Cara Pembuatan Pupuk Organik dengan Mudah

Cara membuat pupuk organik cukup mudah. Hal tersebut adalah salah satu hal yang perlu diketahui oleh para petani yang tengah membudidayakan tanaman. Mengapa pupuk organik? Karena jenis pupuk tersebut merupakan salah satu pupuk yang sangat aman bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang tengah dibudidayakan dan tidak harus menggunakna bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Hal yang Perlu Diperhatikaan untuk Membuat Pupuk Organik

membuat pupuk organik

Dewasa ini para petani yang sedang membudidayakan tanamannya sudah mulai menyadari penggunaan pupuk organik yang tidak akan merusak lingkungan jika digunakan. Hal itu pun membuat penggunaan dan permintaan pupuk organik semakin meningkat di pasaran. Beberapa jenis pupuk organik di antaranya adalah: pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk cair organik, dan sebagainya.

Dinamai pupuk organik dikarenakan pada proses pembuatannya dilakukan dengan cara dan dengan manggunakan bahan-bahan organik yang berasal dari ala. Lalu apa saja yang mesti diperhatikan dalam pembuatan jenis pupuk yang satu ini?

1. Menyiapkan Bahan yang Dibutuhkan

Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Biasanya, penggunaan menggunakan bahan-bahan alami misalnya dari kotoran hewan ataupun bekas limbah dapur yang berupa sampah organik.

Selain itu, Anda pun harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembuatan pupuknya. Misalnya alat penampung untuk menampung pupuk yang akan dibuat.

2. Menegatahui Takaran Pembuatan Pupuk

Takaran adalah hal penting dan mesti diperhatikan dalam pembuatan pupuk organik yang satu ini. Mengapa? Hal ini akan memengaruhi kebutuhan nutrisiĀ  beserta zat hara sebagai pendukung pertumbuhan tanaman yang sedang dibudidayakan.

3. Mengetahui Langkah-langkah Pembuatan Pupuk

Yang paling penting yang mesti diperhatiakn dalam pembuatan pupuk organik itu sendiri adalah menegtahui berbagai langkah untuk pembuatan pupuk. Tentu saa hal ini dirasa sangat penting supaya pupuk yang dibuat dapat bekerja secara optimal. Langkah-langkah pembuatan pupuk organik biasanya tidak terlalu rumit dan tidak usah menggunakan peralatan yang sulit didapatkan.

Bagaimana Cara Membuat Pupuk Organik Itu?

cara membuat pupuk organik

Berikut adalah cara pembuatan pupuk organik:

1. Persiapan Membuat Pupuk

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan berbagai jenis alat untuk melakukan proses pembuatannya, di antaranya:

  • Menyiapkan berbagai peralatan kebuh. Misalnya, sekop, penyemprot air, atau juga cangkul. Alat-alat tersebut untuk mempermudah prosesnya.
  • Menyiapkan ember atau wadah untuk menampung pupuk yang sudah dan belum jadi. Selain itu tali dan plastik hitam juga dapat digunakan untuk hal ini.
  • Menyiapakan berbagai jenis bahan-bahan organik, seperti limbah dapur, dedaunan, kotoran hewan, dan sebagainya.
  • Menyiapkan bahan pendamping untuk membuat pupuk organik dari daun yaitu air dan larutan EM4 yang bisa Anda dapatkan di toko terdekat.

2. Membuat Pupuk Organik

Berikut ini adalah standar pembuatan pupuk organik:

  • Pertaman, Anda harus menyediakan lahan yang cukup sebagai tempat atau media pembuatan jenis pupuk yang satu itu.
  • Buatlah kotak yang terbuat dari kayu atau bambu dengan menggunakan penutup di atasnya, ukuran dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda dalam membuatnya.
  • Setelahnya, buatlah kantong pengomposan dari plastik hitam. Ukuran dari kantong tersebut harus sama dengan kotak penampungan yang telah dibuat. Plastik baisanya harus dilubangi dulu untuk memberikan siklus udara pada pupuk.
  • Potonglah bahan-bahan organik dalam ukuran yang cukup kecil dan pas.
  • Setelah semua bahan terkumpul, masukan ember berisi cacing sebagai mikroorganisme pada proses pembuatan pupuk.
  • Lapisilah bahan yang terkumpul dengan tanah atau humus secara berkala. Disarankan untuk mengaduk semua baha dengan rata.
  • Setelah semuanya terkumpul, Anda dapat memasukanya pada kantong dan kota yang telah dibuat sebelumnya dan kemudian menutupnya rapat dan biarkan semalam sekitar 6 minngu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese

Download E-booknya Sekarang Juga!!!