Cara perkembangbiakan tanaman dan tumbuhan dengan mudah

Perbedaan Perbanyakan Tumbuhan dengan Cara Vegetatif dan generatif

Cara perkembangbiakan tanaman dan tumbuhan, penting diketahui terutama oleh mereka yang ingin menambah bibit baru. Langkah yang dilakukan untuk mendapatkan bibit baru sendiri cukup beragam, sehingga bisa dipilih sendiri mana yang dirasa paling mudah dan cocok dilakukan.

Ada cara vegetatif, ada juga cara generatif yang bisa dilakukan untuk pembentukan bibit tanaman yang baru. Lantas apa perbedaannya?

Perbedaan Cara Perkembangbiakan Tanaman dan Tumbuhan

Cara perkembangbiakan tanaman dan tumbuhan

Berikut ini adalah perbedaan antara cara vegetatif dan juga generatif pada tumbuhan. Perkembangbiakan secara vegetatif alami merupakan cara berkembang biak secara alami yang dilakukan oleh tanaman sendiri tanpa adanya campur tangan dari manusia. Beberapa macam perkembangbiakan secara alami antara lain adalah sebagai berikut:

  • Umbi batang => Akar dari tumbuhan akan menggelembung dan menjadi umbi. Sebenarnya, umbi yang terbentuk merupakan cadangan makanan dari tumbuhan itu sendiri. Beberapa contohnya antara lain adalah ubi tanah, ketela, ubi jalar, dan juga kentang. Pada ujung umbi, umumnya membentuk tunas.
  • Akar tinggal => Beberapa contoh tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan dengan sistem akar tinggal adalah jahe, kencur, kunyit, lengkuas, dan jenis tanaman yang lainnya. Biasanya, terdapat tunas baru di sisi tanaman yang bisa ditanam kembali.
  • Tunas adventif => Sistem perkembangbiakan yang satu ini bisa ditemui dalam jenis tumbuhan cocor bebek. Ada juga tumbuhan sukun dan begonia yang menggunakan perkembangbiakan dengan sistem tunas adventif.

Sedangkan langkah generatif tanaman adalah perkembangbiakan yang ditandai dengan adanya penyerbukan. Proses yang satu ini bisa terjadi saat serbuk sari dari tumbuhan jantan ke kepala putik dari tumbuhan betina.

Teknik Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Cara perkembangbiakan tanaman dan tumbuhan

Cara perkembangbiakan tanaman, juga bisa dilakukan dengan cara vegetatif buatan. Dalam hal ini, proses perkembangbiakan tanaman sengaja dilakukan dan dibuat oleh manusia. Beberapa cara melakukan vegetatif buatan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Cara cangkok pada tumbuhan => Cara yang pertama adalah dengan melakukan cangkok. Cara ini dilakukan dengan memotong dahan tumbuhan dari tumbuhan induk. Beberapa jenis tanaman yang biasa dicangkok antara lain adalah mangga, jeruk, jambu, dan jenis tumbuhan yang lain.
  • Cara okulasi pada tumbuhan => Adalah cara okulasi dengan menempelkan tunas tumbuhan ke bagian tumbuhan lain dalam satu jenis. Sebagai contoh adalah tanaman mangga arum manis dengan mana lagi. Tujuan dilakukannya cara perkembangbiakan yang satu ini adalah untuk menggabungkan sifat baik dari masing-masing tanaman.
  • Cara sambung (grafiti) pada tumbuhan => Cara perkembangbiakan lainnya adalah cara sambung atau grafiti. Langkah yang satu ini bisa dilakukan dengan menggabungkan bagian akar dengan batang. Penyambungan dilakukan menggunakan 2 jenis tanaman yang berbeda.
  • Cara kultur jaringan pada tumbuhan => Metode yang satu ini dilakukan dengan cara membidudayakan jaringan tanaman agar menjadi tanaman baru dengan sifat yang sama seperti induknya. Beberapa metode untuk melakukan kultur jaringan antara lain adalah meristem kultur, pollen culture, choroplast culture, dan protoplas culture.

Jika tertarik, Anda bisa memilih sendiri cara perkembangbiakan tanaman dan tumbuhan sesuai dengan kebutuhan. Cara ini diterapkan oleh banyak petani untuk menghasilkan tanaman baru yang berkualitas. Tentunya, Anda juga bisa mencoba cara lain seperti cangkok maupun okulasi.

Untuk membuat tumbuhan semakin subur dan berkembang sesuai harapan, Anda bisa menggunakan beragam produk pertanian dari PT NASA. Ada berbagai pilihan mulai dari pupuk organik hingga pestisida organik yang bisa membuat hasil pertanian menjadi lebih banyak dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Setelah anda mendapatkan ebook pertama,

maka e-book selanjutnya akan kami kirim via whatsApp...