hama penggerek batang padi

Cara Pengendalian Hama Penggerek Batang Tanaman Padi

Bagi para petani padi, tentu pernah mendengar istilah hama penggerek batang padi yang sangat mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Selain itu, hama yang satu ini pun sangat akan berdampak pada hasil panen karena dapat merusak tanaman padi tersebut. Karena itu, para petani harus mengetahui bagaimana cara pengendalian jenis hama yang satu ini.

Fase Perkembangan Hama Penggerek Batang Padi

fase pertumbuhan hama penggerek batang padi

Hama penggerek batang padi ini merupakan hama yang tergolong pengganggu utama pada tanaman padi. Bahkan, intensitas serangan hama yang satu ini dapat mencapai persentase angka 90%. Tidak hanya itu, hama tersebut pun biasanya menyerang tanaman padi pada berbagai fase pertumbuhan mulai dari fase reproduksi vegetatif sampai generatif.

Di indonesia sendiri, jenis hama yang satu ini umumnya adalah Thryporhiza Sp dan Chilo Supressalis. Namun terdapat juga beberapa jenis hama yang dapat mengganggu tanaman padi ini, di antaranya adalah:

  • Scirpophaga incertulas, yaitu penggerek batang padi kuning.
  • Scirphophaga innotata, yaitu penggerek batang padi putih.
  •  Sesamia inferens, yaitu Penggerek batang padi jingga.
  • Chilo supresalis, yaitu Penggerek batang padi bergaris.

 

1. Fase Telur

Hama yang satu ini biasanya aktif pada malam hari dan siklus hidup keseluruhan sekitar 40-70 hari. Hal tersebut juga ditentukan berdasrkan jenis hamanya.

Telur hama tersebut pada umumnya berada di bawah permukaan daun atau dekat ujung daun padi dengan ciri seperti gundukan kecil yang diselimuti bulu-bulu halus mengkilap. Kemudian,  telur tersebut akan menetas setelah 6-7 hari.

2. Fase Larva

Larva yang merupakan perkembangan dari telur serangga pun kemudian akan bergerak ke bawah menuju pangkal dan mulai menggerek anakan utama. Setealah fase ini lewat, hingga setelah mulai dewasa beralih ke anakan lainnya.

Larva pada awalnya biasanya menyerang akar hingga menyerang batang padi bagian dalam.  Sehingga hama tersebut bisa menyebabkan akar terserang dan akhirnya mati. Sedangkan pada saat larva sudah masuk ke dalam batang, maka larva akan merusak pembuluh bagian dalam batang. Akhirnya, batang tanaman padi pun putus dan saat dicabut mudah terlepas.

Larva penggerek batang dapat dengan mudah dikenali ketika berada di dalam batang. Lamanya fase larva berkisar 28-35 hari.

3. Fase Pupa

Pupa hama penggerek batang padi ini biasanya memiliki warna kekuning-kuningan atau agak putih. Selain itu memiliki  kokon berupa selaput benang berwarna putih. Lamanya fase pupa ini adalah sekitar 6-23 hari. Pupa berada di dalam pangkal batang sampai menjadi ngengat dewasa.

Pengedalian Hama Penggerek Batang Padi

pengendalian hama penggerek batang padi

Hama penggerek batang padi ini adalah hama yang dapat menyerang tanaman pada segala fse pertmubuhan tanaman, mulai dari fasi pratanam, vegetatif, generatif, hingga pada masa panen. Untuk itu, sebagai petani Anda pun harus tahu bagaimana cara mengandalikan jenis hama yang satu ini. 

Ada dua cara pengendalian hama penggerek padi itu sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemanfaatan Musuh Alami

Pengendalian hama penggerek padi bisa dilakukan dnegan cara pemanfaatan musuh alami, di antaranya:

  • Tertrastichus schoenobii
  • Telenomus rowani
  • Trichogramma japonicum

 

2. Penggunaan Pestisida atau Insektisida

Pengendalian hama bisa dilakukan dengan cara penggunaan pestisida atau insektisida pada tanaman pada. Namun, sebelum melakukan aplikasi pestisida Amda harus melakukan pengamatan lapangan terkait tanaman padi tersebut.

Apabila anda menemukan risiko penyerangan hama dengan intensitas serangan/poulasi penggerek batang padi telah mencapai ambang pengendalian, Anda pun bisa memutuskan untuk menggunakannya. Sangat disarankan untuk menggunakan pestisida yang memiliki cara kerja sistemik.

Sementara untuk penggunaan insektisida, Anda dapat menggunakan insektisida yang mengandung bahan aktif  seperti karbofuran, bensultap, bisultap, karbosulfan, dimehipo, amitraz atau fipronil.

Agro Nasa merupakan salah satu distributor resmi pupuk dan pengendali hama PT. Natural Nusantara yang menyediakan berbagai macam produk perawatan tanaman, termasuk untuk mengendalikan hama penggerek batang padi. Salah satu produk yang dapat digunakan adalah Natural BVR NASA sebagai pengendali hama pilihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...