Panduan Lengkap Pemasaran dan Penjualan Sayuran Lewat Internet

Cara menjual hasil pertanian lewat online dilakukan dengan digital marketing atau pemasaran digital. Dalam melakukan pemasaran ini, Anda bisa menyiapkan foto atau bisa juga berbentuk video yang digunakan sebagai konten beriklan.Pastikan juga jika Anda mendeskripsikan produk dengan baik melalui penulisan iklan yang tepat melaui pemasaran modern yang satu ini.

Membuat Website Sebagai Pusat Semua Informasi

pemasaran online pertanian

Agar pemasaran digital membawa hasil yang maksimal, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membuat website. Website tersebut bisa digunakan sebagai sarana berbagi informasi kepada calon pembeli mengenai jenis produk yang Anda jual.

Pembuatan website sendiri menawarkan banyak manfaat bagi para pemilik produk hasil pertanian dalam memasarkan produknya. Berikut ini adalah manfaat pembuatan website sebagai pusat informasi dari penjualan produk hasil pertanian yang Anda lakukan :

  • Memiliki website membuat bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih profesional dan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Bisa juga digunakan untuk meningkatkan pelayanan dengan mempermudah calon pembeli dalam mengetahui informasi lokasi, syarat hingga ketentuan pembelian produk di tempat Anda
  • Pembuatan website membuat Anda menjadi lebih minim dalam mengeluarkan biaya untuk keperluan pemasaran
  • Pembeli bisa membeli produk hasil pertanian yang mereka inginkan kapanpun dan dimanapun dengan cara mengakses website secara online
  • Membuat website juga membuat produk Anda dipasarkan tanpa kenal waktu dan situasi
  • Bukan hanya itu, namun pemasaran juga bisa dilakukan secara lebih meluas tanpa adanya batasan tempat
  • Anda juga bisa mengelola bisnis secara lebih mudah dimana saja dan kapan saja

Dengan banyaknya manfaat yang bisa di dapatkan, maka tidak heran jika kini banyak pelaku usaha yang beralih ke digital marketing. Meski demikian, jangan sembarangan membuat website.

Ada baiknya untuk tidak tergiur dengan harga jasa pembuatan website yang murah, karena harga website harus sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Semakin mahal harganya, maka semakin lengkap juga fitur yang ditawarkan.

Memahami SEO dan Digital Marketing Serta Pengelolaan Website

Cara menjual hasil pertanian lewat online

Dalam melakukan pemasaran digital, Anda juga membutuhkan SEO dan pengelolaan website.  Hal ini dilakukan agar website yang Anda miliki bisa tampil di mesin pencarian teratas dan membuat pemasaran berjalan mulus.

Agar pengelolaan website untuk pemasaran bisa berjalan dengan baik dan sempurna, Anda bisa ikuti beberapa tips yang berikut ini :

  • Pelajari bagaimana cara melakukan pemasaran yang tepat agar produk yang Anda jual bisa diterima di masyarakat dengan baik
  • Pelajari juga cara memanfaatkan teknologi agar digital marketing yang Anda lakukan bisa lebih maksimal
  • Pelajari dasar website yang bersifat umum dengan mengetahui apa itu header, footer, konten, menu navigasi, hingga konten untuk website
  • Pastikan jika penerapan SEO sudah sesuai dengan anjuran SEO dari Google
  • Anda juga sebaiknya mengamati website teratas di mesin pencarian untuk mencari tahu ukuran halamannya, berapa lama usia website, hingga jenis domainnya
  • Anda juga sebaiknya selalu meng-update website dengan cara membuat blog atau berita terbaru
  • Cari tahu bagaimana cara membuat konten agar bisa populer dan menarik para pembaca

Anda harus tahu jika kepemilikan website tanpa SEO membuat digital marketing yang Anda jalankan sia-sia belaka. Selain melakukan kegiatan SEO website sendiri, Anda juga bisa mencari jasa pengelolaan website dan SEO profesional.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, karena beberapa jasa SEO murah melakukan teknik spamming yang akan merugikan website Anda.

