cara menyuburkan tanah

Cara Menyuburkan Tanah dengan Mudah dan Cepat

Cara menyuburkan tanah sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki tanaman dan ingin membuatnya tumbuh secara baik. Cara membuat tanah subur sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara dengan langkah alami atau dengan menggunakan jenis pupuk tertentu.

Bagi Anda yang memiliki tanaman dan ingin tamanan tubuh subur, tak ada salahnya untuk menerapkan ragam cara menyuburkan tanah seperti yang berikut ini.

Cara Menyuburkan Tanah dengan Pupuk

cara menyuburkan tanah

Cara menyuburkan tanah yang pertama adalah dengan menambahkan pupuk organik. Penggunaan materi organik telah lama dijadikan sebagai penyubur tanah. Salah satu jenis pupuk organik yang bisa digunakan adalah pupuk kompos. Jenis pupuk yang satu ini terbuat dari bahan sisa tanaman atau bisa juga dari hewan.

Jika kerepotan membuatnya sendiri, Anda juga bisa mendapatkan pupuk kompos dengan cara dibeli. Pupuk yang satu ini bisa dibuat dengan cara yang mudah dan lebih hemat di kantong.

Selain menggunakan pupuk kompos, Anda juga bisa menggunakan pupuk kandang. Pupuk yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesuburan tanah.

Abu Gergaji dan Lamun

pupuk abu gergaji

Langkah menyuburkan tanah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan abu gergaji dan juga lamun. Abu gergaji bisa digunakan untuk mengoreksi pH pada tanah. Sedangkan lamun berguna untuk melepaskan mineral tanah serta menambah laju tumbuhan tanaman.

Penggunaan lamun juga bisa dijadikan sebagai penguat tumbuhan agar jauh dari hama dan penyakit. Dengan demikian, tanaman bisa tumbuh secara subur tanpa banyak gangguan.

Memperbanyak Organisme di Dalam Tanah

organisme tumbuhan

Anda juga bisa memperbanyak organisme di dalam tanah untuk membuat tanah semakin subur. Organisme penyubur tanah memiliki peranan yang cukup penting terutama untuk membuat tanah semakin baik sehingga bisa ditanami kembali. Dalam hal ini organisme tanah akan menjadi dekomposer bagi tanah hingga mengurai polutan.

Peran lain dari organisme bagi tanah adalah pereaksi kimia di dalam tanah dan lain sebagainya. Salah satu organisme tanah yang bisa dimaanfatkan untuk menyurburkan tanah adalah cacing. Kotoran cacing merupakan materi organik yang bagus dalam meningkatkan kegemburan tanah.

Hebatnya lagi, cacing juga bisa membentuk struktur tanah secara mekanik hingga mempercepat terjadinya penyerapan nutrisi.

Siram Tanah dengan Air

menyiram tanah agar subur

Menyiram tanah dengan air merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menyuburkan tanah. Pada tanah yang kering, tanah tersebut bisa saja kekurangan air karena cuaca dan iklim yang sedang tidak mendukung. Anda bisa memanfaatkan adanya sprinkle  atau pemencar agar air yang disiramkan bisa lebih merata.

Menutup Tanah dengan Mulsa

cara menyuburkan tanah

Anda juga bisa menggunakan mulsa sebagai salah satu cara agar tanah bisa semakin subur. Mulsa sendiri bukanlah sesuatu yang asing dalam dunia pertanian. Penggunaan mulsa bisa digunakan untuk menutup tanah sehingga dapat menghindari sinar matahari secara langsung.

Kelebihan lain menggunakan mulsa adalah supaya rumput tidak tumbuh di area tanah dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat tanah menjadi subur kembali. Cara menyuburkan tanah sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi tanah sehingga penyuburan bisa dengan cepat dilakukan.

Jika membutuhkan pupuk untuk kesuburan tanah, Anda bisa menggunakan pupuk dari Nasa. Anda bisa membeli pupuk Nasa sesuai dengan kebutuhan. Tersedia juga jenis pupuk yang lain untuk meningkatkan tumbuh kembang tanaman, bahkan untuk keperluan mengusir hama. Dengan demikian, tanaman bisa lebih subur dan hasil panen melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianMalay

Download E-booknya Sekarang Juga!!!

Ebook akan terkirim otomatis via email setelah anda mengisi form dibawah ini...