cara pemupukan padi

Teknik dan Cara Pemupukan Padi untuk Hasil Panen Optimal

Cara pemupukan padi yang benar memiliki imbas yang baik bagi hasil pertanian. Padi sendiri merupakan cikal bakal dari beras yang kita konsumsi sehari-hari. Keberadaan padi memiliki peran yang begitu penting untuk menyokong konsumsi atau pangan untuk masyarakat.

Saat ini, tidak semua pertanian mampu mendapatkan hasil panen yang baik. Beberapa pertanian bahkan harus mengalami penurunan hasil lantaran pupuk yang langka atau bahkan langkah pemupukan yang buruk.

Cara Pemupukan Padi yang Harus Diperhatikan

cara pemupukan padi yang baik

Ada beberapa hal terkait dengan cara memupuk padi yang harus diperhatikan. Beberapa hal yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Beda daerah beda pupuk => pupuk yang bagus untuk suatu daerah, belum tentu bagus untuk digunakan di daerah yang lain. Hal ini dikarenakan, setiap daerah memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kandungan zat hara juga berbeda antara tanah yang subur dan tanah yang kering.
  • Usia tanaman => cara pemupukan yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan usia tanaman. Nutrisi untuk tanaman yang masih kecil atau baru tanam tentu berbeda dengan saat tanaman telah berada pada usia tertentu. Pastikan Anda memberikan pupuk sesuai dengan usia tanaman.
  • Waktu pemberian pupuk => perhatikan juga waktu pemberian pupuknya. Ada baiknya untuk tidak memberikan pupuk secara sembarangan. Karena salah waktu sebar, bisa berakibat pada tidak terserapnya pupuk dengan baik. Alhasil, nutrisi yang diperlukan justru tak didapatkan.
  • Tidak terlalu cepat dan tak terlalu lambat => Bila terlalu cepat atau lambat dalam pembelian pupuk bisa menyebabkan hasil panen yang kurang optimal.

Bagi Anda yang tengah bercocok tanam jenis tanaman padi bisa jadikan beberapa tips di atas sebagai pertimbangan. Langkah pemupukan yang baik tentu mampu memberikan hasil yang optimal untuk hasil padi yang diproduksi.

Teknik Pemupukan Padi yang Baik

cara pemupukan padi yang benar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara pemupukan padi memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan bagus tidaknya hasil panen. Sayangnya, menggunakan pupuk dari bahan kimia secara terus menerus bisa berpengaruh negatif pada memburuknya lingkungan. Langkah ini juga akan menurunkan tingkat efisiensi dari penggunan pupuk itu sendiri.

Akan lebih baik jika Anda meningkatkan efisiensi pemupukan secara tepat supaya kondisi lahan serta tanamannya bisa menciptakan produktivitas yang tinggi. Berikut ini adalah faktor yang menentukan tingkat efisiensi dari penggunaan pupuk yang perlu diketahui.

  • Pengelolaan hama dan juga penyakit
  • Jenis tanah
  • Varietas dari padi yang ditanam
  • Sumber atau jenis pupuk
  • Waktu pemberian pupuk
  • Musim serta waktu melakukan penanaman
  • Rotasi tanaman
  • Tataguna air
  • Pengendalian gulma

Dalam prakteknya, efisien cara pemupukan bisa ditingkatkan dengan langkah yang berikut ini:

  • Pemupukan dilakukan ketika air tidak mengalir namun dalam kondisi tanah yang macam-macak. Dengan demikian, pupuk yang larut akan segara diikat oleh partikel halus di dalam tanah.
  • Pupuk disebar secara merata dicampur ataupun diaduk dengan lumpur. Sebagai contoh, Anda bisa memupuk bersamaan dengan menggaru atau melandak rumput. Dengan demikian, pupuk tak akan hilang namun segera bercampur dengan tanah

Cara pemupukan padi memiliki pengaruh dalam menentukan baik tidaknya hasil panen. Semakin baik dan tepat langkah dan jenis pupuknya maka semakin bagus juga hasil panen yang diperoleh. Dengan demikian, keuntungan dari hasil pertanian padi juga akan makin berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...