Memanfaatkan Iklan dan Adevertising Online

Cara menjual hasil pertanian lewat online

Ada banyak media pemasaran online yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk pertanian yang Anda jual. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan Iklan di Google Ads

Google AdWords memberikan kemudahan untuk membuat iklan yang Anda miliki menjadi lebih tertarget hingga peningkatan penjualan produk.

  • Menggunakan Iklan Sosmed

Media sosial mampu menjaring minat dari banyak orang di berbagai tempat. Selain digunakan untuk melakukan sosialisasi didunia maya, Anda juga bisa menjadikannya sebagai media untuk beriklan.

Jenis sosial media yang bisa digunakan untuk beriklan antara lain adalah Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin, dan lain sebagainya.

  • Memasang Banner di Blog-blog Pertanian

Banner iklan di blog merupakan display grafis yang di pasang di halaman website. Penggunaan banner dapat dijadikan sebagai strategi dalam memancing pelanggan agar masuk ke layanan yang Anda miliki.

Anda pilih sendiri media beriklan yang paling efektif dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Anda juga bisa mengandalkan ketiganya sekaligus untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Menjual Hasil Pertanian Lewat Online dengan Aktif di Sosial Media

Cara menjual hasil pertanian lewat online

Ada banyak sosial media yang bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital, seperti yang berikut ini :

  • Facebook

Bisa dilakukan dengan cara menggunakan akun pribadi atau bisa juga memanfaatkan halaman bisnis. Anda juga bisa masuk ke komunitas yang berhubungan dengan sayuran untuk memasarkan produk yang dijual. Di facebook telah disediakan juga fitur halaman bisnis atau fanspage yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan marketing.

  • Instagram

Untuk beriklan di Instagram, jangan lupa untuk menggunakan tagar atau hashtag untuk mendapatkan pelanggan yang lebih tertarget.

  • Linkedin

Sosial media yang satu ini membuat Anda bisa bertemu dengan banyak pebisnis profesional dalam bidang tertentu, termasuk juga di bidang pertanian.

  • Twitter

Twitter memiliki pengguna yang banyak, sehingga bisa dijadikan sebagai pangsa pasar yang potensial. Anda bisa memanfaatkan Twitter Ads dan atur kampanye sesuai dengan budget.

Sosial media kini menjadi media yang memiliki peranan penting dalam startegi pemasaran, bukan hanya untuk bisnis kecil namun juga jenis bisnis yang besar sekalipun.

Membuat Channel di Youtube dan Posting Konten Video

membuat channel youtube

Youtube merupakan bagian dari startegi pemasaran yang cukup efektif untuk menarik pelanggan. Jika tertarik, Anda bisa memulainya dengan cara membuat channel youtube terlebih dahulu. Cara menjual hasil pertanian lewat online yang satu ini membuat iklan yang Anda buat menjadi lebih tertarget.

Kelebihan lainnya adalah laporan iklan yang lebih mendetail dan akurat. Dalam hal ini, Anda bisa melihat jumlah penonton dan total menit iklan yang ditayangkan. Untuk beriklan di youtube, Anda perlu membuat video untuk kemudian diposting di platform yang satu ini.

Cara Menjual Hasil Pertanian Lewat Online Lainnya

menjual hasil pertanian online

Manfaatkan juga media online lainnya, dimana salah satunya adalah email marketing untuk membujuk calon pelanggan dalam melakukan pembelian produk. Anda bisa mengirim email, lengkap dengan video dan gambar visual yang membuat produk semakin menarik.

Ada juga bisa memanfaatkan keberadaan forum jual beli seperti halnya kaskus melakukan promosi produk pertanian. Tersedia juga berbagai marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menarik minat para pembeli

Bagi Anda yang tengah membudidayakan tanaman buah, sayuran, hingga tanaman pangan lainnya, Anda bisa menggunakan pupuk dan pestisida organik Nasa dari kami. Agronasa menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan dan harga yang beragam. Cocok digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian serta menjauhkan tanaman dari hama yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat