harga sawit

Harga dan Perkembangan Kelapa Sawit di Indonesia

Industri minyak sawit memang manjadi komoditas yang cukup penting sehingga jika ada perubahan harga sawit maka dapat memengaruhi harga komoditas lainnya. Selain itu, hal ini merupakan isu yang cukup menarik perhatian masyarakat dunia. Mengapa? Karena perkembangan kelapa sawit (secara  global) ikut berpengaruh terhadap isu sosial, ekonomi, serta lingkungan terkait persaingan di industri tersebut.

Bagaimana Perkembangan Industri Kelapa Sawit?

perkembangan kelapa sawit

Sebagai masyarakat Indonesia tentunya tidak dapat memungkiri bahwa  industri kelapa sawit memang merupakan bisnis yang menjanjikan, baik di pasar dalam negeri hingga di pasar dunia. Hal itu pun dapat dilihat dari tersebarnya banyak pabrik kelapa sawit yang beroperasi di beberapa wilayah Indonesia. Selaian itu, sektor ini begitu strategis karena berpeluang besar untuk lebih berperan menjadi amunisi pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Oil World menyataka data bahwa penggunaan komoditi berbasis minyak kelapa sawit di pasar global terus mengalami berbagai peningkatan dari waktu ke waktu. Bahkan, hal ini dapat mengalahkan industri berbasis komoditas vegetable oil, di antaranya adalah minyak gandum, minyak jagung, minyak kelapa.

Kamudian, industri yang satu ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Karena hal ini akan saling terkait dengan dunia pertanian, seperti mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, pengolahan industri, dan yang lainnya. Sehingga, kebijakan pengembangan sektor ini benar-benar harus melalui koordinasi yang kuat antar instansi terkait supaya dapat mencapai hasil yang optimal, terutama untuk perkembangan ekonomi Indonesia.

Bagaimana Perkembangan Harga Sawit di Indonesia?

harga kelapa sawit

Keberadaan industri kelapa sawit memang memiliki prospek yang cukup baik, bahkan di masa yang akan datang. Karena, minyak kelapa sawit digunakan untuk memproduksi berbagai macam komoditas yang menjadi kebutuhan dasar manusia di kehidupan sehari-hari.

Namun, meskipun demikian tak menutup kemungkinan adanya penurunan harga sawit yang cukup signifikan. Dilansir dari sebuah media online, bahwa  harga kelapa sawit saat ini (tahun 2019) mengalami “anjlok” dari yang dapat diperkirakan sekitar Rp. 600 – 700 per kilogram, kini hanya dibandrol dengan harga Rp. 120 – 150 per kilogram.

Penurunan harga sawit ini dilakukan untuk menutupi biaya pungutan kelapa sawit oleh pengusaha serta eksportir. Dalam arti lain, para pengusaha kelapa sawit memotong harga beli sawit langsung dari petaninya.

Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus utama yang disinyalir menjadi penyebab anjloknya harga kelapa sawit, di anataranya:

1. Pungutan Hasil Ekspor

Pungutan hasil ekspor yang melonjak menjadi salah satu penyebab turunnya harga komoditas kelapa sawit oleh pemerintah melalui BPBD Kelapa Sawit. Pungutan yang ditagih adalah sekitar 50 Dolar Amerika per ton tandan buah kelapa sawit segar.

2. Program Biodiesel

Vincentius Haryono seorang petani kelapa sawit anggota SPKS Tanjabar, Jambi juga menyatakan bahwa kemungkinan turunnya harga juga disebabkan oleh program biodiesel. Ini dapat terjadi karena orang-orang dari kalangan industri lebih senang menyerap kelapa sawit mereka sendiri untuk kebutuhan biodiesel daripada membelinya dari dari petani.

3. Penurunan Demand CPO

Setiap bulan perhitungan TBS kelapa sawit membutuhkan komponen harga CPO dunia. Harga CPO internasional pada awal tahun tercatat berada pada level USD 586 per metrik ton. Namun, Maret (2019) mengalami penurunan menjadi 510-550 per metrik ton (berkurang sekitar 5% dari harga normal).

Namun bagaimana prospek CPO di tahun-tahun mendatang? Karena produksi kelapa sawit terus tumbuh setiap waktu, maka proyeksi produksinya di tingkat nasional pada 2020 kemungkinan dapat mencapai 55 juta ton. Sehingga, hal itu dapat menopang tumbuhnya minat investasi pengolahan komoditas tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!