hama walang sangit

Walang Sangit Sebagai Hama Penganggu Tanaman Padi

Salah satu hama yang mengganggu tanaman adalah hama walang sangit  atau Leptocorixa Accuta dan akan memengaruhi pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Untuk itu, penting sekali bagi para petani supaya bisa mengendalikan hama tanaman yang satu ini supaya pertumbuhannya tidak terkendala.

Apa Itu Hama Walang Sangit yang Menyerang Tanaman?

apa itu hama walang sangit

Walang sangit juga dikenal dengan nama Leptocorixa Accuta. Hama yang satu ini merupakan salah satu hama pengganggu yang dapat menyerang tanaman padi di sawah. Pada umumnya, hama yang satu ini menyerangmenyerang tanaman padi pada fase pemasakan dengan cara menghisap cairan bulir padi yang sedang mengisi. Hal itu pun akan menyebabkan bulir padi menjadi hampa atau pengisiannya tidak sempurna.

Di negara yang mengandalkan beras sebagai bahan pokok makanannya, termasuk Indonesia walang sangit merupakan hama penganggu yang harus dikendalikan. Hama yangbsatu ini memiliki potensi  buruk pada tanaman, yaitu dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga mencapai 50%.

Bahkan, pada suatu penelitian disebut bahwa populasi walang sangit 5 ekor per 9 rumpun padi akan menurunkan hasil 15% produksi pertanian. Hal ini menunjukan bahwa populasi hama walang sangit dapat menurunkan produktivitas serta hasil panen tanaman tersebut.  Bahkan,  dalam satu minggu dapat menurunkan hasil sebanyak 27%.

Bagaimana Cara Pengendalian Hama Walang Sangit Itu Sendiri?

pengendalian hama walang sangit

Untuk membasmi hama tersebut  yang mengganggu ini, diperlukan beberapa cara untuk melakukan pengendaliannya. Terdapat beberapa cara pengendalian hama tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengendalian Secara Kultur Teknik

Sampai saat ini masih belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama walang sangit itu sendiri. Hal ini dilihat dari cara hidup serangga tersebut. Salah satu teknik pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan tanam serempak dalam satu hamparan.

Cara ini sangat dianjurkan karena setelah ada tanaman padi berbunga, hama yang satu ini akan segera pindah dari rumput-rumputan atau tanaman sekitar sawah ke pertanaman padi yang pertama kali berbunga.

Jika hal tersebut dilakukan, maka penanaman tidak serempak yang berbunga paling awal akan diserang lebih dahulu dan dijadikannya tempat berkembang biak. Tanaman yang paling lambat ditanam akan mendapatkan serangan yang relatif lebih berat. HAl ini dikarenakan hama ini sudah berkembang biak pada pertanaman yang berbunga lebih dahulu. Dianjurkan beda tanam dalam satu hamparan tidak lebih dari 2,5 bulan.

2.  Pengendalian Secara Biologi

Potensi agens hayati pengendali hama walang sangit masih sangat sedikit diteliti. Namun ternyata, beberapa penelitian telah dilakukan terutama terkait adanya pemanfaatan parasitoid atau pengendali parasit (hama).

3.  Pengendalian Dengan Menggunakan Perilaku Serangga

Ternyata, serangga yang satu ini rupanya tertarik oleh senyawa (bebauan) yang dikandung tanaman Lycopodium sp dan Ceratophylum sp. Maka dari itu, hal ini dapat dimanfaatkan untuk menarik hama walang sangit dan kemudian secara fisik dimatikan olehnya. Bau bangkai binatang terutama bangkai kepiting juga efektif untuk menarik hama yang satu ini

4. Pengendalian Kimiawi

Upaya pengendalian hama selanjutnya yang bisa dilakukan oleh para petani adalah dengan cara pengendalian kimiawi. Hal ini dilakukan  pada padi setelah berbunga sampai masak susu, ambang kendali untuk walang sangit adalah enam ekor /m2.

Banyak insektisida yang cukup efektif, terutama yang dikemas dalam bentuk cair atau tepung. Namun, pengendali hama yang berbentuk granula tidak dapat dianjurkan untuk mengendalikan walang sangit. Insektida anjuran untuk tanaman padi yang cukup efektif terhadap walang sangit adalah yang berbahan aktif fipronil, metolkarb, propoksur, BPMC dan MIPC.

Anda juga dapat menggunakan salah satu produk pengendali hama yang satu ini, yaitu Natural BVR, Agro NASA dari PT. Natural Nusantara untuk mengatasi permasalahan yang satu ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...