apa itu pupuk

Pengertian Pupuk untuk Perkembangan Tanaman

Bagi tiap orang yang berkecimpung di dunia pertanian, pasti sudah tahu betul apa itu pupuk bagi tanaman. Pupuk itu sendiri digunakan petani supaya tanaman yang dibudidayakan memberikan hasil tani yang maksimal dan berkualitas. Jika pemupupukan dan perawatan tanaman bagus maka akan berbanding lurus dengan hasilnya Karena itu, keberadaan pupuk itu sendiri sangat penting bagi tanaman.

Apa Itu Pupuk untuk Tanaman?

pengertian pupuk

Sebetulnya apa itu pupuk sendiri? Pupuk merupakan salah satu material yang digunakan dengan cara ditambahkan pada  tanam. Fungsi dari pupuk sendiri adalah supaya kebutuhan hara pada tanaman yang sedang tumbuh tercukup, sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, material pupuk juga bisa didapatkan dari bahan-bahan tertentu. Ada yang dibuat dari bahan organik serta bahan anorganik. Dalam arti lain, material tersebut merupakan salah satu bahan baku yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tanaman.

Tak hanya sebagai material untuk membantu pertumbuhannya, material ini juga dapat difungsikan untuk mengubah sifat tanaman baik secara fisik, kimia ataupun biologi pada tanaman.

Menteri Pertanian nomor 505 tahun 2006 mengatakan bahwa pupuk merupakan bahan kimia atau organisme yang memiliki peran dalam penyediaan unsur hara bagi  tanaman, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan pupukawalnya terbuat dari  kotoran hewan, sisa pelapukan tanaman, serta arang kayu.

Sementara itu, Justus Von Leibig merupakan orang yang pertama kali menciptakan pupuk kimia. Pada tahun 1840, Leibig yang merupakan seorang ahli kimia berkebangsaan Jerman ini menemukannya. Menurutnya, pertumbuhan tanaman diperoleh dari zat karbon dari udara dan beberapa unsur mineral.

Unsur mineral yang dibutuhkan oleh tanaman di antaranya adalah:

  • Kalium
  • Kalsium
  • Sulfur
  • Fosfor (phosphor)

Pupuk yang pertama dibuat adalah super phosphat, yaitu dimulai sekitar tahun 1842. Selanjutnya, tahun 1884 terdapat perkembangan  teori-teori dasar untuk pembuatan pupuk amonia lewat penggabungan hidrogen dan nitrogen dari udara.

Beberapa Bahan Pupuk Selain Unsur Hara

bahan pupuk

Pada dasarnya, tumbuhan tidak memerlukan pupuk. Hal ini dikarenakan tumbuhan mampu mengambil unsur hara yang tersedia di lingkungan tempat ia tumbuh.

Namun kesuburan tanah di tempat yang terdapat kehidupan manusia berbeda, sehingga dapat memengaruhi pertumbuhannya.

Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin berkurang usikan manusia terhadap suatu lingkungan tumbuh tananaman, maka tempat itu pun akan semakin subur. Begitu pun sebaliknya, semakin banyak usikan manusia, maka banyak pula masukan (mineral) yang harus diberikan supaya tanaman tersebut juga bisa tetap tumbuh subur.

Maka dari itu, jika lahan dikelola secara intensif semakin banyak pula pupuk yang diperlukan oleh tanaman. Bahan pupuk selain mengandung hara tanaman umumnya mengandung bahan lain, di antaranya:

  • Zat pembawa atau karier (carrier) atau Double superfosfat (DS) => di mana zat pembawanya adalah CaSO4. Sementara hara tanamannya adalah fosfor (P).
  • Kotoran => Senyawa-senyawa yang terdapat pada kotoran (impurities) atau campuran bahan lain dalam jumlah relatif sedikit juga dapat menjadi bahan pupuk. Contohnya: ZA (zwavelzuure amoniak)terdapat pada sekitar 3% kotoran yaitu berupa khlor, asam bebas (H2SO4), dll.
  • Bahan Mantel (coated) => Yaitu sejenis bahan yang melapisi pupuk dengan maksud supaya pupuk mempunyai nilai lebih baik. Bahan yang digunakan ini biasanya berupa aspal, lilin, malam, wax, dll.dibandingkan tanpa mantel.
  • Filler (pengisi) => Yaitu berupa pupuk majemuk atau pupuk campur yang kadarnya tinggi. Bahan tersebut sering diberi filler agar ratio fertilizer-nya dapat disesuaikan dengan keinginan serta supaya pupuk mudah disebar secara merata.

Beberapa pupuk yang yang baik  bagi tanaman di antaranya, Natural GLIO, Pestona, Greenstar, dll.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishFrenchIndonesianJapanese