pertanian dan tahan terhadap cuaca juga tahan lama.
  • Pengendalian Hama Terpadu => lakukan pencegahan hama ulat grayak secara lebih optimal. Adapun salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan sistem Pengendalian Hama Terpadu secara kultur teknis. Anda bisa menggilir jenis tanaman utama yang bukan berasal dari tanaman inang.
  • Menggunakan teknologi lampu perangkap => Anda juga bisa memanfaatkan teknologi lampu perangkap atau light trap. Dibandingkan dengan kelambu kasa, maka teknologi lampu perangkap lebih ekonomis. Caranya adalah dengan menggunakan baksom berisi air serta lampu. Bisa juga dengan lampu baterai jika ingin lebih hemat.

Proses antisipasi ulat grayak tentunya membutuhkan sosialisasi dari pihak yang terkait dengan petani. Sosialisasi bisa dilakukan dengan cara memberikan bimbingan teknis, seminar atau bisa juga dengan mencetak buku dan memberikannya pada para petani.

Selain langkah di atas, langkah lainnya adalah dengan memberikan sejumlah sumbangan berbentuk insektisida pembasmi ulat grayak.  Pemberian insektisida ini tentunya bisa diberikan pada petani di lokasi yang beresiko mendapat serangan ulat ini.

Penggunaan Insektisida Pembasmi Ulat Grayak

insektisida pembasmi ulat grayak oleh nasa

Sekarang ini, telah ada Insektisida sebagai pembasmi ulat grayak yang terbuat dari bahan kimia. Meski demikian, penggunaan pestisida nabati justru lebih dianjurkan. Jenis insektisida yang satu ini tidak hanya lebih ramah terhadap lingkungan namun juga aman untuk tanaman dan manusia.

Salah satu pembuatan insektisida alami berasal dari bawang putih, serai wangi dan juga daun nimba. Ragam bahan yang telah disiapkan tersebut selanjutnya ditumbuk lalu dicampurkan dengan air. Jika sudah, Anda bisa segera menyemprotkannya pada hama yang dituju. Meski demikian, untuk tumbukan serainya, sebaiknya didiamkan dulu semalaman.

Insektisida diatas bukan hanya berguna untuk mengatasi ulat grayak saja, namun juga jenis hama yang lain. Penggunaan insektisida kimia sendiri memiliki beberapa dampak negatif seperti halnya berpotensi merusak lingkungan hingga membunuh organisme yang baik.

Jenis insektisida dari bahan kimia bisa dipilih jika memang hama yang dimaksu tak segera bisa diatasi. Ulat grayak sendiri merupakan salah satu hama tanaman yang sebaiknya diwaspadai. Karena jika serangan dari hama ini terus berlanjut, maka petani bisa saja mengalami angka kerugian yang tidak sedikit.

Jenis ulat yang satu ini memiliki sifat pengrusak dan menyerang tanaman secara bergerombol. Jadi tak heran jika dijuluki juga dengan nama ulat tentara. Dibutuhkan insektisida pembasmi ulat grayak yang ampuh untuk digunakan membasmi dan membuat hama ini tak datang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...